Jelajah Secuil Keindahan Nusa Tenggara Timur




Bulan November 2015, sekitar dua minggu yang lalu saya dan beberapa teman-teman travel blogger mendapat kesempatan dari ASITA NTT untuk menjelajah secuil Nusa Tenggara Timur. Koq secuil doang? Karena kami hanya menjelajah Kupang, Soe, dan Pulau Semau (saja). Ngarepnya sih bisa berkeliling Nusa Tenggara, hehe, ngelunjak ya. Kupang saja sudah cakep begitu, pemandangan sepanjang jalan menuju Fatumnasi juga tak kalah indahnya, belum lagi petualangan yang begitu mendebarkan di pulau Semau. Tak cukuplah kalau hanya lima hari saja. Bagaimana dengan Alor, Lembata, Flores, Sumba? Pasti tak kalah indah dan menyimpan daya tarik tersendiri.

Baca juga: One Day Trip Labuan Bajo

 

Menuju Kupang Nusa Tenggara Timur

Jumat pagi-pagi sekali dihari yang telah ditentukan, kami berlima, yaitu saya, Lenny, Kak Badai, Kak Indri Juwono, dan Kak Shabrina, sudah berada di bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Hari itu, kami akan berangkat menuju Kupang menggunakan Sriwijaya Air pukul 05:45 dengan dua kali transit di Bali dan Maumere. Sementara teman-teman yang lain ada yang berangkat dari Surabaya dan Bali. Meski perjalanan cukup panjang sejak subuh, tak ada kendala yang berarti yang kami hadapi selama perjalanan. Apalagi kru-kru kabin pesawat Sriwijaya air yang membawa kami sungguh ramah dan menyenangkan.

Travel Blogger Indonesia eksplor Nusa Tenggara Timur
Bareng teman-teman Travel Blogger Indonesia
Kabin Pilot Sriwijaya Air
Udah cocok jadi pilot belum?

Selama beberapa hari disana, kami menjelajah beberapa tempat wisata di Kupang dan sekitarnya mulai dari pemandangan alami menuju Desa Fatumnasi, seperti spot view Batu Palelo, batu purba Fatukolen, birunya pantai Kolbano, atau sunset yang bikin adem suasana hati di pantai Tablolong.




So, ini dia secuil keindahan bumi Nusa Tenggara Timur yang bisa saya bagikan:

  1. Goa Kristal (Crystal Cave) Kupang

  2. Komentar teman saya ketika melihat tempat ini di salah satu akun medial sosial saya, adalah “Ini surga, bang”. Saya pun rada setuju dengan komentarnya meski ragu karena dia belum pernah ke surga hehe. Airnya yang biru dingin dengan rasa payau ditambah cahaya keemasan yang berasa dari cahaya lilin membuat tempat ini semakin cantik.

    Pintu Masuk Goa Kristal Kupang Nusa Tenggara Timur
    Pintu masuk Goa Kristal

    Crystal Cave Kupang NTT
    Goa Kristal Kupang
    Photo by: @duabadai/edited by me.

  1. Bola Palelo, Fatukolen, dan Desa Fatumnasi Soe

  2. Untuk mencapai Desa Fatumnasi, terlebih dahulu kita harus menuju Soe, yaitu sebuah kota di Timor Tengah Selatan yang berada sejauh 2.5 jam perjalanan dari kota Kupang. Dari Soe masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 2 jam lagi menuju Desa Fatumnasi. Cukup banyak spot view disini untuk melihat hamparan pemandangan bumi Nusa Tenggara dari ketinggian.

    Batu Palelo, SOE, Nusa Tenggara Timur
    Diatas bukit Batu Palelo, Nusa Tenggara Timur

    Fatukolen Desa Fatumnasi Nusa Tenggara Timur
    Kokoh @Kopertraveler.id bareng anak-anak di Fatukolen

  1. Air Terjun Oehala SOE

  2. Lokasinya tak jauh dari kota Soe, hanya berjarak sekitar 6 km saja. Keunikan air terjun ini adalah karena memiliki 7 tingkatan.

    Air Terjun Oehala NTT
    Air terjun Oehala di NTT

  1. Pantai Kolbano dan Gumuk Pasir di Pantai Oetune

  2. Sebelum kembali ke Kota Kupang, sebaiknya memutar dulu buat mampir melihat birunya pantai Kolbano yang langsung menghadap ke Laut Timor dan kemudian ke Pantai Oetune karena jalurnya searah. Selain pantainya, di Oetune juga ada ada tumpukan pasir mirip dengan gumuk pasir yang ada di Jogja. Meski tak begitu luas seperti yang di Jogja bisa buat main sandboarding, tapi kalau untuk pose-pose foto disini boleh dibilang cukup instagramable.

