KAI Access, Cara Mudah Booking Tiket Kereta Api Online via Smartphone

Kini, demi semakin mempermudah masyarakat pesan tiket kereta api, PT KAI meluncurkan aplikasi pemesanan tiket kereta secara online, namanya KAI Access.

Kabar ini menjadi sebuah kabar gembira, mirip sebuah iklan kulit buah manggis, bagi kita semua, terlebih bagi yang sering menggunakan kereta api. Transportasi massal yang menjadi pujaan semua kalangan masyarakat ini tak henti-hentinya berbenah diri.

Kalau traveling ke daerah Jawa, saya paling senang menggunakan kereta api. Selain karena harganya yang murah untuk kereta api kelas ekonomi, rutenya pun sangat banyak. Dulu jaman harga tiket kereta api 55.000 saya sering memanfaatkan liburan ke kota-kota di jawa, seperti waktu ke Museum BRI di Purwokerto, trip ke Bromo, atau waktu mendaki puncak Mahameru.

Dulu biasanya saya mengakses situs resmi PT. Kereta Api Indonesia atau datang ke stasiun untuk beli tiket kereta api.

Sekarang, dengan kecanggihan smartphone, kita bisa memesan tiket kereta api secara online. Ketika sedang bersantai bareng keluarga di rumah, saat di kantor atau dimanapun dan kapan pun tanpa perlu repot-repot mendatangi stasiun seperti yang dulu-dulu.

Aplikasi KAI Access

Begitu membaca berita dari detik.com, september 2014, tepat sehari setelah aplikasi KAI Access ini diluncurkan saya spontan langsung mengakses Apps Store tentang keberadaan aplikasi ini dan segera melakukan instalasi.




Saya yakin betul aplikasi KAI Access ini bakal bermanfaat banget buat kedepannya.

Voillaaaa… instalation complete!

Tampilan sederhana, ga ribet langsung tersaji begitu membuka aplikasi ini. Entah kenapa, ekspektasi saya begitu tinggi. Saya pun langsung melakukan registrasi. Berikut panduan singkat cara registrasi KAI Access:

Cara Registrasi Aplikasi KAI Access

  1. Begitu muncul halaman Login. Klik Registrasi.
  2. Kemudian masukkan No. Hp, Password (kombinasi huruf dan angka), serta lengkapi biodata kamu.
  3. Verifikasi akun kamu dengan memasukkan Kode Aktivasi yang dikirimkan ke nomor handphone kamu.
  4. Voilaa… Setelah sukses melakukan verifikasi, akan muncul 8 panel menu.

Gampang banget, kan!

Begitu aplikasi KAI Access terbuka, kita bisa langsung melihat panel-panel yang tersedia seperti Profile, Booking Ticket, Booking Check, Map, News, Schedule, History, dan About (lihat gambar 4 diatas)

  1. Profile : berisi informasi pemesan *
  2. Di panel Profile, kita sama sekali tidak bisa mengganti nama dan alamat email. HANYA DAPAT MENGGANTI ALAMAT RUMAH SAJA. (Baca dibawah untuk penjelasannya!)

  1. Booking Ticket : halaman untuk memesan tiket
  2. Booking Check : halaman untuk melihat kode booking / kode pembayaran
  3. Map: Peta lokasi stasiun-stasiun besar dan kecil
  4. News : Sekilas berita tentang aktivitas PT. KAI
  5. Schedule : Halaman untuk melihat jadwal kereta **
  6. (Baca dibawah untuk penjelasannya!)

  1. History : Halaman untuk melihat masa lalu kamu kode booking yang pernah dibooking.
  2. About : Keterangan mengenai aplikasi, versi, serta Syarat dan Ketentuan

 

Cara Beli Tiket Kereta Api Online Dengan KAI Access

Cara Beli Tiket Kereta Api Online via KAI Access

  1. Klik Booking Ticket pada menu. Silahkan isi Stasiun Asal, Stasiun Tujuan, Tanggal Berangkat (dan Kembali), Kelas, dan Jumlah Penumpang. Misalnya saya mau beli tiket kereta api tujuan Kota Semarang.

