Kilas Balik Perjalanan 2015 Yang Menyenangkan




Happy New Year 2016 teman-teman pembaca virustraveling.com!

Libur tahun baruan pada kemana? Doa saya di tahun baru semoga kalian semua makin kece-kece, makin demen jalan-jalan dan makin sering mampir ke travel blog ini.

Bagi saya, tahun 2015 adalah tahun yang sangat menyenangkan. Gimana, enggak, banyak banget hal baru yang saya pelajari, tempat-tempat baru yang saya datangi dan tentunya bertemu dengan banyak orang-orang baru pula. Saya mau cerita kilas balik perjalanan virustraveling.com di tahun 2015 yang lalu. Dari pada baca kilas balik perceraian artis-artis dan dagelan politik, mending baca ini saja ya.

Kilas balik 2015 dimulai dengan ribut-ribut surat kepada Menteri Pariwisata Indonesia, bapak Arief Yahya, sebagai Menteri Pariwisata kita. Sebenarnya suratnya biasa saja berupa harapan teman-teman Travel Blogger Indonesia untuk pariwisata Indonesia ke depannya, namun mungkin ada beberapa orang yang tergelitik sehingga sempat memicu twitwar di twitter. Keriuhan twitter waktu itu pun berakhir dengan ngobrol-ngobrol cantik dengan ibu Ratna yang waktu itu menjabat Direktur Pencitraan Kementerian Pariwisata.

 

Eksplore tempat-tempat baru

Inilah alasan mengapa saya sangat mensyukuri tahun 2015 ini, yaitu karena ditahun ini saya punya banyak kesempatan mengunjungi tempat-tempat yang baru pertama kali saya kunjungi. Beberapa di antaranya:




 

Menjelajah hampir seluruh Borneo

Chingsan Yan Temple Kuching Malaysia
Kuil Chingsan Yan di Kuching

Agustus tahun lalu, gara-gara ajakan seorang teman yang tinggal sekarang berdomisili di Singkawang, kami pun berlibur ke Kuching, daerah Sarawak Malaysia. Tanpa rencana. Kemudian, dibulan berikutnya saya kembali mengeksplore Kalimantan disisi timurnya. Kali ini, saya bareng teman-teman travel blogger beserta media yang tergabung dalam tim Terios 7 Wonders melakukan road trip bertajuk “Borneo Wild Adventure” selama kurang lebih 11 hari dari Palangkaraya hingga ke Kepulauan Derawan.

Cerita-ceritanya bisa dibaca disini.

Travel Blogger Indonesia dalam Terios 7 Wonders
Kami keluarga bahagia

Jadi tinggal Brunei Darussalam saja ini yang bakal masuk ke Bucket List tahun 2016. Semoga saja ada kesempatan (baca: undangan) kesana menghampiri email, ya. Ada amin, yes!

 

Sulawesi yang memikat hati

Tempat baru selanjutnya yang saya kunjungi berikutnya adalah Sulawesi. Benar banget, seumur-umur baru tahun lalu itu saya berlibur ke Sulawesi. Berawal dari tiket gratis dari Traveloka, sayapun memesan tiket Jakarta-Makasar-Jakarta untuk durasi liburan seminggu.

Kuburan Lemo Tana Toraja
Kuburan Tebing di Desa Lemo Tana Toraja

Saya pun tak mau menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Jadi selain kota Makassar, dan Tana Toraja, Tanjung Bira pun jadi tempat liburan saya selama seminggu disana. Beberapa ceritanya:

  1. Trip Perdana ke Toraja
  2. Trip Perdana ke Tana Toraja bagian 2,
  3. Adu Kerbau Ratusan Juta Khas Tana Toraja.

 

Kupang, Semau dan Rote

Indonesia timur itu memang indah banget, ya, sudah sering saya mendengar cerita dari teman-teman saya akan indahnya bumi Nusa Tenggara ini. Kupang dan Pulau Rote, tempat baru yang saya kunjungi dipenghujung tahun 2015 lalu, saya pikir sudah cukup mewakili eksotismenya. Tinggal menunggu waktu menjelajah tempat-tempat lain yang kece di Nusa Tenggara. Sedikit cerita tentang indahnya Kupang bisa dibaca dipostingan ini “Jelajah Secuil Keindahan Nusa Tenggara Timur”.

Pantai Otan Pulau Semau
Photo by @duabadai

Pun demikian, perjalanan tak melulu adem-adem saja, bukan? Pasti ada saja kendala atau masalah yang menimpa kita. Misalnya cerita apes saya waktu ditemukan peluru ditas kamera oleh pihak berwenang bandara Changi Singapura. Sampai-sampai saya kena warning keras tak dibolehkan lagi masuk Singapura. Kejadian lainnya, ketika saya harus masuk rumah sakit seminggu menjelang pendakian ke Gunung Rinjani. Perencanaan 6 bulan pun gagal total. Fiuh!

Nah, kalau kamu sendiri gimana? Punya cerita menarik sewaktu melakukan perjalanan di tahun 2015 kemarin? Yuk comment dibawah!



About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

30 Responses
  1. Hi Mas Bobby, seru banget jalan-jalannya.

    Saya malah tahun ini hanya pergi Umrah dan ke Puncak (Jabar) saja. Setelah harus batal ke Singapore karena bertepatan sama Umrah. Tapi seneng karena tahun ini malah dapet ganti tiket yang batal 🙂

    Semoga tahun 2016 bisa jalan-jalan terus yaaa!

  2. Kereeen Om Bob. Ditutup dengan stay di Bali ya. Luar biasa setahun jalan-jalan terus. Hihihi. Semogaaa tahun ini semakin luar biasa Om! 🙂

  3. Banyak tempat baru yang didatangi ya Mas :hehe. Mudah-mudahan di 2016 bisa jelajah tempat lebih banyak lagi dan kalau bisa tanpa drama yang seperti di bandara Singapura itu deh *barusan habis baca dan ternyata seram banget yak :hehe*, secara liburan dan jalan-jalan kan hakikatnya buat senang-senang, bukan untuk cari drama yang aneh-aneh *ampun kakak…*

    Sukses selalu, selamat tahun baru!

    1. Selamat tahun baru juga mas Gara. Amiiiin semoga makin banyak rejeki bisa datangin tempat2 baru mas. Begitu juga kamu ya mas.
      Hahaha terkadang memang kita butuh deramah untuk mewarnai hidup 😀

  4. Nice way to closed the year mas.

    Bali untuk tutup tahun itu super banget… super bikin irinya. Haha. moga tahun 2016 ini akan ditutup dengan jauh lebih gemilang ya mas.

Leave a Reply