Airbnb-an Yuk! Pengalaman menggunakan Airbnb

Selamat datang ke dunia perjalanan.

Mungkin udah banyak yang denger tentang Airbnb, salah satu situs tempat kita bisa booking penginapan.

Hal unik dari Airbnb adalah semua orang bisa jadi host aka menyewakan properti pribadinya. Jadi bukan kayak hotel yang ada manajemennya, tapi lebih ke pribadi. Personal gitchuu!

Gue udah beberapa kali pakai situs Airbnb ini sebagai alternatif tempat nginep pas liburan. Salah satunya pakai Airbnb Singapore.

Terakhir kemarin pas short-getaway (and still suffering the holiday-withdrawal syndrome), Gue pakai Airbnb buat sewa villa di Bali.

Rencana mau berenam tapi kenyataannya hanya 4 orang saja yang berangkat. Susye emang, dah, kalo jalan-jalan sama tim yang demen berwacana. Hvft!




Pas Gue bilang pake Airbnb Bali untuk sewa villa di Bali, Gue banyak nerima komen kayak:

“Wuiiiihh … MEVVAH ya kak!”

Ini aselik kekinian bener hehe …

Tapi ya, harga sewa villa ini dibandingkan hotel bintang 3 masih jauh dibawah. Jauuuuuuh …

Villa Good Karma Bali via Airnbnb
Achied with friends di Villa Good Karma Bali menggunakan Airbnb

Villa 3 kamar tidur dengan occupancy bisa sampai dengan 8 orang karena ada extra bed plus ada swimming pool yang tjakep bener, 2 malamnya diharga Rp 2.9 juta saja. Ciamik, kan?

“Bukannya ribet stay di villa kak? Pan banyak budget ho(s)tel yang oke disana.”

Sebenarnya, kalo mau private activity kayak skinny-dipping, seru lhoo! Walau Gue blom pernah juga, sik, dan biasanya honeymoon-ers yang kek gini. *kemudianbaper *KODEMAHAKERAS

Or, in my case, karena kita pengen bisa ngobrol, ketawa ngakak, suka-suka hati mo ngapain tanpa khawatir mengganggu kamar sebelah atau ditegur sama manajemen hotel. *curcol

So, a private villa is a sane and cihuy choice for us.

“Eh, kalo Airbnb, lo kan bisa ditipu gitu, bok. Ga sesuai gambar.”

Ini possible sik.

Gue pernah baca review orang yang gak dapat akomodasi sesuai gambar. Tapi menurut Gue ini gak cuma terjadi di Airbnb, tapi juga situs booking hotel lainnya. Namanya juga jualan, ya bok, pasti yang bagusnya yang dipampang nyata. Kita sendiri yang mesti lebih pintar untuk reality-check-nya dengan baca review orang yang pernah staycation disana.

Nah, kalo di Airbnb ini, yang boleh kasih review hanya yang pernah stay disana, minimize fake good-review-lah.

BTW, Airbnb ini gambar-gambar propertinya verified review alias ada manajemen Airbnb juga yang surver langsung ke tempatnya. Tapi environment-nya enggak, jadi kudu mesti baca review dari yang pernah stay apakah cucok sama preference lo. Mana tau lo pengen stay ditempat yang hipster atau ada yang nyari quiet dan gak ramai punya. Dari review itu lo bisa cari tahu what is exactly there.

“Ribet ga, Cid, booking-nya? Lo ketemu sama yang punya?”

Gue kemarin gak ketemu owner-nya, tapi dia ngasih nomor hapenya dan pengurus villanya. Nah, Gue ketemu sama yang ngurusin villanya, jadi handoverinsight what to do, where to eat.

Dari review Villa Good Karma Bali ini, memang dibilang owner-nya sangat komunikatif walaupun gak ketemu langsung. Selama disana, tiap saat dia text via Airbnb inbox, salah satu fitur untuk komunikasi dengan pemilik properti.

Gak semua properti ada housekeeper-nya.

Pas ke Singapura dulu, Gue dikasih petunjuk ambil kunci di kotak pos yang ada digital lock-nya gitu. Keren deh, berasa maen detektif-detektifan. *bukan kode-kodean ya, plis.

“Harus pakai kartu kredit, Cid?”

Setau Gue, cara pembayaran di Airbnb bisa pakai Paypal dan Debit card yang Visa Electron.

Jadi, pas kita booking via Airbnb, uda didebit, tuh, senilai harga bookingan-nya. Tapi itu masih ditahan sama Airbnb, dan akan dibayar ke pemilik properti setelah kita cao tanpa ada masalah.

Dari beberapa pengalaman Gue stay pakai Airbnb, so far belum ada masalah berarti, sih. Dari sisi kenyamanan dan harga, pakai situs Airbnb menyenangkan banget.

Hare gene, makin banyak banget alternatif, makin enak milih-milihnya. Hohoho

Belum punya akun Airbnb?

Gampang koq.

Cukup buka situsnya atau klik saja Airbnb.com dan ikutin step by step-nya. Nah, jangan kaget ya, kalau login pakai link referal Airbnb Gue bakal terima cashback IDR 295.000

Nah, setelah punya akun, nanti tinggal cari-cari properti sesuai dengan keinginan, deh. Mulai dari lokasi, jumlah kamar, mau private atau sharing with other guest dan tentunya sesuai budget lo.

Liburan? Airbnb-an, yuk!

Punya pengalaman apa dengan Airbnb? Yuk, sharing di comment!



About the author

Banker by day. Fakir liburan by night.

4 Responses
  1. Aku udah coba Airbnb beberapa kali. Sejauh ini sih tempatnya lumayan ya. Sesuai dengan postingnya. Tapi kadang penjelasannya yang punya rumah ngga gitu jelas jadi kalo mau lebih jelas harus tanya-tanya dulu. Misalnya suatu kali aku sewa kamar gitu. Di foto dan penjelasannya keliatannya kita bakal dapat private kamar mandi. Ternyata kamar mandinya harus share dengan salah satu penghuni rumah tersebut. Berhubung kita cuma tinggal 2 malam jadi ngga terlalu jadi masalah sih. Tapi kalo untuk yang benar-benar berharap kamar mandi yang private – yang kayak gitu harus ditanyain dulu tuh. Gitu deh. Tengkiu atas postingnya.

Leave a Reply