Deretan Indah Pantai di Kupang yang WAJIB banget Kamu Datangi




Masih lanjutan cerita sewaktu mengunjungi keindahan tempat wisata di Kupang, Nusa Tenggara Timur, beberapa waktu lalu bareng ASITA NTT dan teman-teman Travel Blogger Indonesia. Buat kamu yang cinta pantai, Kota Kupang juga punya pantai-pantai yang menarik buat dikunjungi, kalau boleh saya bilang wajib banget dikunjungi. Apa saja? Monggo disimak satu-satu, ya!

 

Deretan Pantai di Kupang yang wajib dikunjungi

  1. Sunset Cantik Pantai Tablolong

  2. Hari pertama setelah tiba di Kupang dan melihat cahaya di goa kristal, kami pun langsung meluncur ke arah baratnya kota Kupang menuju pantai Tablolong. Katanya sunset disini cakeeep banget. Dari kota Kupang cuma berkendara selama kurang lebih 45 menit saja dan benar saja, begitu tiba di Pantai Tablolong ini, saya langsung suka dengan pasir pantainya yang putih dan halus. Cukup lama kami bermain-main ditempat ini, bercengkerama satu sama lain sambil menunggu momen matahari tenggelam yang cantik.

    Sunset Pantai Tablolong Kupang NTT
    Sunset di Pantai Tablolong Kupang NTT
    Pantai Tablolong di Kupang NTT
    Masih sunset di Pantai Tablolong

    Sunset Cantik di Pantai Tablolong Kupang NTT
    Pantai Tablolong NTT

  1. Gradasi Biru Pantai Kolbano

  2. “Bang, sudah ke Pantai Kolbano?”, tanya teman lama saya lewat sebuah pesan singkat begitu tahu saya berkunjung ke kota Kupang. “Pantainya disana baguus banget. Bang Bob harus kesana”, lanjutnya lagi.

    Saya pun mengamini pernyataan teman saya itu begitu sampai di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), lokasi Pantai Kolbano. Sepanjang mata memandang, kita akan disuguhi pemandangan pantainya yang cantik dengan warna biru gradasi. Persis didepan pantai terdapat satu batu kapur yang sangat besar yang dapat kita panjat untuk melihat keseluruhan Pantai Kolbano dari ketinggian. Tapi tetap hati-hati dan waspada ketika memanjat karena batunya yang cukup curam.




    Jarak antara kota Kupang dan Desa Kolbano memang cukup jauh, sekitar 4-5 jam berkendara. Saran saya, sebaiknya menginaplah dulu setidaknya satu malam di kota Soe karena dari sini jaraknya tinggal 1.5 jam saja berkendara. Jadi kita bisa mengunjungi Desa Fatumnasi dan air terjun Oehala terlebih dahulu.

    Pantai Kolbano Kupang NTT
    Gradasi biru Pantai Kolbano di Kupang NTT
    KoperTraveler at Pantai Kolbano Kupang
    Pantai Kolbano yang berbatu batu
    Pantai Kolbano NTT
    Pantai Kolbano Kupang NTT dari sudut lain

    Pantai Kolbano Kupang NTT
    Pantai Kolbano ini cakep banget dilihat dari atas, suwer gaes

  1. Gumuk Pasir di Pantai Oetune

  2. Matahari di Pantai Kolbano masih sangat terik sekali meski sudah menjelang sore ketika kami melanjutkan perjalanan ke pantai selanjutnya, yaitu Pantai Oetune. Lokasinya berada tak begitu jauh dari pantai Kolbano, tak sampai satu jam saja mengendarai mobil. Selain bermain-main ombak dipantainya yang berwarna hitam, disisi timur pantai Oetune ini terdapat satu tumpukan pasir yang mirip dengan gumuk pasir seperti yang ada di Jogja. Meski areal gumuk pasirnya tak seluas yang di Jogja, kami cukup senang bisa bermain-main di pasir ini sambil menikmati air kelapa muda yang dijajakan anak-anak kecil disana.

    Pantai Oetune Kupang NTT
    Pantai Oetune Kupang. Photo by @duabadai

    Gumuk Pasir di Pantai Oetune NTT
    Selain di Jogja, gumuk pasir juga ada di Pantai Oetune Kupang NTT. Photo by @duabadai

  1. Pantai Otan

  2. Dua pantai berikutnya (nomor 4 dan 5) yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi berada di Pulau Semau, yang pertama adalah Pantai Otan yang terletak di Desa Otan, Kec. Semau Utara. Setelah menyeberang menggunakan kapal motor selama kurang lebih 30 menit menuju Pulau Semau kemudian melanjutkan perjalanan selama 1 jam menggunakan motor yang kami bawa dari Kupang. Jangan pikir jalannya sudah mulus seperti yang ada di Kupang.

