Mencoba Langsung XL Pass Roaming di Malaysia

Jaman sekarang, kebutuhan internet dan online di media sosial sudah menjadi barang wajib. Apalagi dengan kegiatan saya sebagai travel blogger yang mengharuskan saya harus tersambung dengan dunia online.

Belum lagi saya harus memonitor pesanan-pesanan pelanggan di toko online saya yang biasanya masuk lewat email atau whatsapp yang tentunya membutuhkan jaringan internet juga. Bisa-bisa saya kehilangan omset atau mungkin pelanggan tak jadi membeli karena saya kelamaan menjawab.

Saat traveling ke luar negeri, selama ini saya mengandalkan jaringan wifi dari hotel/hostel tempat saya menginap. Tentunya setelah acara jalan-jalan selesai dan saya kembali ke penginapan dengan kondisi badan yang sudah lelah.

Selain memanfaatkan jaringan wifi penginapan, ada dua cara yang selalu menjadi pertimbangan saya akan koneksi internet di luar negeri. Namun, keduanya selalu urung saya realisasikan.

Kenapa?

 




  1. Harga paket internet roaming yang Mahal
  2. Saya selalu menghindari membeli dan mengaktifkan paket internet roaming di luar negeri karena harganya yang mahal. Sudah harganya yang mahal, paket kuota internet sedikit dan jika ada kelebihan kuota akan hangus begitu saja saat kita tiba di Indonesia lagi. Sementara, paket internet tersebut hanya digunakan saat kita jalan-jalan saja. Begitu tiba dihotel, akses internet bisa menggunakan akses wifi dari penginapan.

  1. Ganti dengan kartu perdana lokal
  2. Pilihan kedua adalah dengan membeli kartu perdana lokal. Namun repotnya adalah kita harus menggantinya terlebih dahulu. Begitu sudah selesai, paket kuota internet tidak dapat digunakan lagi alias hangus juga.

Beberapa hari ini saya wara-wiri membaca banyak sekali informasi mengenai Paket XL Easy Roaming, salah satunya adalah XL Pass. Mata saya pun cukup tergoda dengan penawaran paket Roaming XL ini yakni menggunakan internet di luar negeri semudah di dalam negeri.

Kebetulan pula, saya akan berangkat ke Malaysia atas undangan Tourism Malaysia untuk mengikuti ASEAN Media Blogger Hunt 2017 dari tanggal 10-15 Juli 2017. Malam sebelum keberangkatan, saya akhirnya membeli kartu perdana XL dan mengaktifkan paket XL Pass 7 hari seharga Rp 200.000 ,-

 

Keunggulan XL Pass

Kenapa saya tergoda untuk pindah provider dan memilih XL Pass? Paket XL Pass ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  1. Membuka akses internet dalam negeri agar dapat digunakan di luar negeri.
  2. Kemudian, jika kuota paket internet masih ada setelah dipakai di luar negeri, kuota tersebut masih bisa digunakan kembali sepulang ke Indonesia.
  3. Satu kali aktivasi dan bisa digunakan ke 39 negara
  4. Sinyalnya reliable karena jaringan yang digunakan diluar adalah jaringan operator lokal.
  5. Bisa diaktifkan sebelum atau sesudah di luar negeri.

Artinya, saya enggak repot lagi harus tukar-menukar sim-card, atau membayar mahal paket internet kompetitornya.

 

Cara Mengaktifkan Paket Roaming XL Pass

Bagi pelanggan prabayar, ada 3 paket XL Pass yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kamu. Mulai dari 3 hari hingga sebulan. Jika kamu pengguna baru seperti saya, pastikan untuk membeli kartu perdana XL HotRod 24jam, HotRod Prima, XTRA Combo atau XL Go.

XL Pass Paket Internet Luar Negeri
Pilihan paket XL Pass

Setelah itu pastikan kamu sudah berlangganan paket internet terlebih dahulu dengan cara mengaktifkannya lewat *123# atau lewat aplikasi myXL. Kemudian kamu bisa mengaktifkan paket internet XL Pass dengan cara *123*747# atau lewat aplikasi myXL sebelum keberangkatan atau bahkan saat tiba di negara tujuan. Selengkapnya bisa kamu baca disini.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas sebelumnya, salah satu keunggulan paket roaming XL Pass ini adalah bisa digunakan langsung di 39 negara. Jadi yang pengen backpacker ke eropa, kamu bisa pilih paket internet XL Pass ini.