    Harga untuk anak diatas 3 tahun berlaku harga tiket orang dewasa. Sementara tiket untuk bayi tidak mendapatkan kursi. Kemudian klik, CARI.

  1. Dilayar berikutnya, silahkan pilih kereta dan jadwal yang tersedia. Jadwal kereta sudah cukup detail, lengkap dengan jam keberangkatan, waktu tiba, kelas, sub-kelas, harga tiket dan jumlah tiket yang masih tersedia. Kemudian klik pada salah satu JADWAL.
  1. Halaman berikutnya akan muncul detail informasi jadwal kereta yang kita pilih. Cek ulang lagi jadwal sudah sesuai dengan pilihan. Kemudian CENTANG tanda setuju dan mematuhi segala persyaratan dan ketentuan reservasi. Lalu, next.
  1. Kemudian, akan keluar konfirmasi pemesanan kamu dan data pemesan.
  1. Isi data penumpang sesuai dengan identitas yang berlaku, dan jangan lupa membawanya untuk ditunjukkan saat akan masuk feron.
  1. PILIH KURSI. Dibagian ini, kita bisa mengganti kursi default (dipilih sistem) sesuai dengan pilihan kita. Tanda merah menandakan kursi sudah terisi, sedangkan tanda orange adalah kursi anda saat ini.

    Untuk mengubah, klik dulu tanda orange di bangku kamu hingga berubah menjadi warna abu-abu tanda bangku kosong.

    Klik bangku yang diinginkan. Kemudian simpan dan next.

    Memilih Kursi di Aplikasi KAI Access
    Memilih kursi di aplikasi KAI Access

  1. Selanjutnya, pilih metode pembayaran yang kamu inginkan. Tersedia Klikpay BCA, kartu kredit Visa/Master/JCB maupun pembayaran via ATM atau Payment Point.

    KAI menerapkan biaya yang berbeda-beda untuk setiap metode pembayaran. Klikpay BCA dan ATM/Payment Point biayanya Rp 7500,- (sebenarnya gratis karena sudah termasuk di harga tiket), sementara jika menggunakan kartu kredit biayanya Rp 22.000,-.

    Cara pembayaran KAI Access

    Saran saya, lebih baik memilih metode pembayaran via ATM atau minimarket (alfamidi, alfamart, indomaret, lawson) saja.

    Kenapa?

    Saya sudah mencoba payment dengan Klikpay BCA dan Kartu Kredit (beberapa kali), hasilnya pemesanan selalu gagal. Namun lucunya, nomor kode booking dan kode pembayaran tetap keluar.

  1. Setelah memilih metode pembayaran, berikutnya akan muncul dilayar smartphone kamu “Selamat Pemesanan Berhasil”. Finish dan bookingan pun sudah jadi.

    Kita juga bisa melihat bookingan di menu history.

    KAI ACCESS Booking History

 

Sistem Check-in dan Boarding

Jika bookingan tiket kereta sudah dibayar, kamu bisa langsung menukarkan tiket fisik melalui mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) yang berada di stasiun-stasiun besar seperti Stasiun Pasar Senen atau Stasiun Jakarta Kota dan didaerah lainnya, hingga 1 jam sebelum keberangkatan.

Sementara di Stasiun Gambir, pelayanan proses Cetak Tiket Mandiri sekarang ini sudah diubah menjadi cetak boarding pass melalui mesin Check-in Mandiri (CIM) dimulai 12 jam sebelum jadwal sebelum keberangkatan kereta api.

Boarding pass ini berlaku sebagai tiket.

Gampang banget, kan! Sekarang pesan tiket kereta api online sudah semakin mudah pakai aplikasi KAI Access.

