Aplikasi Booking Hotel Murah Berdasarkan Pengalaman Sendiri

Makin kesini, cara kita melakukan perjalanan menjadi semakin mudah dan murah dengan adanya teknologi. Hampir semua kebutuhan traveling seperti mencari tiket pesawat murah, pesan tiket atraksi, hingga cari hotel promo dapat kita lakukan secara online hanya dengan smartphone saja melalui sebuah aplikasi.

Nah, kali ini saya ingin membahas khusus tentang aplikasi booking hotel yang sering saya pakai memesan hotel. Siapa tahu ada yang butuh sebagai bahan perbandingan, atau pengen coba aplikasi lain dari yang biasa kamu pakai.

 

Keuntungan menggunakan aplikasi

Tentu ada banyak keuntungan yang kita dapatkan bila memesan hotel dengan menggunakan aplikasi booking. Beberapa diantaranya yang pernah saya rasakan, antara lain: kita bisa cari hotel promo tanpa repot karena semua bisa kita lihat secara detail dan berbagai pilihan promo-promo setiap bulannya. Tinggal pilih mana yang sesuai selera dan budget.

Keuntungan berikutnya adalah metode pembayaran yang beragam. Sebenarnya kamu tak perlu bingung lagi mencari situs booking hotel tanpa kartu kredit. Kalau dulu umumnya harus menggunakan kartu kredit minimal sebagai jaminan bagi pihak hotel. Namun, sekarang sudah tersedia banyak pilihan pembayaran, mulai dari transfer, hingga bayar di Mini Market.

 

Apa saja aplikasi booking hotel itu? Monggo dicek satu-satu.

Oh ya, perlu dicatat dulu, artikel ini bukanlah artikel sponsor. Aplikasi-aplikasi berikut merupakan andalan saya untuk mencari hotel murah berdasarkan pengalaman saya sendiri. Siapa yang kasih murah, itu yang saya ambil.

  1. Traveloka—Promonya Bejibun Tiap Bulan

    Saat aplikasi booking hotel favorit saya—HotelQuickly—tumbang alias bangkrut hingga menutup operasionalnya, saya kemudian pindah menjadi pengguna rutin Traveloka.

    Siapa yang tak kenal dengan aplikasi yang satu ini. Namanya sudah begitu melekat bagi semua orang yang ingin liburan. Tak hanya memesan hotel, juga ada tiket pesawat, bahkan hingga pulsa. Iklannya pun pasti sudah sering kita lihat wara-wiri tiap kali membuka video di youtube. Pokoknya Traveloka dulu, baru traveling kemudian. Begitu kira-kira pesannya.

    Asiknya menggunakan Traveloka, ada banyak promo yang ditawarkan tiap bulan. Selain itu, tersedia pilihan budget hotel dan last minute hotel yang sesuai dengan kebutuhan saya. Fiturnya pun makin kesini makin banyak, seperti Reschedule dan Check-in Online.

    Check in Online Traveloka
    Pengalaman kemarin saat mencoba fitur Check-in Online di Apps Traveloka

    Siapa disini pengguna Traveloka? Coba absen di kolom komentar ya!

  2. Airbnb—Penginapan Unik Hingga Menginap Gratis Hingga USD276.90

    Sebenarnya saya jarang menggunakan aplikasi AirBnb untuk memesan hotel. Biasanya saya menggunakan Airbnb untuk kondisi khusus, seperti ingin memilih akomodasi yang berbeda seperti villa, apartemen atau jenis akomodasi lainnya. Biasanya saya memilih yang unik-unik.

    Misalnya, waktu liburan bareng geng ke Penang awal tahun 2017 lalu, kami memilih menggunakan Airbnb untuk mencari akomodasi rumah/homestay yang bisa ditinggalin bersama-sama.

    Hal lain yang saya suka dari Airbnb adalah karena menerapkan konsep marketing referral. Saya sudah cukup sering MENGINAP GRATIS dengan menggunakan kredit hingga total USD 276.90 (update Aug 2019 dan terus bertambah).

    Aplikasi Booking Hotel Airbnb (Promo Code)
    Silahkan klik gambarnya untuk mendapatkan Cashback Airbnb Rp 460.000,-

    Buat kamu yang pengen dapat potongan harga hingga Rp 460.000,- silahkan klik gambar diatas.

    Baca juga: Pengalaman menggunakan Airbnb

  3. Tiket.com—Lebih Segar dan Makin Banyak Promo

    Dulunya saya memandang sebelah mata dengan aplikasi ini. Namun, sejak diakuisisi oleh Blibli, Tiket.com kemudian berbenah menjadi lebih segar dan semakin banyak memberikan promo-promo menggoda hati.

    Saya pun luluh dan mulai melirik menggunakan aplikasi Tiket.com saat liburan ke Malang Agustus 2019 lalu dan memasukkannya dalam daftar rekomendasi saya ini.

