Rekomendasi Tempat Wisata di Bali versi virustraveling, semuanya instagramable

Jangan bilang kamu sudah bosan ke Bali, karena tempat wisata di Bali itu-itu saja. Coba cek dulu list berikut ini, siapa tahu ternyata kamu baru mendatangi seupil Pulau Bali doang dan datangnya kesitu-situ saja. Kemudian bilang sudah bosan ke Bali. Yang kamu lakukan itu, jahaat!

Jangan kayak saya, dulunya bilang “males ah ke Bali mulu”, taunya malah menetap disini hampir 3 tahun. Kemudian iseng saja bikin daftar beginian, biar kamu yang sudah ke Bali, ga bosen main kesini lagi. Saya sendiri bikin list ini untuk proyek pribadi saja, karena setelah hampir 3 tahun di Bali, belum semua tempat yang saya kunjungi.

 

Rekomendasi Tempat Wisata di Bali versi virustraveling

Pertama, untuk area Kuta, Legian, Seminyak sekitarnya dan beberapa tempat yang sudah terkenal banget, saya ga bahas dan memasukkan ke list ini lagi, ya!

Kedua, semua daftar rekomendasi tempat wisata di Bali yang saya tulis dibawah adalah tempat yang sudah saya kunjungi dan beberapa pengalaman sudah ditulis juga di blog ini. Semua gambar adalah milik saya pribadi, bukan comotan dari website lain.

Jadi, siapkan catatanmu, atau monggo di bookmarked di browser kamu dengan menekan CTRL+D

 

Uluwatu

Trip of Wonders Kecak and Fire Dance Uluwatu
Kecak Dance and Fire Dance Uluwatu

Tempat wisata di Bali yang juga paling diminati selain daerah Kuta, Legian, Seminyak, adalah Uluwatu, meski masih dalam satu kabupaten Badung. Garuda Wisnu Kencana (GWK Cultural Park) yang sebentar lagi selesai itu juga berada disini. Pura Luhur Uluwatu pun menjadi andalan untuk menikmati sunset atau sambil menonton tari kecak.

Selain itu ada banyak pantai-pantai cantik pula disini yang mungkin sudah kamu kunjungi.

 

Pantai Pandawa

Pantai Pandawa Bali
Pantai Pandawa

Pantai Pandawa yang kian sesak ini menjadi primadona baru buat wisatawan. Tapi kalau kamu belum pernah, bolehlah dimasukkan daftar tempat wisata di Bali yang wajib kamu kunjungi. Pantainya bersih dan biru, penjual makanan pun sudah ada dimana-mana. Jangan lupa pake tabir surya karena didaerah ini mataharinya ada 10, panas banget.

 

Pantai Melasti

Masih satu garis pantai dengan Pandawa yang ada disebelahnya, Pantai Melasti ini pun tak kalah cantiknya dan bakalan jadi primadona baru lagi, deh. Lihat saja, jalan aspal sudah jadi, pun dengan parkiran yang selesai di tata rapih.

 

Pantai Dreamland

Trip of Wonders 2016: Pantai Dreamland Bali
Masih kece yaaa …

Masih ada yang ke Pantai Dreamland, ga sih? Pantai yang ada didalam Pecatu Resort ini dulunya seramai Pantai Pandawa sekarang ini. Entah bagaimana sekarang. Terakhir tahun 2016, saya kesini pagi menjelang siang, sehingga belum ramai. Menurut saya, Pantai Dreamland ini masih cocok dimasukin ke daftar tempat wisata di Bali yang bisa kamu kunjungi berkali-kali.

 

Pantai Balangan

tempat wisata di bali pantai balangan bali
Sunset di Pantai Balangan

Datanglah ke Pantai Balangan saat sore hari karena sunset disini luar biasa cantiknya.

Air Terjun Goa Rang Reng

tempat wisata di Bali air terjun Goa Rang Reng
Ngapain lagi kalo bukan bersantai di air terjun Goa Rang Reng, ya kan?

Ga seperti air terjun pada umumnya, air terjun Goa Rang Reng yang lokasinya di Gianyar ini, memiliki landsekap yang cukup unik. Karena biasanya air terjun itu jatuh dari ketinggian, sementara air terjun Goa Rang Reng memiliki kemiringan (mungkin) 45 derajat. Salah satu favorit saya karena belum banyak pengunjung yang kemari.

Cukup bayar Rp 5.000 saja. Dari tempat parkir kita tinggal menuruni tangga beton yang tak terlalu curam kurang lebih 10-15 menit.

