Kesenangan yang Tertunda di Movie Animation Park Studios Ipoh Perak

Hari terakhir di Ipoh, Perak, kami akan bersenang-senang di salah satu Dreamworks Theme Park pertama dan terbesar di Asia, yaitu Movie Animation Park Studios (MAPS), setelah sehari sebelumnya mengunjungi Kampung Labu Kubong dan Labu Sayong di Kuala Kangsar.

Namun, ini sebuah kesenangan yang tertunda bagi saya. Kenapa? Lanjut baca terus, ya!

Seperti biasa, setelah menyelesaikan sarapan yang enak di restoran Weil Hotel, peserta ASEAN Media Blogger Hunt 2017 kembali ke mobilnya masing-masing untuk konvoi bersama-sama menuju Movie Animation Park Studios Ipoh. Tentu saja, saya dan Kak Bulan masih menggunakan mobil Proton Preve sebagai kendaraan kami road trip di Malaysia.

ASEAN Media Blogger Hunt 2017

Pagi menjelang siang kala itu di Movie Animation Park Studios (MAPS) cukup cerah dengan langitnya yang biru dengan lansekap bukit-bukit sejauh mata memandang.

Oya, seperti yang saya sebut diatas, Movie Animation Park Studios ini adalah sebuah taman bermain (theme park) terbesar dan pertama di Asia dari Dreamworks. Saat kedatangan kami, MAPS baru buka sekitar 3 minggu. Secara fisik, bangunan theme park ini sudah selesai namun masih ada beberapa wahana yang masih harus dilakukan pengecekan.




Movie Animation Park Studio Ipoh

Movie Animation Park Studios Perak
Movie Animation Park Studios (MAPS) Perak dari luar.

Sambil menunggu tiket masuk, saya dan Kak Bulan sempat berkeliling di area bagian luar MAPS. Lingkungan cerah warna-warni dengan latar belakang lansekap bukit yang cakep begitu bikin saya pengen melakukan lompat yang biasa saya lakukan.

Begini!

Movie Animation Park Studios Perak
Mood lagi senang-senangnya

Dan inilah awal kesenangan yang tertunda itu.

Ceritanya bermula ketika saya dengan percaya diri cenderung menyombongkan diri ‘nantangin’ Kak Bulan untuk melakukan lompatan yang sama seperti gambar diatas. Saya memintanya untuk mengambil gambar saat melakukan aksi tersebut. Kali ini agak berbeda, karena saya akan melakukan lompatan berikut tas ransel yang sedang saya gemblok saat itu. Bagi yang pernah jalan bareng saya pasti paham banget isi tas kamera saya seperti apa beratnya.

Ga pake lama, saya pun melompat. Meski tak terlalu tinggi karena tanpa ancang-ancang yang cukup, Saya pikir saya berhasil melompat, ‘menepukkan’ kedua telapak kaki secara bersamaan diudara. Namun, saat turun, kaki kiri saya menapak pertama kali. Disitulah saya merasakan nyeri pada kaki saya.

MAPS Perak Malaysia
Photo by @Ubermoon

Saya lupa saya bukan tipe kidal, semuanya serba kanan. Alhasil, karena merasakan nyeri sakit yang teramat, seketika saya menjatuhkan badan saya ke lantai memegang kaki kiri saya sambil meringis kesakitan.

Yuha, salah seorang peserta dari Medan, kemudian membantu saya sambil tertawa. Kak Bulan? Masih dengan smartphone-nya merekam kejadian tersebut dan berpikir ini hanya akting saya saja, dan tentu saja sambil tertawa juga.

Cek videonya disini:

Sementara peserta yang lain sudah masuk, saya menepi sebentar ditemani Yuha dan salah seorang panitia, masih meringis kesakitan. Tak lama berselang, seorang dokter yang bertugas saat itu mendatangi saya untuk melakukan pengobatan awal. Saya cukup salut dengan kesigapan mereka. Ternyata theme park ini memiliki klinik sendiri. Kaki saya diolesi salep pereda nyeri dan dibalut dengan perban.

Segala sesuatu memang tidak boleh berlebihan. Akibat rasa senang saya yang berlebihan ini malah bikin saya susah menikmati keseruan hari ini. Saya menjadi sulit berjalan dan terkadang merasakan nyeri yang teramat saat salah melangkahkan kaki. Mau tidak mau saya harus menunda kesenangan di MAPS. Gimana lagi, wong saya yang salah juga.

 

Zona Tematik di Movie Animation Park Studios

Movie Animation Park Studios Ipoh Perak memiliki 6 zona tematik yang bisa kamu saksikan dari pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore (weekday: senin-jumat) dan dari pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam untuk weekend dan hari libur.

MAPS Ipoh Perak

Zona Tematik tersebut antara lain:

  1. Animation Square Zone
  2. Dream Zone
  3. Blast Off Zone
  4. Live Action Zone
  5. Lakeside Zone
  6. Fantasy Forest Zone.

Note. Saat mengunjungi MAPS kemarin, beberapa zona seperti Dream Zone masih belum dibuka karena masih dilakukan serangkaian tes untuk memastikan keamanannya.

 

Inside MAPS Perak

Dasar saya yang mbandel, saya agak memaksakan untuk menyaksikan beberapa atraksi yang kira-kira bisa saya lihat dan tidak merepotkan kaki saya. Beberapa atraksi diantaranya:

  1. Stunt Legend Arena

  2. Stunt Legend Arena yang berada di Live Action Zone merupakan aksi pertama yang saya saksikan.Saya mau spoiler dulu, ya! Buat kamu penyuka adrenalin seperti saya, kamu pasti suka banget kesini. Di arena ini, kamu bisa melihat keberanian aksi-aksi stuntman dalam mengendarai mobil dan motor. Tentunya dengan kecepatan yang sangat tinggi.