Saya semakin tenang karena tak perlu khawatir akan koneksi internet selama acara ASEAN Media Blogger Hunt berlangsung. Pun demikian dengan pelanggan-pelanggan yang menghubungi saya. Win-win.



About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

18 Responses
  1. Martha Amelia Stefani Bancin

    Boleh nanya dikit ga mas? haha… kalo pake xl pass ini unlimited apa ada batasan kuota ga sih?

  2. kalau menurut pengalamanku, XL Pass ini jawaban dari permasalahan komunikasi selama ini ketika akan ke luar negeri. kadang suka riweuh cari provider lokal, males bongkar hengpong buat ganti simcard, kalau beli roaming dari sini suka mahalun wal mahalin, dll.

  3. Suamiku juga pake XL pass ini kak bob. Di jerman pake network vodafone. Karena 3 minggu disana paket 1 bulan, lumayan murah jika dibandingkan dengan membeli kartu lokal

  4. 2013-2014, aku nggak pernah membeli sim card lokal atau paket roaming kalau jalan-jalan ke luar negeri. Sama kayak bang Bobby-lah, cukup mengandalkan wifi gratisan di hostel dan bandara. Mulai 2015, aku membeli sim card lokal karena harus keep in touch dengan host-ku di 3 negara. Selanjutnya, aku juga beli sim card lokal karena urusan pekerjaan sebagai anak ahensi, hehe.

    Aku pernah coba mau pakai XL Pass. Udah beli paket internet sesuai informasi di sms, tapi pas mau diaktifkan di negara tujuan, katanya paket internetku nggak kompatibel, padahal jelas-jelas paket itu tertera. Mungkin ada step dariku yang salah, jadi nanti mau coba lagi deh, telfon XL Center dulu hehe.

    Kalau soal sim card lokal, sekarang udah banyak sim card dan paket khusus buat turis bang. Harganya murah juga sih, nggak sampai cepek. Bahkan di Singapura ada yang harganya cuma 5 SGD 😀

    1. Iya nug, sudah banyak yang simcard lokal yang harganya sama atau bahkan lebih murah. Cuma repotnya harus ganti-ganti simcard lagi. Highlight aku sih kuota internet yang sisa masih bisa kepake didalam negeri. Aku udh fix ganti ke XL hahaha

  5. herry

    mohon infonya, ketika di malaysia memilih roaming partner siapa? Digi atau Celcom? Terkoneksi di jaringan 3G atau 4G? kecepatan koneksinya sampai berapa Mbps ya?
    Maaf kalau bertanya agak banyak, soalnya ada rencana ke malaysia minggu depan, dan kebetulan 2 minggu lalu saya sempat kecewa berat dengan XL melalui promo XL just go -nya (Rp 14.999/hari), yang ternyata ketika di Singapura (starhub) dan Malaysia (celcom) hanya terkoneksi dengan jaringan 3G dan kecepatan konkesi yang sangat mengecewakan (max 0.04 Mbps), sehingga akhirnya saya terpaksa membeli kartu lokal
    terima kasih

    1. Pilih celcom mas. Koneksi jaringannya 4G koq. Duh klo kecepatan koneksi ga inget kemarin sing penting ngonline kmrn lancar. Koneksi telekomunikasi gitu sih mas, kadang bisa masuk ke 3G, tapi sebagian besar 4G koq. Coba pantau saja ke twitter xl @myXLCare

      Thanks

  6. els

    hai kak bobby, mau tanya dong…
    1. better aktifin pket XL Pass dri indo dlu atau pas udh diluar?
    2. waktu itu kk pakei paket inet XL yang apa? XL Xtra Combo atau HotRod?
    3. kalau misal saya pkei paket XL Xtra Combo 18gb, masih ada sisa, ktika diindo bisa dipakai lgi kah?
    4. Oya, benar tidak akan mgecewakan kah? hehe soalnya mnggu bsok sya mau ke malaysia, dan lgi cari” informasi ntuk internetan yg pkai krtu xl.

    1. Hi kak,
      1. Better aktifin pas di Indo saja.
      2. HotRod
      3. salah satu keunggulannya itu mba, sisa kuota yg masih ada masih bisa dipakai.
      4. Mengecewakan atau tidak situasional sih kak, pengalaman pribadi-pribadi. Kamu coba hunting twitter @myXLcare aja kak

Leave a Reply