Liburan Ke Pulau Langkawi Malaysia

Backpacker ke Pulau Langkawi Malaysia menjadi salah satu itinerary kami setelah menikmati indahnya Thailand Selatan di Aonang, Krabi.

Baca juga: Ao Nang Krabi, Sisi Lain Keindahan Thailand Selatan

Pagi-pagi sekitar pukul 6 saya dan keempat teman yang lain sudah stand by menunggu jemputan minivan yang akan membawa kami ke Tammalang Port – Satun, pelabuhan yang menjadi pintu keluar kami dari Thailand menuju Pulau Langkawi Malaysia.

Harga minivan (Hiace) dari Krabi ke Langkawi waktu itu sekitar THB750 atau sekitar Rp 247,500 sudah termasuk tiket ferry menuju Pulau Langkawi Malaysia. Kamu dapat menemukan loket-loketnya di sepanjang jalan sekitar Ao Nang. Rata-rata harga normal sekitar THB900, karena kami berlima jadi bisa mendapatkan THB750/orang (dan ingat) sekaligus tiket ferry. Ingat untuk selalu menawarnya, ya!

 

Perjalanan ke Pulau Langkawi Malaysia

Persis pukul 6:45, setelah menjemput beberapa penumpang dulu, akhirnya kami berangkat dari kota Krabi menuju Terminal Trang. Kami tiba pukul 8:45 untuk menurunkan penumpang kemudian beristirahat sekitar 15 menitan. Hanya satu setengah jam dari Terminal Trang, kami tiba di Pak Nam Ferry Terminal dan minivan tersebut menurunkan seluruh penumpangnya diluar area terminal.




Cukup lama kami menunggu. Awalnya saya mengira kami akan naik ferry dari pelabuhan tersebut, tapi ternyata tidak. Sekitar pukul 12 siang, saya dan beberapa penumpang sudah mulai menggerutu dan menanyakan kapan akan berangkat.

Tak berapa lama kemudian, kami disuruh untuk ikut naik mobil (mewah) hitam Mitsubishi Pajero menuju pelabuhan tujuan kami, Satun Pier.

Wuiiihhh…kecewa saya langsung bubar tak berbekas, siapa yang menyangka.

Saya tidak mengerti bagaimana transportasi disini, yang pasti saat itu saya dan teman yang lain hanya cengengesan saja. Meski sempat khawatir ‘jangan-jangan mereka ini sindikat penjual manusia lagi’.

Untungnya tidak haha… Mana laku kami dijual 🙂

Perjalanan sejam menuju pelabuhan Satun benar-benar bebas hambatan karena rata-rata jalanan di Thailand itu bagus-bagus dan terawat. Hingga kami tiba di Tammalang Port Satun, Thailand. Driver kami kemudian mengantarkan kami ke loket agen yang ada didalam terminal dan menyuruh untuk menunggu.

Tammalang Port Satun, Thailand
Tammalang Port Satun, Thailand

Ini dia kapal cepat yang akan membawa kami menuju Pulau Langkawi Malaysia. Cukup bagus dan nyaman.

Ferry dari Satun menuju Langkawi
Ferry dari Satun menuju Langkawi

 

Tiba di Pulau Langkawi

Perjalanan Pelabuhan Satun menuju Pelabuhan Jeti Kuah di Langkawi menempuh waktu sekitar 3 jam dan terdapat perbedaan waktu 1 jam. Transportasi dari pelabuhan tersebut cukup mudah karena tersedia taxicab yang menjangkau seluruh pulau, namun ada juga mobil-mobil sewaan mulai dari RM80 (cab sekelas Picanto untuk empat orang).

Tapi karena kami akan keluar pulau melalui bandara, kami berencana sewa mobil di Langkawi International Airpot. Kami pun menyewa taxi menuju taxi bandara dan mencari mobil sewaan disini. Di bandara Langkawi, kami mendapatkan mobil baru (beneran baruuu) New Honda Civic seharga RM120/24 jam dan RM30 untuk bensin. Sangat masuk akal dengan budget transportasi kami RM150 disana. Kami bebas membawanya kemanapun selama di pulau tersebut. Cukup bayar deposit RM50 dan menyerahkan salah satu SIM A (Indonesia) sebagai jaminan.

Sewa Mobil di Langkawi International Airport
Ini di New Honda Civic yang kami pakai waktu jalan-jalan di Langkawi

Mencari hotel murah di langkawi ga begitu sulit, karena ada begitu banyak pilihan. Kebetulan secara tak sengaja kami menemukan promo sebuah hotel yang baru buka. Namanya Desa Terrace. Hm… mungkin ga cocok sih dibilang hotel, mungkin Desa Terrace berlantai dua ini lebih cocok dibilang homestay atau guest house.

Harga Desa Terrace yang kami dapat waktu itu adalah RM160 untuk 2 kamar plus extrabed untuk berlima. Sebelumnya kami sudah memesan jauh-jauh hari lewat alamat yang ada di Facebook. Kamarnya bersih, luas, lengkap dengan AC dingin, TV, Free Wifi, dan paling penting bersih dan bersahabat dengan kantong backpacker.

