Liburan ke Malaysia? Main ke Genting Highland saja!

Liburan ke Malaysia kali ini hampir saja berantakan karena mood saya hampir berantakan. Apalagi alasannya kalau bukan uring-uringan. Kali ini penyebab uring-uringan saya adalah susahnya mencari makanan dengan harga masuk akal di terminal keberangkatan Internasional Ngurah Rai.

Advertisements

Pagi itu sekitar pukul 6 pagi saya sudah tiba di bandara udara Ngurah Rai untuk keberangkatan pukul 9 pagi. Rada kepagian memang. Apalagi semalaman saya belum bisa tidur meski menginap di Hotel Berry Biz. Jam tidur saya akhir-akhir ini memang sedang terganggu. Alih-alih tidur, saya akhirnya meneruskan menatap laptop semalaman agar tidak bablas ketiduran dan ketinggalan pesawat. Saya pikir, durasi penerbangan dari Bali menuju Kuala Lumpur cukup untuk jam tidur saya.

Dua jam sebelum jadwal boarding saya pikir saya bisa menahan lapar karena tiket AirAsia saya sudah termasuk meal on board. Ternyata saya tak dapat menahan lapar hingga dua jam kedepan. Lapar sudah diubun-ubun, sementara belum semua cafetaria yang buka disana. Pun ada yang buka, ternyata harganya selangit pemirsa.

Dari pada uring-uringan, bad mood  merasuki saya seharian, dan tak mau merusak trip liburan ke Malaysia hari itu, akhirnya saya memesan makanan Nasi Goreng + Es Teh manis dengan harga hampir Rp 200.000,-. WTF! Bahkan lebih murah membeli Curry Chicken Toast Box di Changi Airport.

Untungnya tak terjadi apa-apa setelah itu, penerbangan AirAsia tepat waktu, dan perjalanan menuju ke Genting Highland pun berjalan lancar.

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, Malaysia sudah menjadi salah satu negara tujuan untuk liburan ke luar negeri. Entah itu ketika solo traveling atau bareng-bareng dengan teman atau keluarga.

Nah, dipostingan ini saya pengen ngebahas sedikit salah satu tujuan liburan ke Malaysia yang cocok banget buat seru-seruan bareng teman atau keluarga, yaitu ke Genting Highland.

Saya sendiri sebelumnya sudah pernah mengunjungi Genting Highland beberapa tahun lalu. Tapi hanya sebentar saja, alih-alih dibilang one day trip, kala itu saya hanya memiliki waktu 3 jam. Saya kurang begitu menikmatinya karena terburu-buru.

Beruntung, saya punya kempatanan kembali lagi kesini. Jadi, saya mau berbagi sedikit dulu tentang perjalanan saya waktu mengunjungi Genting Highland, dan kenapa kamu patut mempertimbangkan Genting Highland sebagai salah satu tujuan kamu saat liburan ke Malaysia.

1. Pemandangannya yang kece banget

Sesuatu yang kita lihat dari ketinggian biasanya lebih indah daripada kita lihat dari dekat. Tak salah memang kalau kita selalu terpukau melihat gambar yang dihasilkan oleh drone. Begitu pun dengan Genting Highland, karena letaknya berada di dataran tinggi, pemandangan dari atas Genting Highland ini kece banget.

Begitu kita berada di puncak Genting Highland dan mengarahkan pandangan ke arah tenggara, kamu bakal melihat layer-layer pegunungan yang tersusun sedemikian rupa dengan gradasi warna-warna yang bikin cantik. Apalagi ditambah dengan kabut yang bakal mendramatisir feed instagram kamu.

Liburan ke Malaysia Genting Highland virustraveling
    Pemandangan kece banget dari atas Awana Skyway

Selain itu, udara di Genting Highland juga sejuk menyegarkan. Meski intensitas kabut cukup sering melanda. Saya sendiri suka salut buat supir-supir disini. Terkadang ketika kabut menutupi area Genting Highland, jarak pandang hanya berkisar 5 meter saja dan mereka cukup tangkas membawa mobil/bus yang membawa pengunjung ke Genting Highland.

2. Menginap di Hotel On The Park

Selama liburan ke Malaysia kemarin, saya dan beberapa teman blogger menginap di Hotel On The Park Resort World Genting yang baru selesai diperbaiki bulan Juni 2017 lalu (dulu namanya Theme Park Hotel). Hotel On The Park ini didesain lebih baru dan modern. Hanya ada dua jenis kamar disini, yaitu Quads Room yang bisa menampung hingga 4 orang, dan Sixer Room dengan 3 Queen-sized bed yang bisa menampung hingga 6 orang.

Advertisements

Asik banget, kan, buat yang pengen liburan bareng keluarga atau teman satu geng kamu.

Hotel on The Park Genting Highland virustraveling
    Kamar Hotel on The Park tipe Sixer yang bisa nampung geng kamu sampe 6 orang

Hotel on The Park Genting Virustraveling
    Tipe kamar Quads di Hotel on The Park
  3. First World Hotel dengan predikat The World Largest Hotel

Sebenernya ada beberapa hotel dikawasan Genting Highland ini. Kalau kamu ada dana lebih, tak salah rasanya mencoba pengalaman menginap di First World Hotel yang memiliki predikatnya sebagai The World Largest Hotel. Saking gede dan banyaknya pengunjung hotel, sampai-sampai hotel ini membuat sistem self-check-in sendiri hohoho..

