14 Tips SEO Basic untuk Travel Blogger ala virustraveling

Apa sih SEO itu?

Sebenarnya ada banyak banget tips-tips dasar tentang pengoptimalan situs yang beredar di Internet.

Bagi sebuah travel blog, penerapan SEO sebenarnya sama saja. Hanya menurut saya diubah sedikit urutannya. Kalau biasanya, seorang internet marketer yang fokus SEO banget di websitenya (entah untuk adsense, clickbank, dll), urutan pertama yang harus dilakukan adalah riset kata kunci atau Keyword Research.

Karena akan percuma bikin konten yang bagus tapi ternyata high competition atau tak ada trafik pada kata kunci yang dibidik. Kata kunci ini penting sekali agar blog/website kita mendapatkan peringkat di halaman pertama Google.

Kenapa halaman pertama?

Karena disinilah sumber organic traffic google. Ada yang bilang, 60% traffic google itu ada di peringkat pertama google, sisanya bagi-bagi dengan peringkat dibawahnya (masih di halaman pertama) karena orang sudah malas membuka halaman 2, 3, 5, apalagi sampai ke halaman 10 google.




Iya ga ? …

Sementara, di travel blog, menurut saya konten/tulisan/artikel adalah yang paling utama karena sebagian besar tulisan didasarkan atas cerita dan pengalaman si travel blogger. Baru setelahnya memasukkan kata kunci yang tentunya harus memiliki hubungan dengan tulisan yang dibuat.

Tips SEO Basic Travel Blogger

Nah, postingan kali ini saya mau bagi-bagi tips 14 SEO Basic Travel Blogging ala kadarnya dari virustraveling.com. Semoga berkenan ya, gaes!

SEO (search engine optimization) sebenarnya mempunyai 2 tahapan penting, yaitu:

  1. Pengoptimalan pada situs kita (On-Page Optimization)
  2. Pengoptimalan diluar situs kita (Off-Page Optimization)

 

SEO On Page Optimization

  1. Tulisan/Artikel

  2. Seperti yang telah saya sebut diatas sebelumnya, karena ini fokusnya ke travel blogging, maka menurut saya tulisan/artikel sangat penting. Buatlah tulisan/cerita pengalamanmu, atau tips-tips tentang perjalananmu semenarik mungkin tapi tetap dengan gaya sendiri-sendiri. Karena kita sharing buat manusia bukan engine google dan konsistenlah menulis *keplak diri sendiri*.

  1. Keywords

    Berikutnya adalah memasukkan kata kunci (keyword) yang masih berhubungan dan relevan.

    Kata-kata kunci tersebut bisa kita dapatkan gratis dari Google Adwords. Dari sini kita bisa lihat sebenarnya orang-orang itu mengetik apa sih? Misalnya, saya telah selesai menulis tentang bukit moko, dan pengen tahu orang-orang mencari bukit moko di google ‘lewat’ kata kunci apa sih? Ini yang saya lakukan:

    • Masuk adwords melalui akun gmail.
    • Setelah itu pilih Tools>Keyword Planner
    • Kemudian pilih Search for new keyword and ad group ideas
    • Masukkan kata kunci ‘bukit moko’ (tanpa tanda petik dua)
    • Kemudian pilih Targeting: Indonesia, Indonesian. Kalau blognya bahasa inggris lebih enak lagi, karena targetnya global.
    • Klik Get ideas.
    Google Adwords
    Hasil riset kata kunci di Google Adwords

    Hasilnya ternyata orang-orang yang mencari bukit moko itu dengan mengetikkan ‘bukit moko bandung’ sebanyak 2900 pencarian rata-rata sebulan atau dengan kata lain, ada sekitar 96 orang per hari yang mencari bukit moko di google.

    Pilihlah 1-2 kata kunci yang bisa dimasukkan ke dalam tulisan kamu yang masih relevan. Ingat, jangan terlalu banyak. 5-8 keywords sudah cukup sebagai Meta Keywords.

  1. Meta Title

  2. Disinilah kita butuh plugin SEO untuk input Meta Tags (title, keyword, description). SEO plugin ini akan saya bahas dipoint berikutnya. Meta title ini nantinya akan muncul di atas browser kita. Isi judul setidaknya memuat kata kunci yang kita bidik. Misalnya “Menggapai Puncak Kota Bandung dari Bukit Moko”.

  1. Meta Description

  2. Sama dengan Meta Title diatas, untuk input meta tags description juga kita harus menggunakan SEO plugin. Google menentukan setiap meta deskripsi hanya terbatas 160 karakter saja. Deskripsi ini haruslah memuat kata kunci yang telah kita masukkan kedalam meta keyword tadi.

