Travel Blogger Indonesia Favorit Virustraveling. Siapa Favorit Kamu?

Travel Blogger Indonesia, siapa sih yang ga tau ini. Beberapa tahun belakangan ini, Travel Blogger begitu berkembang di Indonesia bahkan beberapa diantaranya sudah menjadikan travel blogger sebagai profesi termasuk virustraveling ini hahaha.

 

Travel Blogger Indonesia Favorit virustraveling

Dari semua Travel Blogger Indonesia yang saya kenal, ada beberapa blogger yang paling favorit menurut saya. Saya menjadikan mereka favorit karena punya ciri khasnya masing-masing. Ini hanya pendapat saya pribadi ya, monggo di cek, siapa tau ternyata kita memiliki favorit yang sama.

  1. The Naked Traveler – Trinity

  2. Travel Blog Kak Trinity menjadi inspirasi awal saya bikin virustraveling. Dan bukan itu saja, menurut pendapat saya (lagi), blog kak Trinity di Naked-Traveler.com menjadi cikal bakal perkembangan Travel Blog Indonesia yang mengusung konsep travel stories, bercerita tentang pengalaman-pengalaman yang didapat saat melakukan perjalanan.

  1. My Time Capsule – Debbie Leksono

  2. Bagi saya, “When a picture speaks a thousand words” adalah tagline yang sudah cukup menjelaskan isi blognya. Apalagi saya memang menyukai fotografi dan traveling. Foto-foto yang ada dalam blog Debbie pasti bakal bikin saya, kamu, Oom, tante, dan kakak sekalian ngiler deh dan betah berlama-lama melihat travel blog ini dan seakan ikut mengunjungi destinasi-destinasinya.

    Lagi bosen? Silahkan pinjam time capsule-nya Debbie. Langsung kemari ya cek blognya Debbzie.com dan follow twitternya juga @TwitDebbzie




  1. PergiDulu – Adam dan Susan

  2. Dari dulu saya memang sudah mengidolakan sepasang backpacker ini lewat tulisan-tulisan perjalanannya. Adam dan Susan tetap menjadi travel blogger favorit saya sejak awal membentuk virustraveling di tahun 2012, apalagi dengan proyek perjalanan mereka ke eropa khususnya #CaminoDulu waktu itu.

    Update cerita mereka di PergiDulu.com dan twitternya @PergiDulu

  1. DEWTraveller – Aggy

  2. Saya suka dengan gaya tulisannya, pengalamannya menjelajah beberapa Negara eropa atau pendapat-pendapatnya sebagai traveler. Cek tulisan-tulisan Aggy disini DreamExploreWander.com dan follow twitternya @DEWTraveller

 

Komunitas Travel Blogger Indonesia

Travel Bloggers Indonesia
Member of Travel Blogger Indonesia Community



 
Komunitas Travel Blogger Indonesia adalah salah satu dari sekian komunitas khusus travel blog yang saya ikuti sejak beberapa tahun lalu hingga sekarang. Meski sempat ditolak diawal-awal hahaha.

Jumlah anggotanya tak banyak tapi dengan begitu masing-masing anggota memberikan kontribusi bagi komunitas.

Siapa saja teman-teman tersebut, sila cek dibawah atau ke websitenya.

Travel Blogger Indonesia
Salam dari kami Travel Blogger Indonesia

 

Travel Blogger lainnya

Selain dari teman-teman satu komunitas, ada begitu banyak lagi teman-teman Travel Blogger Indonesia yang saya tahu, baik yang sudah pernah bertemu dan trip bareng, ada juga yang masih malu-malu di media sosial saja.

Buat teman-teman yang pengen di list disini, monggo kasih komen dibawah ya.

 

Lifetime Travel Blogger Indonesia 

Cumilebay

cumilebay-di-danau-panggang
Siapa yang tak kenal dengan travel blogger satu ini. Seorang blogger Indonesia paling hits yang saya ketahui namun selalu merendah, yang demen bikin kontroversi pamerin kancut pelanginya. Namun, disamping kontroversinya, dia ini salah satu blogger yang paling ramah dengan siapa pun. Ga mau mengkotak-kotakkan jenis traveling atau blogger pemula maupun yang lanjut usia.

