Chin Swee Temple Genting Highland yang Tetap Memukau

Ini adalah kali kedua saya mengunjungi Chin Swee Temple yang berada di kawasan Genting Highland Malaysia. Saya tak menolak begitu Resort World Genting mengundang saya dan beberapa rekan-rekan travel blogger lainnya untuk mengunjungi Genting Highland selama beberapa hari kedepan. Alasan saya sederhana saja, saya pengen mengunjungi dataran tinggi ini lagi setelah terakhir kali beberapa tahun yang lalu.

Advertisements

Flashback dikit, saya pertama kali ke Genting Highland sekitar tahun 2013 yang lalu, itu pun hanya sebentar saja. Maksud saya disini benar-benar sebentar banget karena kami baru tiba di Genting Highland pukul 5 sore. Waktu itu, berlima dengan teman backpacker yang saya kenal disebuah forum backpacker berencana trip bareng ke tiga negara, yaitu Singapura, Malaysia dan Thailand.

Baca disini ceritanya:

Kenapa baru sore kesana? Pasalnya kami baru berkumpul sekitar jam 3 sore di Kuala Lumpur. Karena lokasi tempat kami menginap dekat sekali dengan terminal bus Puduraya Sentral, jadilah kami langsung meluncur menuju Genting Highland menggunakan bus Resort World Bus seharga RM10.60 sudah termasuk tiket Skyway seharga RM6.

Tiba di terminal bus Genting pukul 5 sore dan harus kembali dari atas pukul 7 malam. Dengan waktu yang singkat begitu, jelas kami tak sempat berkeliling di kawasan Genting Highland ini. Jadi kami hanya fokus mengunjungi Chin Swee Temple dan mencoba naik Skyway Genting. Maklum, masih ndeso gaes, belum pernah naik gondola.

Wis, cukup cerita masa lalumu yang ga penting itu, bang! Kami pengen tahu tentang Chin Swee Temple ini.

Chin Swee Temple

Okay, Chin Swee Temple ini boleh dibilang spot yang wajib banget kamu kunjungi saat liburan ke Genting Highland. Selain  sebagai tempat beribadah bagi umat Buddha, panorama dari atas kuil ini juga begitu memukau. Sejauh mata memandang kita bisa melihat hutan hujan mengelilingi Genting Highland dengan warna  layer yang berbeda-beda sebagai latarnya. Udaranya pun begitu sejuk menyegarkan meski lebih sering hujan.

Kali kedua ke kuil ini, saya baru tau kalau nama Chin Swee Temple ini diambil dari nama seorang pendeta bernama Chin Swee. Pendiri Genting Highland, Tan Sri Dato Lim Goh Tong, merupakan pemuja Pendeta Chin Swee. Setelah kawasan Genting Highland selesai dibangun, ia kemudian membangun kuil ini untuk menghormati leluhurnya yang berasal dari Fujian, China.

Founder Genting Highland Malaysia
Founder Statue of Genting Highland

BTW, seluruh cerita pembangunan Genting Highland ini ternyata bisa dilihat juga di Visitor Gallery yang ada di SkyAvenue Mall.

Tak banyak perbedaan yang saya lihat dalam kunjungan saya kedua kali ini. Di areal pengunjung dibagian atas, terdapat sebuah patung Buddha duduk bersila berukuran sangat besar. Sementara disisi kirinya, patung Dewi Kwan Im. Pengunjung masih dapat mengikuti perjalanan dari neraka menuju surga sebagai tradisi dan keyakinan China Kuno disana.

Advertisements
Buddha Statue Chin Swee Temple
Buddha Statue

Chin Swee Temple

Chin Swee Temple Genting
Ini pada ngapain bloher-bloher hits ngintipin orang berdoa

Bedanya hanya sedikit lebih rapih dengan penambahan ekskalator untuk akses langsung dari parkiran. Tentu saja, pemandangan dari atas ini tetap memukau.

Naik Awana Skyway ke Chin Swee Temple

Setelah selesai makan siang di Motorino yang terletak di lantai satu SkyAvenue Mall, kami bergegas menuju stasiun Awana Skyway yang terletak dilantai paling atas mall. Awana Skyway ini menjadi salah satu alternatif transportasi dari terminal bus menuju puncak Genting Highland dan yang paling saya rekomendasikan.

Awana Skyway Genting Highland
Awana Skyway Station di SkyAvenue Mall

Harganya cukup murah yaitu RM8 saja untuk Gondola standard (naik RM2 dari tahun 2013 lalu) dan RM40 untuk Awana Skyway berlantai kaca (Glass Floor). Selain itu, tentu saja kita bisa melihat panorama memukau dari atas sini. Kecuali kamu takut ketinggian dan pengennya naik bus menyusuri jalan berkelok-kelok memabukkan.

Awana Skyway Genting Highland Kuala Lumpur
Skyway di Genting Highland tahun 2013 yang lalu.

Dulu, saat pertama kali menyambangi Chin Swee Temple, Skyway Cable Car belum tersedia, jadi kami menggunakan shuttle bus yang berangkat setiap satu jam sekali dari First World Hotel. Sekarang ini jadi lebih mudah, pengunjung yang ingin mengunjungi Chin Swee Temple bisa berhenti dulu di stasiun Chin Swee. Dari stasiun yang terlihat masih baru ini, disediakan jalan penghubung menggunakan ekskalator. Kamu-kamu dan saya yang jompo ga bakal kerepotan lagi deh naik turun.

Coba lihat pemandangan dari atas Awana Skyway ini!

Awana Skyway Genting
Pemandangan dari atas Awana Skyway Genting

Chin Swee Temple Awana Skyway

Awana Skyway Chin Swee Temple
Naik Awana Skyway menuju Chin Swee Temple

Jadi, kapan kamu mau main ke Genting Highland Malaysia?

Cara menuju Chin Swee Temple

• Shuttle bus dari First World Hotel menuju Chin Swee Caves Temple berangkat setiap satu jam sekali dengan durasi perjalanan sekitar 10 menit. Kamu bisa cek jadwal shuttle bus ke Chin Swee Temple disini.
  • Kamu bisa memilih menaiki Awana Skyway cable car alias gondola seharga RM8. Saya lebih merekomendasikan Awana Skyway ini. Pemandangan dari atas ini sangat memukau