KAI Access Kereta Ekonomi
Suasana kereta ekonomi. Photo by @satyawinnie

 

Komentar dan Keluhan Pelanggan KAI Access

Aplikasi KAI Access ini pun tak selalu mulus-mulus saja perjalanannya. Kadang saya dengar keluhan-keluhan saat menggunakan aplikasi tersebut dan beberapa diantaranya masuk di komentar blog ini.

Beberapa ada yang bisa saya jawab, dan ada juga masalah teknis yang tidak bisa saya jawab karena memang tidak tahu dan bukan wewenang saya pula.

Sejak diluncurkan pada bulan September 2014 lalu, aplikasi KAI Access sudah beberapa kali dilakukan pembaharuan. Meski tak banyak mengalami perubahan yang signifikan, pemutakhiran ini jelas akan sangat berguna bagi para penumpang kereta api kedepannya.

Dua keluhan yang saya dapat di kolom komentar diantaranya:

  1. Tidak bisa mengganti nama.
  2. Di dalam Profile (*), kita sama sekali tidak bisa mengganti nama, nomor ID, jenis kelamin, tanggal lahir dan alamat email. Kita HANYA DIPERBOLEHKAN MENGGANTI ALAMAT RUMAH SAJA.

    Ini salah satu komentar pembaca yang masuk di blog virustraveling yang tidak bisa saya jawab. Tentunya ini adalah masalah teknis dari pihak PT. KAI. Saya juga sudah mencobanya dan memang tidak bisa.

    Saya jadi berpikir, apa faedahnya kalau cuma mengganti alamat rumah saja, sementara yang vital adalah nama, dan alamat email.

    Dalam kasus ini, pembaca saya ternyata salah memasukkan alamat email dan ingin menggantinya. Alamat email tentunya sangat penting karena bukti pembayaran dikirimkan ke alamat email pengguna aplikasi.

    Memang, untuk mendapatkan tiket fisik saat ini mudah didapatkan. Tinggal pergi ke stasiun besar yang memiliki Cetak Tiket Mandiri (CTM), lihat kode booking di bagian History aplikasi dan print tiket. Namun tetap saja, bagi pengguna akan merasa tidak nyaman dengan data yang salah.

    Kemudian saya mencoba menghubungi pihak PT. KAI menanyakan perihal tersebut dan langsung dijawab keesokan harinya. Padahal waktu itu masih suasana lebaran hari kedua #respect

    Email Kontak Pelanggan Kereta Api Indonesia
    Email jawaban dari PT KAI

    Dari jawaban PT. KAI, dijelaskan bahwa dalam aplikasi KAI Access tidak tersedia fitur untuk mengubah profil demi menghindari penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

    Buat kamu yang pengen mengubah data-data diaplikasi tersebut bisa langsung mengirimkan email ke alamat [email protected] atau [email protected] dengan menyertakan nomor handphone yand didaftarkan pada akun KAI Access.

    Mereka sangat responsif koq dengan langsung menjawab email. Saya mengirimkan email pukul 11.13PM dan dijawab paginya pukul 07.23

  1. Lihat jadwal kereta harus login.
  2. Fitur Schedule ini juga menjadi salah satu pembahasan di kolom komentar. Karena ternyata banyak juga yang hanya mau melihat jadwal kereta. Namun untuk mengakses jadwal harus login terlebih dahulu.

    Dari sisi fungsi, sih, menurut saya fungsi SCHEDULE ini sama persis dengan BOOKING TICKET, karena bisa langsung pesan tiket. Bedanya pada tanggal kepulangan saja yang hanya ada di Booking Tiket. Tapi keduanya di ‘proteksi’ harus login dulu.

    Saya sih setuju dengan pendapat SCHEDULE ini dibebaskan saja dari keharusan login. Layaknya kita pesan tiket pesawat saja, kita dapat melihat jadwal-jadwal yang tersedia.

Kamu sendiri gimana? Sudah download dan merasakan manfaatnya? Share di kolom komentar ya!