    Pantai Kolbano Kupang Nusa Tenggara Timur
    Pantai Kolbano, Kupang.

    Pantai Oetune Kupang Nusa Tenggara Timur
    Gumuk pasir Pantai Oetune
    In frame: kopertraveler

  1. Sunset di Pantai Tablolong

  2. Begitu masuk melalui gapura ‘Selamat Datang’ pantai Tablolong kesannya tempat ini tak terawat sama sekali. Tapi begitu tiba dan menyentuh pasir pantai yang halus dan melihat sunset yang cantik rasanya damai banget. Coba deh!

    Sunset Pantai Tablolong Kupang NTT
    Cantiknya sunset di Pantai Tablolong, Kupang

  1. Berpetualang di Pulau Semau

  2. Dari semua perjalanan beberapa hari itu, menjelajah Pulau Semau adalah yang paling menarik layaknya berpetualang. Selama kurang lebih 5-6 jam kami berkeliling hampir setengah pulau menggunakan sepeda motor dari siang hingga malam.

    Petualangan di Pulau Semau Kupang
    Mari berpetualang di Pulau Semau, Kupang
    Photo by @duabadai

    Sunset di Bukit Liman Pulau Semau
    Sunset dari Bukit Liman, Pulau Semau
    Photo by: Valentino Luis

Gimana??? Sudah tergoda dengan penjelasan singkat saya? Mari ke bumi Nusa Tenggara Timur, kawan.

Baca juga: Kunjungan Singkat ke Pulau Komodo dan Pink Beach.



About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

56 Responses
  1. Gila, warnanya jernih banget. Kontras dan vivid. Keren banget Mas, ini betulan surga dunia. Dan belum banyak orang yang tahu :hehe. NTT ternyata tidak kalah potensi wisatanya dengan daerah lain di Nusantara, jadi memang tak ada yang tak indah di negeri ini. Mudah-mudahan dengan ini makin banyak orang yang kenal dan datang (saya juga kepengen :haha), jadinpariwisata di sana bisa makin berkembang. Top!

  2. Wow, seru kali perjalanan kalian kemarin ya. Dan foto-fotonya itu menggoda semua. Paling suka dengan foto sunset di Pantai Tablolong nya. Uber cool!

  3. Nggak usah menyaksikan sendiri,,, di lihat dari foto – foto setiap blog kalau NTT ini pemandangannya kece bener,,, kapan yaw bisa menginjakkan bumi NTT? kalau dapat gratisan langsung berangkat (ngarep di balang sepatu).

  4. Wow, amazing! Semua semburat foto2 indah ini sungguh berfaedah bagi mata!
    Tapi aku pun paling suka petualangan di Semau, unforgettable bingits dah! 😉

    1. Rusly

      Iya ya Badai, seru dan penasaran kapan sampai pelabuhan ya.. Padahal teman-teman di Koe sudah gelisah krn kita semua ga bisa dihubungin sama sekalai

  5. Nina Iskandar

    Waduh, Mas! Ini mata langsung sueger lihat foto pantai yang super biru :’) Cuci mata ternyata ga selalu perlu air, ya.

  6. Cieee tahun 2015 ini jadi tahunnya bang Bobby kayaknya. Jalan-jalan terus diundang ini itu, menang ini itu. Sukses terus, bang!!! Keep humble ya, meski udah ke sana kemari gratis 😀

    Itu goa kristal memang yg paling menggoda banget. Warna biru toskanya terkesan magis!

  7. SOLUSI Antar Jemput

    Hallo Para penghuni Alam semesta ?, Disini kita mau berbagi info buat kalian yang sedang atau berniat mengunjungi kota kupang, kalo kalian pingin berlibur dan berjalan jalan dikota kupang, ada jasa mobil Antar Jemput. Harganya Ekonomis banget, Pelayanan Ramah, Supirnya humoris, dan tentu aman dan bersih mobilnya.
    untuk nomor pemesanan bisa hubungi ke
    hp/wa : 0823-99-0000-99; 082399000099
    bbm : 5f786755
    line id : solusianjem

  8. Wah yang Fatumnasi itu malah aku belum sampai ke gunung Mutisnya… kapan mas Bobby kesini lagi nih untuk cari spot-spot baru di NTT yang menunggu didatangi dan diceritakan…
    Salam kenal dari bumi Flobamora….

  9. ENI ISMIYANTI

    Asalammualaikum…
    Mas mau Tanya… Cara manfaatin transit dikupang gmn yah.. Ada rental mobil yg drivernya bs jd guide sekalian ga disana… anggap aja 1day trip gitu… 😀
    Trmksh mas…

Leave a Reply