    Di Pulau Semau, jalanan masih berupa jalan berbatu bahkan lebih banyak jalan tanah sehingga debu beterbangan. Hanya sedikit bagian saja yang beraspal. Tepat siang hari bolong kami tiba di Pantai Otan. Meski panas sangat terik banget namun tak menyurutkan kami untuk bermain-main di pantai ini.

    Bikini-bikini dan kancut semi boxer pun langsung berseliweran di pantai Otan yang jernih ini.

    Heeyyy, hanya kami saja dan beberapa petani rumput laut yang sedang beristirahat juga.

    Pantai Otan di Pulau Semau
    Pantai Otan di Pulau Semau

    Pantai Otan Pulau Semau
    Photo by @duabadai

  1. Pantai Oinian

  2. Satu jam berikutnya kami berkendara lagi menyusuri jalan tanah yang gersang menyusuri pantai hingga tiba di spot pantai selanjutnya yaitu Pantai Oinian yang berada di Desa Oibua Kec. Semau Selatan. Dibanding Pantai Otan, saya lebih suka di Pantai Oinian ini. Sepi, pasir pantainya yang halus dan warna pantainya yang biru, begitulah deskripsi singkat saya untuk pantai ini.

    Gampang banget, ya, bikin saya bahagia.

    Sebenarnya masih banyak pantai yang bisa dikunjungi di Pulau Semau ini, seperti Pantai Liman misalnya. Tapi karena kami hanya melakukan perjalanan satu hari saja sehingga tak banyak tempat yang bisa kami datangi. Semua pantai masih sepi dan sangat minim akan fasilitas.

    Pantai Oinian Pulau Semau
    Langit biru di Pantai Oinian Pulau Semau
    Biru Pantai Oinian Pulau Semau
    Sudut lain Pantai Oinian di Pulau Semau

    Pantai Oinian di Pulau Semau

    Pantai Oinian Pulau Semau
    in frame: Putra-putri duyung 🙂

Nah, dari kelima pantai di Kupang ini, kamu lebih senang pantai yang mana? Kasih comment dibawah ya! Senang sama saya juga boleh dicurahkan di comment koq.

Baca juga cerita perjalanan saya saat mengunjungi Nusa Tenggara Timur lainnya.

Happy Traveling, gaes!



About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

37 Responses
  1. Tapi pantai-pantainya gila keren banget birunya Kak… favorit saya Pantai Oetune, gradasi birunya kontras dengan pasir yang keemasan, cantik sekali. Mudah-mudahan saya bisa menyambangi pantai-pantai itu :haha, semoga keindahan mereka juga abadi :)).

    Ah, semuanya kece-kece!

  2. Kayaknya pantai – pantai yang ada di NTT itu semuanya bagus – bagus yaw bang. Heran saya, nggak ada yang jelek. Wah wah,,,, kapan bisa sampai situ (mikir sambil ngumpulin tenaga),,, Aku bisa – bisa kena virus travelling ini

  3. Nina Iskandar

    Saya paling tertarik sama Oinian, Mas. Kelihatannya banyak yang bisa di-eksplor, baik di bibir pantai, maupun di wilayah karang berlumut-nya. Fasilitas penginapan yang memadai , jaraknya masih cukup jauh, ya, dari Pantai Oinian ini? Sayang, ya, belum ada kamar hotel yang beachfront.

  4. Ninno Emanuel

    Pantai-pantai di pulau Timor NTT memang banyak yang keren
    Akses transportasi yang sulit membuat pantai-pantai itu masih jarang dikunjungi pengunjung
    Jadi sampai sekarang masih banyak yang terlihat sangat alami

    Ada pantai-pantai yang aksesnya mudah sehingga lebih ramai
    Akibatnya terlihat lebih kotor
    Contohnya pantai Lasiana

  5. Karakter pantai-pantai di Kupang yang diulas di sini begitu lepas ya, tanpa pernak-pernik apapun, dari tepi pantai langsung menghadap laut lepas. Apalagi lautnya bergradasi gitu.

    Paling suka foto Pantai Tablolong, dari fotonya sudah jelas terlihat kalau pasirnya begitu halus dan lembut 🙂

  6. Umami

    Hallo, Mas Bobby Ertanto… boleh minta alamat e-mailnya kah? Saya mau tanya tentang transportasi lebih detail untuk menuju pantai-pantai di P. Timor – NTT. Terima kasih. Salam kenal -Umami-

  7. Rizal

    keren banget pantai oetune yang punya hamparan pasir seperti di gurun pasir dan pantai kolbano yang punya banyak kerikil berwarna di sepanjang bibir pantai

  8. Pantai Oetune menyajikan pemandangan yang bikin para wisatawan terkesima dengan keindahannya. jadi gak sabar pengen kesana nih min. btw thanks buat infonya

Leave a Reply