Setelah registrasi dan menyimpan tas, kami bergegas menuju Langkawi Sky Bridge karena hari sudah mulai sore dan kami tak mau ketinggalan sunset diatas sana.

 

Tempat Menarik di Pulau Langkawi Malaysia

Karena cuma semalam disini, saya dan teman-teman hanya dapat mengunjungi beberapa tempat saja. Berikut beberapa tempat menarik di Langkawi yang bisa kamu kunjungi:

  1. Langkawi Sky Bridge

  2. Adalah jembatan kurva suspensi (Suspension Bridge) sepanjang 125m dan tergantung 100m di atas permukaan tanah, terbentang diantara 2 bukit dan ditopang satu tiang penyangga ditengah sebagai penyeimbangnya.

    Dari kedatangan saya hingga saat postingan ini dibuat, jembatan tersebut ditutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan. Namun, kita masih bisa menikmati keindahan pulang langkawi dan pulau-pulau kecil disekitarnya dari ketinggian.

    Dari loket tiket masuk kita harus naik SkyCab (Langkawi Cable Car). Harga tiket SkyCab untuk naik keatas RM30 (Adult) dan RM20 (Child).

    Untuk info yang lebih lengkap, anda bisa kunjungi websitenya www.panoramalangkawi.com

    Panorama view Langkawi Sky Bridge

    Langkawi Sky Bridge

    Panorama Langkawi

    Bobby Ertanto virustraveling.com

    Sunset Langkawi

  1. Makan malam di Wonderland Kuah

  2. Dari Langkawi Sky Bridge, kami kembali ke penginapan dulu untuk istirahat dan beres-beres. Di malam hari kami menikmati makan malam di area bernama Wonderland di daerah Kuah. Menurut teman saya, tempat ini cukup rekomendasi meski biasa-biasa saja menurut saya hehe. Setelah itu, kami hanya menyusuri jalan disekitar pantai Cenang tanpa turun dari mobil. Tak terlalu ramai.

    Pukul 9 pagi keesokan harinya, kami sudah bersiap untuk eksplore beberapa spot saja karena kami harus mengembalikan mobil pukul 4 sore di pelataran parkir Langkawi International Airport sebelum terbang menuju Penang. Penerbangan yang cukup singkat menurut saya, 15 menit diudara sebelum mendarat di Penang International Airport. Untungnya saya dapat tiket murah Air Asia seharga RM48.

    Selama 6-7 jam sebelum penerbangan ke Penang, kami cukup puas untuk menikmati beberapa spot yang cukup menarik disini.

  1. Pantai Cenang Langkawi yang putih bersih

  2. Pantai berpasir putih yang sangat bersih dan tenang. Tidak terlalu ramai, namun kami tidak berencana untuk berenang atau hanya sekedar berjemur karena matahari sudah cukup menyengat. Hanya menikmati ketenangan dan berfoto-foto.

    Pantai Cenang Pulau Langkawi Malaysia
    Pantai Cenang Pulau Langkawi Malaysia yang berpasir putih. Tapi panas banget disini.

  1. Dermaga Monaco?

  2. Saya lupa persis nama dermaga tersebut (yang tau comment dibawah ya), tapi kita akan melewatinya saat menuju Langkawi Sky Bridge. Disini tempat bersandarnya kapal-kapal yacht. Saya suka tempat ini karena mirip seperti dermaga cantik di Monaco.

    Dermaga di Pulau Langkawi

    Dermaga Pulau Langkawi

  1. Eagle Square and Legenda Park

  2. Lokasi Eagle Square dan Legenda Park berada persis disebelah pelabuhan Jeti Kuah. Jadi saat kita tiba di pelabuhan, akan terlihat jelas di sebelah kiri patung Elang yang menjadi ikon pulau Langkawi tersebut. Dan persis disebelahnya terdapat Legenda Park, taman yang ditata sedemikian cantik dan indah. Pas banget kalau berduaan romantis dengan pacar. Aiiisss….

    Eagle Square Langkawi
    Eagle Square, salah satu landmark Langkawi

    Legenda Park Langkawi

Jalanan di Pulau Langkawi ini bagus, sangat bersih dan relatif masih sepi. Rambu-rambu dan petunjuk jalan sangat jelas terlihat. Pantai cantik berpasir putih, suasana yang tenang tidak terlalu hingar bingar dan banyak pulau-pulau kecil pendukung yang cantik. Sayang saya sangat sebentar di Pulau Langkawi ini.

Saya pun berpikir, pulau Langkawi ini bisa menjadi senjata pariwisata Malaysia yang mumpuni di masa depan. Entah kapan saya bisa lagi kesini. Semoga saja.