    Meta Title Description
    Penampakan meta title, keywords, dan description di Google

  1. Internal Linking

  2. Dalam SEO, internal linking juga sama pentingnya dengan membangun backlink ke blog kita. Bangunlah tautan antara artikel satu dengan artikel lainnya. Dalam satu artikel, buatlah 1 tautan yang ngelink ke halaman itu sendiri, 1 tautan lagi ke halaman sebelumnya, dan 1 tautan halaman lain yang masih berkaitan.

  1. Sitemap

  2. Ada 2 tipe sitemap yang harus kita sediakan. Sitemap pertama ditujukan untuk manusia dalam hal ini adalah pembaca meski jarang ada yang melihat page ini.

    Contoh halaman sitemap bisa seperti ini >> https://virustraveling.com/sitemap_index.xml

    Dan sitemap yang satu lagi ditujukan untuk robot search engine google. Jadi ketika robotnya nyampe blog, dia langsung meng-crawl sitemap ini.

    Contohnya bisa dilihat seperti ini >> https://virustraveling.com/sitemap.xml

    Untuk membuat kedua sitemap ini saya menggunakan plugin wordpress.

  1. SEO Plugin

  2. Untuk mempermudah memasukkan meta tags, sebaiknya menggunakan SEO Plugin. Plugin untuk SEO yang paling beken dan paling sering digunakan saat ini adalah SEO Yoast Plugin, dan All in SEO Pack Plugin. Pilih salah satu karena keduanya ga berjodoh tidak bisa berjalan bersama-sama apalagi gandengan. All in SEO Pack relatif lebih mudah dari pada SEO Yoast.

  1. Struktur Permalink

  2. Permalink adalah url blog. Default permalink biasanya (misalnya) domainkamu.com/?p=123 sebaiknya diganti menjadi settingan /%postname%/ misalnya seperti ini: https://virustraveling.com/ngos-ngosan-di-makam-papan-tinggi-kota-barus/

  1. Optimasi Gambar (images)

  2. Selain tulisan, travel blog juga pasti memuat gambar-gambar ciamik yang didapat sewaktu traveling.

    Tapi sayang, robot-robot search engine itu ga mengerti dengan gambar.

    Tak peduli dia betapa indahnya pemandangan dari puncak Mahameru. Karena tak punya mata dan perasaan, informasi apapun yang sampaikan, si robot pasti percaya. Dia hanya mengerti ‘alt tags‘. Misalnya, saya upload foto saya sendiri tapi dikasih alt tag ‘Tekno Bolang Lostpacker’, si robot pasti percaya.

    Saya banyak menemukan blog-blog yang memuat gambar yang tidak dioptimasi sama sekali. Misalnya langsung memasukan hasil foto dari kamera sehingga url foto seperti ini img-123456.jpg.

    Nah, mengoptimasi cukup dengan mengisi alt tag dan mengganti url foto sesuai dengan kata kunci misalnya view-bukit-moko-bandung.jpg.

 

SEO Off Page Optimization

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan travel blog kita, diantaranya saya rangkumkan sebagai berikut:

  1. Backlink

  2. Point pertama untuk pengoptimalan diluar blog kita (off-page optimization) adalah mencari backlink.

    Sudah pada tau kan apa itu backlink ?

    Backlink bahasa mudahnya yaitu blog lain yang memberikan tautan langsung ke blog kita dan mencari backlink berkualitas itu susah-susah gampang, cirinya sebagai berikut: backlink berasal dari blog yang memiliki PR (pagerank) tinggi, dofollow, dan yang masih relevan dengan kata kunci.

    Untuk mendapatkan backlink ini kita bisa melakukan blogwalking dan meninggalkan url blog kita dibagian comment. Berkomentarlah dengan wajar dan jangan sesekali melakukan spam atau komentar sampah seperti ‘Nice post, gan’ kesemua blog yang dikunjungi.

  1. Submit Directories

  2. Submit directories menurut saya perlu dilakukan. Submit travel blog kita ke ratusan directories yang ada (search google). Cukup disubmit sekali saja. Cicil-cicil saja 3-5 directories per hari dan siapkan juga 1 akun email dummy untuk menampung email-email spam dari directories itu.

  1. Search Engine Submission

  2. Search engine bukan google saja, ada buaanyaaak bgt. Yahoo, Bing, Aol, dll. Submit url homepage blog kita ke beberapa search engine. Sama seperti submit directories, submit url blog sekali saja, setelah itu lupakan.

