Henderson Waves Bridge, Jembatan Cantik yang Artistik di Singapura

Saat membahas tentang Marina Barrage, sebuah bendungan (reservoir) yang terletak di teluk Marina, saya begitu mengagumi setiap bangunan di negara kecil Singapura ini. Hampir semua bangunan dikerjakan dengan total dan multifungsi. Salah satunya (dari sekian banyak) adalah Henderson Waves Bridge.

Masih jelas diingatan saya, tahun 2013 adalah pertama kali mengunjungi jembatan ini saat ingin kopdar dengan teman-teman travel blogger saya, yaitu Aggy & ci Debb.

Iya, kopdarnya songong banget mesti di Singapura hahaha…

Tapi memang karena kebetulan saat itu Aggy baru pulang dari study di Eropa, sementara ci Debb, habis ngebolang dari Balkan dan mampir di Singapura. Jadilah saya yang ‘mengalah’ terbang ke Singapura.

Sebelum bertemu dengan ci Debb, berdua dengan Aggy, kami sepakat untuk jalan-jalan dulu, salah satunya mengunjungi jembatan Henderson Waves ini.

 

Henderson Waves Bridge

Henderson Waves bridge ini merupakan jembatan yang strukturnya terbuat dari rangka baja dan kayu-kayu yang tersusun sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk ombak itu makanya disebut ‘waves’. Bentangan jembatan ini memanjang sekitar 274 meter dengan ketinggian sekitar 36 meter.

Henderson Waves Bridge Singapore
Henderson Waves Bridge dilihat dari bawah aja udh cakep

Lokasinya cukup mudah koq dengan menggunakan transportasi umum, kamu bisa baca paling bawah.

Kami sendiri menggunakan bus dari Vivo City dan turun persis di halte yang berada dibawahnya.

Nah, dari sana tinggal menaiki tangga yang sudah tersedia. Bagi saya yang jompo ini, tangga ini jadi PR banget hahaha… Belum apa-apa sudah ngos-ngosan. Untungnya, udara disini sejuknya asik menyegarkan banget karena sepanjang jalan (mendaki) rimbun banget dengan pepohonan hijau.

Lokasinya memang persis bersebelahan dengan Mount Faber Park. Kalau pengen sambil trekking juga bisa disini.

virustraveling Henderson Waves Bridge

Bagi saya yang traveler jompo ini, tangga ini jadi PR sendiri. Belum apa-apa sudah ngos-ngosan. Tapi asiknya, udah disini segar banget karena sepanjang jalan rimbun banget dengan pepohonan hijau. Memang lokasi jembatan Henderson Waves ini bersebelahan dengan taman Mount Faber Park.

Apa aja yang bisa dilihat disana, bang?

Selain hutan beton Singapura, dari atas jembatan kita juga bisa melihat bahwa pemandangan hijau yang cukup luas. Salut sih melihat Pemerintah Singapura yang dikenal sangat berambisi membuat Singapura lebih adem dan hijau. Padahal lahan disini terbilang sangat sedikit.

Selain itu, bakal menjumpai banyak anak muda lokal yang memanfaatkan tempat ini untuk sekadar hangout bersama teman-teman, arisan, atau mungkin tempat pacaran juga ya.

Hangout at Henderson Waves Bridge
Anak-anak muda cem saya, demennya hangout disini

 

Tips dari saya saat mengunjungi Henderson Waves

Kalau kamu sedang liburan ke Singapura dan kebetulan mau main di Universal Studio Singapore atau mungkin SEA Aquarium, pokoknya ke Sentosa Island, saran saya bisa mengunjungi jembatan tersebut sebelum ke USS karena jaraknya yang cukup dekat.

Universal Studio Singapore sendiri buka pukul 10 pagi, kamu bisa jalan pukul 8 pagi dari hotel atau hostel tempat kamu menginap. Henderson Waves Bridge ini cocok banget jadi alternatif tempat wisata di Singapura yang gratis.

***

Cara ke Henderson Waves Bridge menggunakan bus

Henderson Waves Bridge ini terletak di Henderson Road dan sangat dekat dengan Vivo City. Untuk mencapai lokasi jembatan sangatlah mudah. Caranya:

  • Naiklah MRT hingga tujuan akhir Harbour Front, kemudian ambil exit C (Kalau saya tidak salah ingat ya haha…) terus langsung menuju halte bus Vivo City mall.
  • Dari halte, tinggal naik bus No. 145 yang melewati Henderson Road. Ga butuh waktu yang lama, sekali belok dan dua halte saja.
  • Tangga menuju jembatan berada di seberang halte tempat kita turun. Menyeberanglah dengan hati-hati.
About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

Related Posts

6 Responses

Leave a Reply