Baca juga: Destinasi wisata Malaysia lainnya



About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

40 Responses
    1. Satu pulau itu sepertinya bakal disiapkan sebagai pariwisata dunia mei. Pantai, snorkeling, gunung, masih byk sepertinya. Kemarin cuman 2hari doang disana. Masih kurang mei. Ajak2 yah klo dapat tiket yg murah.

  1. klo ga salah di langkawi ada kereta gantung jg sama kyk genting. pernah denger dari org katanya kereta gantung disana lebih waw pemandangannya dibanding yg di genting 🙂

  2. june

    Mau tanya mas, kalo untuk nginap mending di cenang atau tempat lain y? Banyak spot” makan yg murah? Ada mal ga?

    1. Hi mba June, kalo menurut selera saya sih ya mending daerah cenang mba. Makanannya standard menurut saya. Yg recommended menurut orang2 dan sudah saya datangi itu di daerah Kuah, namanya wonderland, sejenis seafood court gitu. Mall kurang tau deh, belum sempat muter2 kemarin hehe

  3. Dina

    Mas mau tanyak , kalau naik pesawat kita drop ke penang dulu atau ke Kuala Lumpur dulu ? Baru naik bus yah ke langkawi ? Brp jam kira2 .. Tkyu

  4. doni

    nice share mas bob,mau tanya nih ini lengkawi kaya patong beach gitu ya?klo dr cenang ke skybrige selain nyewa mobil ada transport lain ga ya?thankyou.

  5. doni

    ooh gitu yaa..oia mas itu pas kesana skybridge nya ditutup ya?kok masih bisa foto”?masih bisa masuk gitu klo tutup?soalnya minggu depan saya mau kesana,tp pas baca blog orang ternyata masih tutup euy hehe

  6. APIT

    Bangga aku bila ada negara tetangga yang kunjung ke negara aku.. Langkawi bisa juga kalian tempuhi lewat Kuala Kedah di negara bagian <Kedah dengan tiket (RM23 = Rp79000) ..

    Kalau pake pesaawat :
    Andai yang dari Medan lebih mudah
    Medan-Penang -Langkawi. bisa pake AirAsia , Malindo Air ataupun Firefly..

    Pesawat Penang ke Langkawi bisa ditempuh kurang lebih 30 menit .. sama aja kayak Bali ke Lombok .. cuman jujur menurut aku , Langkawi gak sebagus Bali atau pun Lombok .. Disini waktu malamnya gak seperti Bali atau pun LOmbok . Jelas di Langkawi waktu malamnya aman dan begitu spiritual ..

    Datang lah kalian semua sekitar Mei karena ada lumba kapal layar nanti ..

    Tq
    Apit

  7. aku nyesel, 4 thn tinggal di penang dulu, ga prnh mau tiap diajak temen ke langkawi… dulu mikirnya di sana cuma ada pantai..smntra aku ga gitu suka pantai 😀 Jadi lbih milih k highland2 nya malaysia, kyk genting, ato cameron highland..

    trnyata cakep juga langkawi, trutama bridgenya itu :).. Pantainya tetep sih, biasa aja 😀

  8. wenwen

    Ga ada angkutan umum di langkawi selain taksi? Penginapan lebih recommended di daerah pantai cenang apa di kuah?, thanks

  9. dulu aku ke Langkawi ini sendiri lho – iya sendiri! begitu sampe sana langsung merasa salah tujuan, kalau buat solo-trip kayanya ga cocok banget, berasa kaya orang bego, hahahaha….

  10. Saiful Azam

    Hi. Aku Saiful dari Perak, Malaysia. Dari tahun 2006-20012 aku kuliah di Medan.
    Kini aku banyak melakukan tour kepada wisatawan dari Indonesia dan Medan terutamanya secara sendirian.
    Minima 2 orang dan maksima 6 orang dewasa. Sesuai untuk pasangan suami isteri dan keluarga. Anda bisa tentukan sendiri kemana yang anda mahu tuju dengan itu anda bisa tentukan budget anda sendiri. Segala bil dan kos seperti bensin, bayaran tol, ongkos pengangkutan, kos penginapan dan lain-lain ditanggung anda.
    Antara tempat wisata yang bisa anda lawati : Penang, Langkawi, Genting Highland , Cameron Highland, dan lain-lain tempat.
    Anda cuma perlu bayar upah kepada aku rm300 sehari.
    Untuk pertanyaan dan maklumat sila hubungi aku +601131921448 atau add facebook ( [email protected] / Saiful Azam )
    Terima kasih.

  11. Iqbal

    Beberapa kali ke pantai cenang dan selalu main jetski. Satu hal, menurut saya, pedagang ataupun penyewaan watersport disini gak seperti pantai pantai terkenal di Indonesia. Harga wajar walau mereka tau saya bukan orang sana dan pantai bersih banget.

  12. rian

    siang mas,

    mau tanya beli tiket ferry nya dimana ? untuk ke langkawi ?
    booking minivan nya dari mana ? brp duit waktu itu ?

    tks

Leave a Reply