Mencoba Langsung XL Pass Roaming di Malaysia

Jaman sekarang, kebutuhan internet dan online di media sosial sudah menjadi barang wajib. Apalagi dengan kegiatan saya sebagai travel blogger yang mengharuskan saya harus tersambung dengan dunia online.

Belum lagi saya harus memonitor pesanan-pesanan pelanggan di toko online saya yang biasanya masuk lewat email atau whatsapp yang tentunya membutuhkan jaringan internet juga. Bisa-bisa saya kehilangan omset atau mungkin pelanggan tak jadi membeli karena saya kelamaan menjawab.

Saat traveling ke luar negeri, selama ini saya mengandalkan jaringan wifi dari hotel/hostel tempat saya menginap. Tentunya setelah acara jalan-jalan selesai dan saya kembali ke penginapan dengan kondisi badan yang sudah lelah.

Selain memanfaatkan jaringan wifi penginapan, ada dua cara yang selalu menjadi pertimbangan saya akan koneksi internet di luar negeri. Namun, keduanya selalu urung saya realisasikan.

Kenapa?

 

  1. Harga paket internet roaming yang Mahal
  2. Saya selalu menghindari membeli dan mengaktifkan paket internet roaming di luar negeri karena harganya yang mahal. Sudah harganya yang mahal, paket kuota internet sedikit dan jika ada kelebihan kuota akan hangus begitu saja saat kita tiba di Indonesia lagi. Sementara, paket internet tersebut hanya digunakan saat kita jalan-jalan saja. Begitu tiba dihotel, akses internet bisa menggunakan akses wifi dari penginapan.

  1. Ganti dengan kartu perdana lokal
  2. Pilihan kedua adalah dengan membeli kartu perdana lokal. Namun repotnya adalah kita harus menggantinya terlebih dahulu. Begitu sudah selesai, paket kuota internet tidak dapat digunakan lagi alias hangus juga.

Beberapa hari ini saya wara-wiri membaca banyak sekali informasi mengenai Paket XL Easy Roaming, salah satunya adalah XL Pass. Mata saya pun cukup tergoda dengan penawaran paket Roaming XL ini yakni menggunakan internet di luar negeri semudah di dalam negeri.

Kebetulan pula, saya akan berangkat ke Malaysia atas undangan Tourism Malaysia untuk mengikuti ASEAN Media Blogger Hunt 2017 dari tanggal 10-15 Juli 2017. Malam sebelum keberangkatan, saya akhirnya membeli kartu perdana XL dan mengaktifkan paket XL Pass 7 hari seharga Rp 200.000 ,-

 

Keunggulan XL Pass

Kenapa saya tergoda untuk pindah provider dan memilih XL Pass? Paket XL Pass ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  1. Membuka akses internet dalam negeri agar dapat digunakan di luar negeri.
  2. Kemudian, jika kuota paket internet masih ada setelah dipakai di luar negeri, kuota tersebut masih bisa digunakan kembali sepulang ke Indonesia.
  3. Satu kali aktivasi dan bisa digunakan ke 39 negara
  4. Sinyalnya reliable karena jaringan yang digunakan diluar adalah jaringan operator lokal.
  5. Bisa diaktifkan sebelum atau sesudah di luar negeri.

Artinya, saya enggak repot lagi harus tukar-menukar sim-card, atau membayar mahal paket internet kompetitornya.

 

Cara Mengaktifkan Paket Roaming XL Pass

Bagi pelanggan prabayar, ada 3 paket XL Pass yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan kamu. Mulai dari 3 hari hingga sebulan. Jika kamu pengguna baru seperti saya, pastikan untuk membeli kartu perdana XL HotRod 24jam, HotRod Prima, XTRA Combo atau XL Go.

XL Pass Paket Internet Luar Negeri
Pilihan paket XL Pass

Setelah itu pastikan kamu sudah berlangganan paket internet terlebih dahulu dengan cara mengaktifkannya lewat *123# atau lewat aplikasi myXL. Kemudian kamu bisa mengaktifkan paket internet XL Pass dengan cara *123*747# atau lewat aplikasi myXL sebelum keberangkatan atau bahkan saat tiba di negara tujuan. Selengkapnya bisa kamu baca disini.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas sebelumnya, salah satu keunggulan paket roaming XL Pass ini adalah bisa digunakan langsung di 39 negara. Jadi yang pengen backpacker ke eropa, kamu bisa pilih paket internet XL Pass ini.

Saya semakin tenang karena tak perlu khawatir akan koneksi internet selama acara ASEAN Media Blogger Hunt berlangsung. Pun demikian dengan pelanggan-pelanggan yang menghubungi saya. Win-win.