Seru-seruan River Tubing di Kali Kreo Semarang

“Hari ini kita basah-basahan” ujar Pak Santoso, guide kami selama trip beberapa hari di Semarang.

Hari itu, saya dan teman-teman blogger dari beberapa daerah akan melakukan aktivitas river tubing di Kali Kreo sepanjang kurang lebih 3 km yang terletak di Desa Wisata Kandri, Semarang atas. Hanya berkendara sekitar 30 menit dari hotel. Pertama sekali begitu tiba di basecamp Desa Wisata Kandri, kami dijelaskan seputar aktivitas tubing di Kali Kreo ini. Wisata arung jeram menggunakan ban bekas ini memang semakin marak dibeberapa daerah, salah satu yang terkenal dan banyak dikunjungi ada di Goa Pindul Jogja. Tapi jangan berharap banyak jika berkunjung saat long weekend, karena bakal penuh pengunjung bak cendol.

Berbeda dengan Goa Pindul Jogja, wisata tubing kali kreo ini memang baru dibuka, sehingga saat berkunjung long weekend kemarin hanya ada rombongan kami saja. Ini semakin menambah keseruan dan keintiman bareng teman-teman travel blogger yang lainnya.

Ngintir Kalijogo, adalah sebutan lain untuk wisata jeram Kali Kreo ini, nama ini dipergunakan sekaligus untuk mengingatkan kita cerita saat Kanjeng Sunan Kalijaga membawa 2 kayu jati yang akan dijadikan tiang Masjid Agung Demak menggunakan aliran sungai Kreo ini.

River Tubing Kali Kreo
Selfie dulu sebelum river tubing di Kali Kreo

Setelah briefing singkat dan melakukan pemanasan, satu per satu kami menaiki ban dan mulai menyesuaikan diri menggunakan ban mengikut arus yang cukup tenang. Teman-teman tampak asik dan antusias dengan mainan barunya hingga “BYUUUURRR” Koh Sinyo si KoperTraveler dengan badan besar kekarnya terjerembab disebelah kanan saya saat bertabrakan dengan yang lain melewati arus yang cukup kecil.




“Tenang, cuman akting koq”, candanya.

Salah satu bagian paling seru adalah saat kami tiba disebuah dam dimana setiap peserta harus melompat menggunakan ban melanjutkan. “BYUUURR….” Satu per satu melompat dengan ban sebagai bantalan menghantam sungai. Tak ketinggalan, saya pun melakukan hal yang sama. Byuuurr… mendarat dengan sempurna, meski bokong terasa sakit menghantam air. Hahaha…

River Tubing di Kali Kreo Semarang
Deg-deg seeer saat lompat dari dam

Selang beberapa menit, di depannya sudah menanti jeram yang deras. Hampir semua peserta trip tubing kali kreo tak mampu melewatinya dengan mulus karena terlepas dari bannya. Saya pun demikian. Bahkan beberapa diantara kami sempat mengulang melewati jeram ini. Hasilnya? Sama saja. Lagi-lagi tubuh terlepas dari ban tak mampu menahan arus jeram itu.

River Tubing Kali Kreo ini, meski hanya memiliki jeram-jeram kecil bukan tanpa resiko. Kita harus hati-hati karena begitu banyak batu-batu besar dan tajam. Terkadang kita bisa tersangkut didaerah aliran sungai yang dangkal karena debit airnya kecil. Kalau tak hati-hati, badan mulus montok ini dapat goresan cantik dari batu-batu itu sebagai oleh-oleh. Tak ayal, setelah selesai tubing, saya mendapat 4 goretan manis disekujur tubuh, masing-masing satu dikaki dan tangan, hingga dua ‘coretan’ dibokong. So sweet sekali hahaha.

River Tubing di Kali Kreo Desa Wisata Kandri
Ada kalanya santai koq
River Tubing Kali Kreo Semarang
Kalau sungainya penuh bak cendol, mana bisa pose ganteng begini

River Tubing Kali Kreo Semarang

Tubing Kali Kreo
Mukanya bahagia-bahagia semuaaa
Selfie River Tubing Kali Kreo
Jangan lupa selfie dulu doong
virustraveling river tubing kali kreo
beberapa jeram ada yang deras

Sebelum memulai aktivitas tubing ini, oleh pemandu kita memang dijelaskan tips-tips saat menghadapi jeram. Apa daya, pelajaran hanya tinggal pelajaran. Setelah menghadapi beberapa jeram yang cukup sulit, saya akhirnya memahami badan kita harus lebih rileks dan santai duduk di ban mengikuti arus jeram. Memang lebih mudah belajar langsung alias praktek plus dengan hadiah goresan-goresan menggemaskan itu.

Monggo disaksikan video keseruannya disini:

Tak terasa saya dan teman-teman blogger menghabiskan waktu hampir dua jam menyusuri sungai Kreo sepanjang 3 km ini dengan bertubing ria. Canda seru, sakit dan lelah bercampur jadi satu meninggalkan nyinyir-nyinyir yang bersileweran dari tetangga sebelah.

Wisata river tubing kali Kreo ini memang masih baru dan bisa pilihan baru tempat wisata di Kota Semarang. Tunggu apalagi, ajak teman-teman kamu seseruan bareng tubing di Kali Kreo.

Info reservasi
Jelajah Wisata Desa Kandri Semarang
Silahkan menghubungi Bapak Zubaidi di HP 0858-7659-5211.
Reservasi 1 minggu sebelum kedatangan, dengan biaya Rp 100.000,- per orang, menginap Rp 50.000,- termasuk makan 3 kali.

Baca juga:

  1. Semarak Semarang Night Carnival 2016
  2. Itinerary Trip 3 Hari di Kota Semarang

***

Terima kasih untuk Badan Promosi Pariwisata Kota Semarang (BP2KS) yang telah mengkomodasi saya dan teman-teman blogger di acara FamTrip #SemarangHebat



About the author

Pernah jadi karyawan 7to5 (plus lembur), saat ini fokus mengembangkan usahanya agar bisa traveling terus.

23 Responses
        1. Masih mending melipiirr.. aku kalang kabut waktu GoPro terlepas dari tangan dan tenggelam.. Untung bisa diselamatkan sama skeeper yang handal. Sempat bingung, gimana data-data videonya hahaha

    1. Bebatuannya tak banyak tapi beberapa cukup tajam om.
      Iyaa…kemarin dpt cerita disini begitu idenya keluar bikin tubing, masyarakat langsung bahu membahu membersihkan sungai

  1. isa fadli

    coba malang gan… tubing + muncak di gunung bromo.. pasti lebih seru… liburan di malang
    dg kuliner bakso juga dg wisata education nya JATIM PARK
    wow pasti wes … join trip sama kami ke gunung bromo. call me 081945551589

Leave a Reply