  1. Media Sosial

  2. Salah satu cara untuk mendatangkan traffic ke blog kita adalah dengan memanfaatkan sosial media, misalnya facebook, twitter, google+, instagram atau path. Dari semua sosial media, hanya google+ lah yang di index oleh google. Jadi, rajin-rajinlah posting disini.

  1. Forum

  2. Selain media sosial, forum juga merupakan sumber traffik buat blog kita. Joinlah beberapa forum yang masih relevan dengan travel blog kita. Misalnya Kaskus Traveler, atau forum backpacker Indonesia. Buat akun, posting atau pun tinggalkan komentar untuk meninggalkan jejak kita disitu.

Oke, sekian tips-tips 14 SEO Basic ala kadarnya dari saya. Highlight SEO untuk travel blogging menurut saya adalah Konten dan Meta Tags. Oh ya, buat suhu dan masta-masta SEO dipersilahkan mampir ya dan ditunggu komennya.

Artikel ini saya tulis untuk ikutan Postbar bareng geng Travel Blogger Indonesia



About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

178 Responses
  1. Dari dulu belajar SEO gak mudeng-mudeng, akhirnya sekarang cuman berpegang pada satu prinsip aja.. ‘Content is a king’
    *padahal konten di blog sebenernya juga ancur sih, haha

  2. TFS, kak Bobby! Saya malah suka abai sama penggunaan adwords, padahal penting banget demi mendukung keberlangsungan blog. Trims sudah mengingatkan! 😉

  3. Keren kak Tipsnya, tapi masih agak gak mudeng juga…Ikut private kak Cumi di kamar yaaaaa, aku megangin kamera gpp deh.. *lah emang mau suting apaan di kamar? ha ha

  4. stlh baca ini, oke, jd no 2.3.4 dan 9 aku sih kacau balau -__-. Foto2 slama ini ga diganti keyword nya dan ttep pake kata2 bawaan dari kamera.. Males sih memang alasan tepatnya 🙁

    2.3 dan 4 aku malah suka2 nulis keywordnya ;p Nth bener nth ga.. jd klo mau nulis kuliner di chiang rai, aku pake keyword: kuliner enak dan murah di chiang rai,Thailand.. ga ngecek2 dulu sih mas.. baru tau caranya ini 😀

    Emg harus privat sepertinya -__-

  5. Jadi … yang gambar … kl nempelin URL dr flickr ga ngaruh yaaa??

    Dulu plan-nya sih naruh foto di flickr biar loading time nya cepet … ngefek ga? Ato mendingan naruh foto di blog nya aja??

    Hihihi …

    1. Outbond link kamu kebanyakan dong om Timo. Aku mending taruh diblog trus dioptimasi, dari image juga banyak traffic kan. Klo link imagenya flickr larinya nanti ya kesitu.

  6. dari tips tips yang di kasih virustraveling sangat bermanfaat, semoga blog saya enjoybackpacker.blogspot.com juga bisa mengikuti dan bisa menerapkan tips tersebut 😀
    Terima Kasih

  7. Wah tips yang mantap dan jelas.
    Tapi blog saya masih tahap: Pengoptimalan pada niat kita (On-nawaiytu Optimization)
    ngepost aja masih jarang dan belepotan, jadi masih belum berani main SEO an.
    *bookmark dulu aja deh.

  8. Nggak pernah sedetail ini mikirin Blog travelling. asal posting dan upload foto aja selama ini. ternyata banyak teknik yang harus dilakukan. terlebih tentang Keyword. terima kasih kakak 🙂

  9. wah, sepertinya di blog ini SEOnya sudah maksimal ya. Di blog saya artikelnya saja yang kurang banyak. Tapi agak heran juga, ada temen blog yang cuma 15 post tapi sudah ribuan visitorsnya. 🙂 saya sudah hampir 50 artikel tapi baru sampai 400-600 visitors perharinya

    1. Hi Mas Hanif, disini belum maksimal semua karena tidak semua artikel perjalanan cocok dioptimasi (tidak maksimal), bisa koq mas bikin seperti temen kamu itu. Optimasi kata kunci, optimasi artikel, dll.