Buat yang belum punya aplikasinya, monggo download disini: iOS, Android, Windows.

***

Untuk keluhan tentang kereta api boleh di mensyen twitternya @KAI121 mereka sangat aktif koq atau alamat email [email protected] atau [email protected] untuk keluhan mengenai aplikasi KAI Access. Bisa juga cek langsung informasi tentang kereta api di situs resmi PT. KAI

Note: Tulisan ini telah diupdate sesuai kebutuhannya sehinga informasinya relevan saat ini. Thanks!



About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

57 Responses
  1. Sip banget yang kayak gini. Ini sejalan dengan niatan PT KAI yang bakal mengurangi loket pembelian tiket di stasiun. Tapi semoga saja diikuti dengan bertambahnya jumlah anjungan cetak tiket mandiri. Biar nggak antri lama klo mau nyetak tiket online, ehehehe.

  2. Firman

    kalo sudah melakukan pembayaran untuk tiketnya sendiri gimana..?? kan di stasiun sebelum masuk harus di cek dulu tiket sama no identitasnya..?? apa setelah melakukan pembayaran bukti pembayarann di tukar dengan tiket di stasiun terimakasih

    1. Hi mas firman, iya begitu mas, tiket tetap harus dicetak. Sekarang gampang mas, ada namanya ‘cetak tiket mandiri (CTM)’ yang sudah tersedia distasiun. Tinggal masukin kode booking saja.

  3. wening

    Saya ingin booking tiket utk bapak saya namun pada tahun lahir hanya tersedia utk kelahiran 1970 sedangkan bapak saya kelahiran 1957 pengen pesen takut nanti bermasalah pd saat tuker tiket kenapa ya ko bisa spt itu?

  4. ADE

    Iya kalo hari hari biasa sih ga masalah , sangat mudah memesan tiket, tapi coba pesan hari hari mau atau sesudah lebaran, waaah begitu teng jam 12 kita masuk ke kai access , semua tiket sudah habis!!!!!! benar benar hebat PT KAI .

  5. Heru

    Katanya bisa milih tempat duduk sendiri tetapi prosesnya ternyata susah jika ingin memilih lain dari yang diusulkan system (warna orange). Bagaimana caranya untuk terlebih dahulu mengosongkan tempat duduk yang sudah dipilihkan? Ditutul-tutul tetap saja tidak mau berubah dari warna orangenya. Mungkin karena sering ditutul-tutul sedangkan system tidak segera merespon ujung-ujungnya nge-hang deh. Gitu berulang ulang.. Mohon advisnya mas. Terimakasih..

    1. Hi mas Heru, ini saya coba berhasil koq. Coba tekan sekali saja mas, kemudian tunggu responnya dulu. Khawatirnya kalau double klik, seatnya jadi kembali terisi disitu. Saya lancar2 saja koq ini mas.

  6. esa

    aku sudah pesan dan bayar, nanti cetak tiket tinggal berikan kode booking ke petugas loket untuk dicetak ya? soalnya ga dapat sms apa apa stelah bayar.

    cuma di cek booking code tulisannya lunas sih.

    1. Hi Mas Esa, setelah bayar nanti tinggal cetak tiket di mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM) dibeberapa stasiun besar seperti stasiun Kota, Gambir, dan Senen (kalau di Jakarta). Bisa juga di stasiun besar lain di daerah. Semoga membantu.

  7. hari

    Kai access versi baru kacauuuu,bisa boking tapi pas cek kode boking gak ada datanya. Kan parah itu namanya.. Gmn mau bayar kalo gak ada data. Percumah diinstal juga. Gara gara diperbaharui malah kacauuuu.