First World Hotel Genting Virustraveling
    Mesin self check-in di lobby First World Hotel

First World Hotel Genting Highland virustraveling
    Pemandangan dari salah satu kamar di First World Hotel Genting
  4. SkyAvenue Mall

Ratusan gerai tersedia di mall yang super besar ini. Saking besarnya kamu bisa tersesat, lho. Kami sempat tersesat saat hendak kembali ke hotel hahaha.

Beberapa yang saya highlight yang patut kamu coba antara lain: Motorino, Burger and Lobster, yang menyajikan lobster-lobster segar, atau mencoba Resort Seafood.

Burger and Lobster Genting Highland Virustraveling
    Lobsternya gedeee pisan

Nah, buat kamu yang suka dengan yang berbau-bau histori, bisa coba mampir ke Visitor Gallery, sebuah galleri khusus yang mencatat perjalanan Genting Highland. Mulai dari cerita pendirinya, sampai pencapaian-pencapaian mereka.

Selain itu ada juga Senikome. Di galeri ini banyak memajang benda-benda dan sejarah masyarakat Malaysia dimasa lalu.

5. Fashion Forest

Satu lagi kegiatan yang bisa kamu lakukan kala mengunjungi Genting Highland adalah trekking di hutan tropis yang mengelilingi kawasan ini. Konsepnya cukup unik. Spot yang ga begitu jauh dari Chin Swee Temple dan Awana Resort ini diberi nama Fashion Forest yaitu memanfaatkan teknologi smartphone dan wifi didalam hutan.

Selain bisa online didalam hutan, pengunjung yang trekking disini bisa juga mendapatkan informasi tanaman melalui QR Code yang sudah disediakan atau langsung menyebarkannya via media sosial kamu.

Sayangnya, kami (saya) tak bisa berlama-lama trekking, selain karena kaki saya belum sembuh banget sehabis dari Ipoh kemarin, hujan juga turun cukup lebat.

6. Chin Swee Caves Temple

Chin Swee Caves Temple wajib banget kamu kunjungi kalau liburan ke Genting. Kenapa? Saya sudah menulisnya dalam satu postingan terpisah. Silahkan dibaca juga ya!

Baca selengkapnya: Chin Swee Temple yang tetap memukau

virustraveling.com Chin Swee Temple
    Big Buddha Statue
  7. Awana Skyway

Nah, ini dia yang wajib kamu coba di Genting Highland, Awana Skyway, yaitu gondola yang menyambungkan Genting Highland dengan terminal bus yang ada dibawahnya. Rekomen banget buat kamu yang pengen menikmati pemandangan disekitar Genting dari ketinggian. Rasanya seru banget. Pun harganya cukup murah yaitu RM8 atau sekitar Rp 25.000,-.

Chin Swee Temple Awana Skyway
    Awana Skyway
  8. 20th Century Fox World Theme Park

Terakhir dan yang paling ditunggu-tunggu adalah selesainya The 20th Century Fox World Theme Park yang masih dalam proses pembangunan. Saya Informasi yang saya dapat dari pihak Resort World Genting, theme park  ini akan selesai tahun 2018. Semoga saja saya ada rejeki mengunjungi Genting Highland lagi saat theme park ini selesai.

Kamu punya rencana liburan ke Malaysia? Coba main ke Genting Highland deh!

24 thoughts on “Liburan ke Malaysia? Main ke Genting Highland saja!”

1. Matius Teguh Nugroho

Penerbangan pagi-pagi itu selalu menorehkan kisah tersendiri ya. Eta terangkanlah nasi goreng sama teh manis sampai Rp 200ribu! Wkwkwkwk.

Soal Genting, belum sempet ke Chin Swee Temple euy, pengen ke sana kalau ada kesempatan lagi.

2. Ternyata banyak ya pilihan kegiatan untuk ke Genting. Aku cuma naik kereta gantungnya sampe di atas cuma belanja. Duuuh gak faedah banget :'(

3. Ampun kak, hotel on the park yang dulunya theme park, jadi keren banget ya…wah mau main ke sana lagi ahhh… jadi sekarang Genting Highland udah dibuka lagi untuk semua wahana ya?

1. Bobby Ertanto

Theme Park Genting Highland belum buka koh, masih renovasi ntar jadi jadi Fox Theme Park. Estimasi tahun 2018 selesainya nih.

4. Indri Juwono

haaaa fav aku itu ya kereta gantungnya, the things that made be back to genting. di atasnya dingin dan berangin, jadi seneng aja bolak-balik pake kereta gantung..

5. Wah, pas banget ini gw lg otw kesana for the first time trus baca ulasan ttg genting n the first world hotel, makin gak sabarrr cepet nyampe..

6. Rencana Januari 2018 mau pergi ke Genting, apakah 20th Century Fox World Theme Park nya sudah selesai? berharap banget udah selesai, jadi bisa tester disana. hehehehe….

1. Bobby Ertanto

Dari airport harus ke KL Sentral (terminal bus) dulu, dari sana nanti banyak bus yang ke Genting. Biasanya turun di stasiun Skyway yg dibawah.