  4. Agoda

    Boleh dibilang saya cukup jarang menggunakan aplikasi Agoda. Untuk hotel domestik (dalam negeri) biasanya sudah ‘kalah’ murah dari Traveloka atau Tiket.com Selain itu, harga yang tertera di aplikasinya belum final, alias masih ada pajak-pajak yang baru kelihatan saat kita klik tombol berikutnya.

    Saya baru melirik Agoda saat ingin traveling ke luar negeri saja. Terkadang beberapa hotel di luar negeri lebih murah di Agoda. Pun begitu, demi budget traveling yang hemat, saya tetap iseng dan meluangkan waktu membandingkan harga hotel antara Agoda dan aplikasi lainnya.

  5. Booking

    Nah, satu lagi yang rada sering saya pakai saat traveling ke luar negeri adalah Booking.com. Terakhir saat perjalanan ke Taiwan dan Singapura untuk memesan hotel dan hostel.

Jadi, kesimpulannya mana aplikasi booking hotel termurah, bang?

Bagi saya, semua aplikasi booking hotel di atas memiliki kekurangan dan keunggulan masing-masing. Namun, pada prinsipnya mana yang memberi harga hotel promo, itu yang saya ambil hahaha

***

Bang, gimana lagi dengan Airy Rooms, ZenRooms dan rooms lainnya?

Mungkin bakal ada yang tanya, gimana dengan Airy Rooms, ZenRooms dan “rooms-rooms” lainnya? Saya memang sangat jarang menggunakannya. Saya lebih sering menggunakan kelima daftar diatas. Toh, tak sedikit pula property dengan label ‘Rooms’ yang muncul pada aplikasi-aplikasi di atas.

  1. Oyo Rooms

    Dari beberapa aplikasi rooms sejenis, saya baru mengunduh dan menggunakan Oyo Rooms, saat mampir di Kota Pacitan dalam rangka roadtrip Bali-Jawa. Last Minute Booking dan salah satu konfirmasinya yang menarik perhatian saya adalah lewat mesin telepon. Saya tinggal menekan nomor tanda setuju, dan pembayaran dilakukan di hotelnya.

    Hm… mungkin aplikasi Oyo Rooms ini akan saya ulas dalam postingan terpisah, kali ya!

***

Kamu punya rekomendasi aplikasi booking hotel yang biasa kamu pakai? Yuk share di kolom komentar, siapa tau saya bisa cek dan review juga disini.

Tentunya, tambahan aplikasi pesan hotel tersebut diatas bisa menambah pengetahuan para pembaca virustraveling juga.

About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

Related Posts

10 Responses
  1. Hi Mas Bobby salam kenal,

    Kadang coba juga mas tanya ke travel agent lokal, belum tentu loh harga lebih mahal daripada OTA, kadang malah bisa jauh lebih murah.

    Sebagai salah satu pemilik travel agen, kita sering kok diadu harga oleh para OTA dan aplikasi booking dan terkadang kita bisa kasih harga lebh hemat kok.

    Ya tapi kalo program refferal sih beda cerita mas, karena sifatnya online yang memudahkan penyebaran dan sistem otomatisnya, jadi program refferal bisa lebih mudah dijalankan.

    Dua jempol untuk virustraveling .. dan semoga terus menebar virus cinta traveling ke semua orang.

    1. Hi Mas ACS (biasanya saya tidak approve komentar dengan inisial, anchor text keyword, lho),
      salam kenal juga, mas. Saya setuju sih. Terkadang memang harga di travel agent memang lebih murah. Pun direct booking di website hotel bisa jadi lebih murah. Tp mungkin promosinya yang kurang sehingga informasinya tidak sampai ke pelanggan.

      Namun, kembali lagi, konteks blogpost saya disini adalah “aplikasi booking hotel”, mas. Lain cerita klo buat artikel tips tentang cara mendapatkan harga hotel murah.

      Cheers

      1. Hi Mas Bobby,

        Thanks buat reply nya hehehe

        And sorry bila saya menggunakan singkatan nama (sebagai privasi saja).

        Maaf juga komen nya gak nyambung dengan konteks blogpostnya. Hanya berupaya menyampaikan uneg2 temen2 travel agen konvensional aja mengenai persaingan yang udah mulai gak sehat dari para OTA*.

        * Sirik tanda tidak mampu

        Memang benar .. kekurangan kami para Travel agen konvensional adalah kurangnya promosi (maklum kita gak punya bujet segila para OTA).

        Berharap suatu saat Mas Bobby juga mengangkat artikel tips tentang cara mendapatkan harga hotel murah, dan membantu kita – kita pemain travel konvensional dapet promo gratisan hehehe.

        Cheers dan sukses selalu dengan virustraveling

  2. Puspita

    Bagaimana denga travelio Mas?
    Saya singgah di sini pas googling tentang Travelio, sepertinya tawaran apartment di travelio lebih murah dibanding aplikasi sejenis lainnya?

Leave a Reply