  10. ondeh mandeh udah ngeblog q dari 2008, tapi tetap aja gak mudeng masalah SEO dan antek antek nya, yang ada sekarang cuma nulis content doank, ntah berbobot ntah tidak bagi om google.. but me keep writting aja deh, isi blog pun gado gado ne… hehehe salam kenal semua

    1. Salam kenal juga, tapi saran sih sudah mulai dipelajari dan diperhitungkan. Karena sayang tulisannya bagus-bagus tapi tenggelam di search engine. Buat nambah2 traffik hihi

      1. Menurut mas blog aku gimana? hihi pasti gaya penulisannya gak tau ya model apa,hahaha menulis hanya berdasarkan pengalaman selama ngetrip aja, masih ada beberapa postingan travelling ku yang belom di buat… salam kenal ya mas… blognya bagussss

  11. Duh dik… Musti banyak perubahan ini. Yang penting posting banyak juga kali ya. Tetap semangat dan mari berbagi wisata Indonesia (lokaliyot) dulu kakak. Goodluck buat kita semua. Salam Wisata Jogja!

  12. Gd

    Akhirnya artikel tentang SEO traveling blog saya temukan.
    Akan saya praktekkan dan semoga dapat meningkatkan visitor blog saya yang ngak pernah beranjak dari angka 350. Hahaha
    Thanks for the info…

  13. Waw, syukur banget dapat link ini karena jadi peserta #TravelNBlog ke-4 (walau sayang gak bisa ikut full). Terima kasih buat sharingnya kak! Tapi aku belum paham, apa semua bisa dilakukan di WordPress.com atau ada yang gak bisa dilakukan di WordPress.com ya? Blog saya belum “naik level” ke WP dot org sih.. Makasih sekali lagi ya 🙂

    1. Hi kak natalia, thank you sudah berkunjung. hehe
      Itu yang sharing past kak firsta ya hihi.. semua bisa dilakukan sih karena itu dasar. Paling plugin-pluginnya yang harus menyesuaikan karena ga semua plugin sama antara wp & org

  14. Nice tips mas. Kalau saya sekarang dah mulai melupakan itu adwords. Hihi. Lelah mengurusnya. 😀
    Kalau dulu search keyword itu pakai ubersuggest terus cek di adwords terus nulis. Eh tapi satu postingan jadinya lama banget gara-gara ngecekin itu mas. 😀 Tapi memang sangat mendukung tuh mas.
    Kalau plugin SEO saya justru pakai Yoast. Pernah coba All in One malah bingung loh. *preferensi masing-masing ya*

    1. Aku juga ga terlalu maksain makenya koq mas, ntar kalo dipaksain justru aneh. Karena blogku fokus ditraveling, ya berdasarkan pengalaman aja, baru cek keyword yg kira2 masuk apaan, klo ga ada ya biasa saja. Buatku memang mendukung mas yang ga punya basis fans hahaha
      Aku pernah pake yoast juga, tapi balik lagi pake all in one, lebih simple aja menurutku. Banyak warning2 yg keluar yg bikin aku ga nyaman. Emangnya mau seo-an mulu? kan engga hehehe.

  15. Nice post gan :p
    baca ini setelah stalking twit yang lagi bahas wordads, ternyata aku masih harus banyak belajar.
    banyak yang gak paham
    yang paham cuma bikin judul sama ngubah nama buat gambar doang -_-

  16. Ternyata langkah basicnya itu yaaa.
    Aku belum paham banget apa2 udah dijelasin yg intermedit. Jadi planga plongo dulu deh beberapa hari. Setelahnya baru deh paham. Haha.

  17. Blog vico

    Belum terlalu mudeng soal SEO mas,untuk bikin site xml itu plugin yg digunakan di wordpress apa yah? trus untuk join di forum apa tinggal sign up aja ? mohon pencerahan nya soalnya maklum masih pemula hehe

    1. ada beberapa yang sudah tidak saya jalankan lagi kak, karena sudah ga dianggap menjadi faktor penting (nanti ta update). Seperti yang saya bilang di artikel, ga semua artikel perjalanan pribadi itu bisa di optimasi SEO, ada beberapa yang long tail keyword pun pencarinya sedikit perbulannya. Dan yes, untuk blog saya yang lain yang dikhususkan SEO, ini bekerja kak.

  18. Irfan

    wah untung mampir ke sini tadi, baru ingat blog saya belum submit directories hehe.. mantap gan, udah di terapkan semua

  19. Mau ikut nanya, kurang ngerti dengan submit directories, kasih contoh dong, misalnya blog atau website apa, maklum pendatang baru, tolong mampir juga ke website travel saya, apakah sudah layak apa belum ? trims before.

  20. abubakar

    pas bgt nihh topic nya memang lagi nyari info soal SEO buat di web kantor,,klo prlu lebih detail lagi bro sampe tools” nya 😀

  21. Rahma

    terima kasih pak ilmunya sangat bermanfaat… baca artikel ini jadi pengen resign dari kantor buat fokus travelling hahahaha

Leave a Reply