    Begini kira-kira atraksi mereka.

    Stunt Legend Arena MAPS Ipoh Perak

    Stunt Legend Arena MAPS

    Stunt Legend Arena MAPS Perak

    Stunt Legend Arena MAPS Ipoh

  1. 4D Adventure Theatre

  2. Persis diseberang Stunt Legend Arena, kami masuk ke Animation Square Zone untuk menyaksikan 4D Adventure Theatre yang kebetulan akan tayang. Tau film kartun Boboiboy, bukan? Saya pernah menontonnya beberapa kali.

    4D Adventure Theatre MAPS Perak
    4D Adventure Theatre MPAS Perak

    Nah, di wahana ini kita diajak untuk menyaksikan petualangan Boboiboy dari sebuah layar lebar. Tapi bukan itu saja, dengan teknologi 4 dimensi kita seolah diajak dan merasakan langsung petualangan tersebut.

  1. The Smurfs Theatre

  2. Satu lagi dari sekian banyak atraksi yang bisa saya saksikan waktu itu adalah, The Smurfs Theatre yang berada di Blast Off Zone. Teman-teman tentu tak asing dengan karakter kartun lucu ini. Kasih spoiler lagi ya, uniknya di teater ini, penonton akan diajak berinteraksi langsung oleh Papa Smurf dalam ceritanya.

    The Smurfs Theatre MAPS

    Starship Restaurant, sebuah resto berbentuk pesawat Zeppelin menjadi tempat saya beristirahat sambil menunggu teman-teman selesai menikmati atraksi-atraksi lainnya.

    Starship Restaurant MAPS Perak
    Starship Restaurant berbentuk pesawat Zeppelin di MAPS Perak

    Persoalan lain pun tiba-tiba datang, karena menghiraukan pesan dari dokter yang menangani saya sebelumnya untuk tidak ikutan dan mengistirahatkan kaki kiri saya. Alhasil, kaki saya bertambah nyeri sehingga dibawa ke klinik untuk penanganan lebih lanjut. Untung saja paman itu ga uring-uringan melihat muka saya lagi hahaha.

 

Cara ke Movie Animation Park Studios

Ipoh Perak berada ditengah-tengah antara Penang dan Kuala Lumpur. Jika kamu sedang liburan ke Malaysia dan pengen mampir dan mencoba Movie Animation Park Studios (MAPS) ini, cara yang paling mudah melalui Kuala Lumpur atau Penang.

Untuk transportasinya kamu bisa memilih menggunakan kereta api, mobil atau dengan pesawat jika ingin cepat.

Penang

  • Kereta
    Dari Penang kamu bisa memilih naik kereta. Naiklah dari Butterworth Railway Station menuju Ipoh dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit.
  • Mobil
    Mengendarai mobil dari Penang menuju Ipoh hampir 2 jam
  • Pesawat
    Pilihan lainnya dan jika punya budget lebih, kamu bisa menggunakan pesawat dari Penang International Airport menuju Ipoh.

Kuala Lumpur

  • Kereta
    Naiklah dari KL Sentral menuju Ipoh. Waktu tempuh sekitar 2.5jam perjalanan
  • Mobil
    Mengendarai mobil dari Kuala Lumpur menuju Ipoh memakan waktu sekita 2 jam perjalanan
  • Pesawat
    Pilihan lainnya dan jika punya budget lebih, kamu bisa menggunakan pesawat menuju Ipoh.
  • Gimana kalau dari Melaka? Kamu bisa menggunakan kereta api dari Tampin Railway Station menuju Ipoh dengan waktu tempuh sekitar 4.5jam.

    Baca juga: Rekomendasi tempat wisata di Melaka

    Movie Animation Park Studios
    OKU, Orang Kurang Upaye, pulangnya harus ‘dipapah’ pake buggy

    Selalu ada alasan untuk kembali, bukan? Hasrat saya untuk bersenang-senang disini belum selesai. Sampai ketemu dilain waktu.

     

    Movie Animation Park Studios (MAPS)
    Persiaran Meru Raya 3, Ipoh, Perak,
    Malaysia

    Info lebih lanjut cek MapsPerak.com
    Lokasi: MAPS Perak



    About the author

    Travel Blogger, and Entrepreneur.

    18 Responses
    1. aduduuuhhh.. ternyata begitu cerita komplit cedera kakimu ya kak bob.
      untung dulu kamu gak minta aku buat motoin lompat2an. nanti dokternya pake bahasa india lagii..

    2. Wahaha, berarti nggak boleh selfie yang aneh-aneh dulu ya sebelum mulai main :D. Lebih baik terlambat daripada nggak sama sekali.
      MAPS ini cukup digembar-gemborkan, ada iklannya di AirAsia atau Malindo Air apa ya, pas kemarin flight ke Myanmar.

    3. Oalah mas… Kok ya bisa salah lompat :D. Memang harus balik lg ksana berarti.

      Aku baca ini lgs excited ih.. Yg namanya themepark slalu bikin aku happy :D. Selama ini blm pernah ke ipoh. Jd kyknya kalo ke malaysia lg hrs lah kesana, sekalian main ama ankku. Dia pasti seneng nonto boboyboy ama smurf nya 😀

      1. yo ga memperhitungkan aja, trus lagi sok jago wkwkwk…
        Yang boboiboy itu lumayan menarik menurutku klo buat anak2, ala-ala shrek yang di USS mba, 4D gitu. Aku sih senengnya yang memacu adrenalin klo di theme park wkwkwk

    Leave a Reply