Sing penting manja, kakaaak!

Siapa pun pasti senang ketika trip bareng Kak Cumi ini. Saya ingat waktu ikut trip Terios 7 Wonder ke Kalimantan tahun 2015 yang lalu. Trip itu menjadi lebih meriah. Saya ingat bagaimana Kak Cumi berbagi kebanyolan selama 11 hari trip.

Kak Cumi bisa serius juga, lho. Saya ingat waktu trip ke Tana Toraja beberapa tahun yang lalu. Secara personal dia justru banyak memberikan wejangan-wejangan kehidupan buat saya. Teman-teman yang mengenalnya secara personal pasti akan bercerita hal yang sama.

Dunia blogger Indonesia tiba-tiba gempar saat mendengar berita kepergiannya (Maret 2017) yang terlalu cepat. Ga ada angin ga ada hujan. Saya hanya terperanjat tak percaya membaca sebuah pesan singkat disebuah Grup Whatsapp.

Saya sendiri seolah baru bangun dari sadar saat mengunjungi pusaranya sehari setelah Ia dikuburkan. Seolah tak percaya akan kejadian ini. Begitu cepat, tak ada kabar tak berita apa pun sebelumnya. Tiba-tiba saya flashback beberapa waktu sebelumnya kami bertemu di Pantai Kuta dan mengutarakan niatnya untuk pindah ke Bali.

Kacamata hitam yang saya pakai tak bisa menutupi raut muka yang sedih kala itu. Air mata turun begitu saja. Orang baik pasti meninggalkan bekas yang begitu mendalam. Dirumahnya di Gresik, Kak Cumi yang ngaku-ngaku Anak Bupati Gresik ini, kebanjiran pelayat dari berbagai daerah. Bahkan yang bikin saya haru, orang-orang yang belum pernah ketemu dan mengenalnya langsung pun turut datang melayat ke rumahnya.

Kalau ada Award Lifetime Travel Blogger Indonesia, kau layak mendapatkannya Om Cum.

Selamat beristirahat kawan dan selamat jalan menuju perjalananmu yang tak berujung.

lokasi-mapasilaga-tedong
in frame: @cumilebay

 

Masih ada begitu banyak Travel Blogger Indonesia namun tak bisa saya data satu per satu.

Jadi siapa travel blogger Indonesia favorit kamu? Yuk, kasih komentar dibawah ya!

Makasih

Note: Tulisan ini telah diupdate sesuai kebutuhannya sehingga informasinya relevan saat ini. Thanks



About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

52 Responses
  1. Some good people — and great friends of mine — here. I spent half of last year in Indonesia, had the honor of meeting most of the bloggers on this list (plus a few others that are surprisingly absent) and was sad to leave last week. Aku di Filipina skrg dan Vietnam stlh tapi akan kmbl k Indo dlm 7-8 mnng. Also hope to write my first blog post in bhs next month. Saya tdk 100% lancar tapi segera 🙂

  2. Setelah ngirim komentar di pendakiannya njenengan ke Semeru, saya mau komentar juga ah di sini. Semoga listnya bertambah, karena semakin banyak blogger potensial, dan mereka adalah gerbang utama sebelum menuju list blogger2 lain. Inspiratif!

    Maapin baru pertama kali main ke sini, hehe. Salam kenal ya 🙂

  3. pas masuk ke blog ini jd takut, iya takut ketularan virusnya hehe.. maklum baru pertama kali 🙂
    salam kenal kak, aku jg baru mulai nge-travel blogging nih. thanks infonya!

  4. Nina Iskandar

    Terimakasih banyak untuk rekomendasi blog-blog travel-nya, Mas Bobby!
    Saya simpan untuk dikunjungi rutin setelah puas sama blog-nya Mas Bobby, ya.

Leave a Reply