  8. Indra Asmara

    Mas saya mau tanya setelah pengisian data penumpang untuk melanjutkan selanjutnya tidak bisa ya. Prosedur sebenarnya setelah pengisian data kan mendapatkan no booking atau kode booking lalu bayar ke minimarket nah saya tidak bisa mendapatkan kode booking. Apakah bayar dulu baru mendapatkan kode bookingnya mas. Moho info dan pencerahannya ya mas.
    Terima kasih atas perhatiannya

    1. Saya coba memesan tiket.
      Setelah isi ndata nama>> muncul informasi pemesanan>> pilih metode pembayaran (klikpay BCA, kartu kredit, ATM, payment point)>> Selamat pemesanan berhasil.
      Keluar kode pembayaran dan batas waktu pembayaran (dan detail cara pembayaran). Tidak muncul kode booking.
      Nah di aplikasi muncul 4 gambar: pilih jadwal (done), book tiket (done), selanjutnya bayar (belum) dan cetak tiket (belum).
      Jadi memang harus membayar dulu mas baru bisa cetak tiket. Tiket bisa diprint di cetak mandiri di stasiun besar.
      Semoga membantu

  9. Nah kalo masalah buat pilih bangku gimana tuh mas masalahnya saya gak bisa untuk mengakses pilih bangku biasanya saya pesan di indomaret tdk pernah pilih bangku nah saya pesan lewat aplikasi disuruh memilih tetapi tidak bisa. Makasih mas

    1. Di Indomaret atau payment point lainnya memang tidak bisa memilih bangku mas, hanya untuk payment saja itu.
      Seingat saya kemarin, pemilihan bangku saat memesan diaplikasi, sebelum muncul FINAL informasi pemesanan koq. Jadi harus dipastikan disitu mas mau pilih dimana duduknya.
      Thanks semoga membantu.

  10. Arief Noer

    Kalau mau sudah registrasi tp email address nya salah,kemudian mau mengganti email nya.caranya bagaimana ya?
    Kalau dari menu profil hanya bisa mengganti alamat/kota dan password saja.
    Thanks.

    1. Hi Mas Arief, sorry baru bisa reply ini. Saya kemarin iseng menanyakan perihal ini ke KAI. Mereka menjawab bahwa memang tidak ada fitur untuk mengubah data-data tersebut. Apabila ada data yang ingin diubah, silahkan dikirimkan email ke alamat [email protected] atau [email protected] dengan menyertakan nomor telepon yang didaftarkan. KAI responsif banget koq, 1 hari langsung dijawab (padahal masih lebaran)

  11. Yusuf Ahmad

    Kai Acces ini udah beberapa tahun tapi kok updatenya lambat banget. Misal nih kalau mau booking salah tujuan kita back maka form balik kosong, mestinya tinggal edit aja gitu yg salah. Udah gitu tampilannya kurang eye catching.
    Belakangan jd malas pakainya karena alasan itu plus aplikasi2 sebelah lagi pd geber promo diskon mulu.sedangkan kai klo ngasih promo pakai nuker tiket yang lama paling 10 biji halah.

    1. Saya setuju mas klo update aplikasi KAI access ini termasuk yang lambat banget. Sementara aplikasi tetangga sebelah memberikan kenyamanan yang lebih dan promo. Tapi promo pun kan biaya marketingnya gede (alias merugi), ini yang mungkin tak dimiliki KAI.

  12. widi hantoro

    kenapa kode aktifasi saya tidak dikirim ke nomor hp saya? Padahal saya sudah klik kirim ulang berulang-ulang?

  13. Hana

    Gan klo misalnya pemilihan pembayaran melalui bca klik pay gmn ya? Saya sudah berhasil booking tapi belum ngerti cara bayarnya.. Maklum baru pertama coba.

    1. Saya belum pernah pake bca klikpay buat bayar KAI Access. Kalo menggunakan BCA Klikpay untuk yang lain, biasanya pilih perusahaannya dan masukkan kode pembayaran yang terdapat setelah booking kak.

