SEA Aquarium Singapore: Melihat Salah Satu Akuarium Terbesar di Dunia

31

Singapura sudah tidak asing lagi buat kita orang Indonesia. Jaraknya yang dekat dan harga tiket pesawat yang murah, fasilitas transportasi yang memadai, pendidikan dan juga kesehatan, menjadikan Singapura menjadi destinasi favorit. Entah itu untuk liburan, berbelanja, berobat, kuliah dan beberapa diantara kita mungkin menjadikan Singapura sebagai destinasi pertama ke luar negeri. Saya pun dulu begitu.

Sejak traveling pertama kali ke Singapura awal tahun 2012 yang lalu, saya sudah cukup sering mengunjungi negara yang penuh dengan “denda-ini-denda-itu”. Hingga pertengahan tahun 2015 yang lalu, saya kena “warning” dari petugas kepolisian bandara Changi saat akan pulang ke Jakarta. Tahun 2016 saya masih belum berani masuk negara ini hingga Feb 2017 yang lalu, saya memutuskan untuk jalan-jalan ke Singapura lagi dan apa yang saya khawatirkan tidak terjadi sama sekali. Terakhir bulan November 2017 kemarin saat transit dari Taiwan.

Baca juga: Peringatan keras tak boleh lagi masuk Singapura

Kunjungan saya ke Singapura kali ini bukan untuk liburan. Saya mendapat ‘tugas’ dari keluarga besar untuk membawa tante saya berobat di RS Mount Elizabeth Singapore. Karena kunjungan ini cukup singkat, hanya dua hari satu malam saja, saya tak kepikiran untuk sekalian liburan mengunjungi tempat-tempat wisata di Singapura yang belum sempat saya kunjungi. Namanya juga ‘petani konten’, yah, tetap saja kepala berputar-putar mikir tempat menarik mana di Singapura yang sempat saya datangi.

 

Mampir bentar ke SEA Aquarium Singapore

Selesai dari RS Mount Elizabeth dan mengantarkan tante saya hari itu juga menuju Batam via Harbour Front Centre. Sementara saya, jadwal penerbangan kembali ke Jakarta baru pukul 8 malam. Masih masih ada waktu beberapa jam untuk jalan-jalan di Singapura.

SEA Aquarium Singapore jadi pilihan yang paling masuk akal waktu itu. Saya hanya punya waktu 3 jam saja sebelum ke bandara. Tak mungkin pula ke Universal Studio Singapore, selain bosan, sedang musim hujan pula disana. Saya tinggal ngesot dari Harbour Front Centre karena lokasi Harbour Front Centre sendiri bersebelahan dengan VivoCity Mall yang menjadi pintu masuk ke kawasan Resort World Sentosa Singapore.

pintu masuk ke area aquarium

 

Maritime Experiential Museum

Begitu lewat pintu gerbang, pertama kali kita bakal disajikan Maritime Experiential Museum yang keren banget. Meski ga luas banget, tapi disajikan cukup menarik. Kita bisa melihat sejarah kemaritiman Singapura, mulai dari bentuk 3 dimensi, layar-layar interaktif, atau pun replikas-replika barang peninggalan dari jaman dulu.

maritime experiential museum singapore
Sebelum ke area Aquarium, mampir dulu melihat Maritime Experiential Museum Singapore ini
interior maritime experiental museum singapore
Banyak replika peninggalan jaman dulu di Maritime Experiental Museum

 

Betah banget di SEA Aquarium Singapore

Masuk ke area akuarium, pengunjung langsung disajikan pemandangan akuarium yang cukup besar. Sebuah kapal karam terlihat disana. Ada banyak jenis ikan berbagai ukuran lalu-lalang di sekitar kapal ini. Saya sudah dibikin betah padahal perjalanan masih panjang.

salah satu aquarium di sea aquarium singapore
Salah satu akuarium di SEA Aquarium Singapore

SEA Aquarium Singapore menjadi salah satu akuarium terbesar di dunia. Ada sekitar 100ribuan biota laut dengan 800-an spesies disini. Mulai dari yang kecil unyu-unyu menggemaskan, sampai berbagai jenis hiu hingga Manta. Desain dan penataan di SEA Aquarium ini cukup menarik dan atraktif. Singapura memang terkenal sangat total jika membangun sesuatu, termasuk pariwisatanya. Lihat saja SEA Aquarium ini, ga terasa saya 3 jam keliling akuarium ini melihat berbagai biota laut.

shark embrio hiu di sea aquarium singapore
Embrio Hiu

Saya begitu kegirangan begitu melihat embrio hiu (Shark Embryo) disalah satu akuarium kecil. Empat box kecil terletak di pojokan akuarium. Disana tertulis Newly Laid, Week 3, Week 6 dan Week 9 dan semuanya hidup, lho.

Selain itu, ada satu lorong panel kaca yang berada persis dibawah akuarium. Sambil duduk-duduk beristirahat, kita masih bisa melihat langsung kehidupan di dalam akuarium.

salah satu spot favorit di sea aquarium singapore
Salah satu spot favorit di SEA Aquarium Singapore
Selfie bareng diver di sea aquarium singapore
Yuk! Selfie dengan diver di SEA Aquarium Singapore

Masuk lebih dalam lagi, terdapat sebuah amphitheater dengan akuarium yang sangat besar bak layar bioskop. Didalamnya terlihat dua orang penyelam yang sedang berinteraksi dengan pemandu yang berada di bagian penonton. Mereka menunjukkan kepada para penonton guest star di SEA Aquarium Singapore ini, diantaranya beberapa jenis hiu dan Manta Ray.

sea aquarium singapore seperti layar bioskop
Akuarium yang lebih besar lagi.

salah satu theater di sea aquarium singapore

Tiga jam tak terasa. Itu pun terkadang saya harus mempercepat langkah dan pindah ke bagian lain karena waktu yang begitu mepet. Saya harus buru-buru ke bandara dan menyudahi kunjungan saya.

SEA Aquarium Singapore bisa banget menjadi tempat wisata alternatif yang menarik saat liburan ke Singapura, apalagi buat (yang sayang) anak-anak. Coba, deh!

 

***

 

Cara ke SEA Aquarium Singapore

SEA Aquarium Singapore ini berada di kawasan Resort World Sentosa. Berikut cara ke SEA Aquarium Singapore.

  1. Naiklah MRT dengan tujuan akhir Harbour Front, naiklah ke VivoCity Mall lantai 3.
  2. Dari sana lanjut naik Sentosa Express ke Waterfront Station
  3. Jalan ke arah Universal Studio Singapore. Nah, SEA Aquarium sudah berada diseberangnya.

 

Harga Tiket SEA Aquarium Singapore

Harga normal tiket SEA Aquarium Singapore di ticketing booth sekitar SGD39 atau IDR 390.000 untuk dewasa, dan SGD29 atau IDR 290.000 untuk anak-anak.

Gimana tips mendapatkan harga tiket SEA Aquarium Singapore? Kamu bisa beli di website Klook mulai IDR 300.000,-