  14. Kartika

    kenapa saya di ponsel saya, tampilan seatnya berantakan & kepotong, ngga serapi yang di gambar. jadi ngga bisa milih kursi D-E buat 4 orang berhadap2an gitu 🙁

  15. Wuri

    Maaf sy mau tanya,
    Kmarin sy sudh booking tiket untuk mudik, di history sudh tertera bahwa sy melakukan booking dan sdh ada kode booking serta jadwal kberangkatn, tp dimana sy bs dapt kode pembayaran ya? Kok tdk ada pemberitahuannya?
    Thanks before

    1. Hi Mba Wuri, biasanya ke email ada masuk mba untuk segera melakukan pembayaran. Coba mba cek diartikel saya, ada gambarnya koq. Setelah melakukan booking (finish), dibawahnya ada kode pembayarannya. Semoga membantu. Thanks

  16. Alice Pavita

    Kalo registrasi App KAI Access untuk dibawah 17 tahun itu gimana, kak ? Utamanya untuk registrasi bagian nomer identitas sama pilihan ktp, sim, passport

    1. Hi Alice,
      Bagi usia dibawah 17 tahun yang beum memiliki identitas tersebut, Kamu bisa memilih identitasi KTP, dan mengisi nomor identitas kartu pelajar atau nomor ijazah dibagian nomor identitas.
      Hal ini sudah saya konfirmasi langsung ke support pelanggan KAI, kamu juga bisa hubungi mereka via sosmed, atau email [email protected]
      Terima kasih

  17. Djoko

    Hari ini, tgl 12 Okt 2017..

    Pengalaman pertama kali sy gunakan KAI access.
    Sy berangkat dr stasiun senen.

    1. Masalah timbul wkt sy mau berangkat. Biasanya dg aplikasi lain sy langsung cetak tiket distasiun tp dg aplikasi ini sy ga bs cetak. Tanya petugas sy lalu diarahkan ke CS utk cetak tiket disana.

    2. Smp di CS sy di ksh tau bhw ini sdh pake e boarding lewat aplikasinya jd ga perlu cetak tiket. Sy tanya, lha nanti saat cek tiket di atas kereta oleh petugas bgmn dn dijwb ditunjukan sj tampilan e boarding dr aplikasi sy. Ok

    3. Wkt mau lewat gate awal yg diluar sy tunjukan tiket e boarding di HP sy, di bilang sy hrs cetak tiket dl, sy bilang ga bs dn sy jelaskan proses di CS td, lalu sy disurh ke pengecekan berikutnya di pintu masuk. Ok

    4. Smp situ petugasnya bilang lg sy hrs cetak tiket dl, sy mulai emosi krn jadwal berangkt sdh mepet. Sy jelaskan lg semua proses dr awal. Kemudian sy bilang, kalian ini kerja ga ada yg jelas, yg benar yg mana, ada SOP ga kalian. Trs sy disuruh masuk, sy ga mau, sy bilang diperjelas dulu, jgn nanti sy sdh naik msh ada masalah. Dia bilang sdh clear ga masalah. Ok

    5. Smp di pintu kereta ada pramugari tanya seat sy mau bantu mengarahkan tempat, krn lupa sy tunjukin e tiket di HP. Kejadian lg sy disuruh cetak tiket dl. Sy ga mau panjang lebar lg, sy bilang sdh ngomel2 td di pintu masuk, logikanya klo sy msh hrs cetak tiket lg ga mungkin sy bs masuk kesini skrng tanpa print out tiket. Dia lalu panggil kapten atau managernya, dia lihat e tiket sy dn dibilang ok itu sdh cukup, datanya ada di HP sy ktnya. Tp sy tegaskan lg apa sdh bnr2 clear, sy ga mau nanti diatas ada masalah lg wkt pemeriksaan. Dia bilang sdh cukup pak tdk ada masalah. Ok

    Setelah kejadian td sy pikir sy ttp akan pake aplikasi yg biasanya aja dan cetak tiket.. mengingat KAI access mlh blm didukung SOP yg jelas pd pelaksanaannya dilapangan.

Leave a Reply