Waktu terbaik mengunjung air terjun Goa Rang Reng ini, adalah saat musim hujan. Ini menurut saya pribadi ya, karena debit air lebih tinggi saat musim hujan namun harus hati-hati saat ada air bandang. Sementara, saat musim kemarau, debit air sedikit dan banyak lumut-lumut di bebatuan, sehingga menjadi sangat licin dan bahaya.

Baca cerita lengkapnya: Melepas penat di air terjun Goa Rang Reng

 

Air Terjun Tegenungan

Wisata air terjun Tegenungan Ubud Gianyar
Air terjun Tegenungan Ubud Gianyar

Ada banyaka air terjun di daerah Gianyar ini, namun yang lebih dekat dengan Ubud adalah air terjun Tegenungan. Saya taro dibawah air terjun Goa Rang Reng sebagai pilihan kedua, karena air terjun Tegenungan ini kian ramai saja apalagi saat-saat weekend atau libur panjang. Meski begitu, air terjun ini cukup oke buat menjadi tempat wisata di Bali yang wajib kamu kunjungi, at least sekali, deh.

 

Pantai Saba Gianyar

Kamu ga bosen main di Pantai Kuta, Legian atau Seminyak yang ramainya udah kayak cendol tumpah? Coba main kesini deh, ke Pantai Saba yang masuk area Gianyar. Pantai disisi timur Pulau Bali ini terbilang sepi dan didominasi oleh masyarakat lokal yang sedang bersantai menjelang matahari tenggelam atau sedang mancing. Selain sepi, pantainya berwarna hitam tapi lembut. Biasanya saya dan teman-teman berangkat dari Ubud menjelang sunset sambil membawa kedua anjing bermain-main ke tepi pantai.

Lokasinya? Googling saja ya!

 

Pantai Purnama

Dulu niat ke #Bali pengen explore lebih banyak tempat, nyatanya lebih dua tahun lebih banyak kerjanya. . Sore ini mampir ke Pantai Purnama, masuk area Gianyar. Pas OTW pulang ke #Ubud sengaja ambil jalan pulang lewat Ida Bagus Mantra. Trus lihat plang ‘Pantai Purnama’. Belok, deh! . Pantainya berpasir hitam tapi halus, ombaknya pun kenceng gaes. Disini banyak ketemu masyarakat yang lagi mancing di pinggir pantai. . Impulsif juga ga nih @yukianggia @malesmandicom 😂 😂 📷 @opabilang . . . ___ #PantaiPurnama #beach #pantai #pantaibali #Gianyar #Bali #virustraveling #explorebali #exploreindonesia #pesonaindonesia #WonderfulIndonesia #baligasm #balicili #thebalibible #jalanjalan #parapejalan #lingkarindonesia #lonelyplanet #beautifuldestinations #wanderlust #igtravel #travelphotography

A post shared by Bobby Ertanto – Travel Blogger (@virustraveling) on

Pantai Purnama dan Pantai Saba masih satu garis pantai. Kalau kita berangkat dari arah Kuta menuju kearah Padang Bai melalui jalan Ida Bagus Mantra, maka kita bisa ketemu Pantai Purnama ini terlebih dahulu. Lansekapnya mirip banget dengan Pantai Saba. Tentu saja pantai ini pun masih sepi dan kebanyakan masyarakat lokal yang kita temui memancing atau bersantai menikmati deburan ombak.

 

Kintamani

Pemandangan dari Penelokan Kintamani
Pemandangan dari Penelokan Kintamani

Kintamani sudah menjadi daerah yang turistik banget. Umumnya banyak yang one day trip kesini untuk sekedar makan siang di resto-resto dengan pemandangan lansekap Gunung Batur, caldera hingga Danau Batur. Setelah itu, wis pulang.

 

Gunung Batur

tempat wisata di Bali Sunrise Gunung Batur
Chloe & Jason dengan background sunrise Gunung Batur (sudah minta ijin untuk di publish)

Sunrise di Gunung Batur itu benar-benar magic banget, luar biasa cantiknya. Seperti lukisan indah, dari atas pos pertama, kita bisa melihat kabut diatas Danau Batur perlahan menghilang disambut semburat cahaya pagi yang kemudian disusul oleh sang fajar perlahan naik. Semua pengunjung kemudian berdecak kagum, ada yang tepuk tangan pula. Saya sendiri? Tersenyum bahagia (nangis dalam hati).

Tips buat kamu: Usahakan tiba paling lambat pukul 3 pagi, apalagi kalo kamu pendaki pemula atau gampang capek (jompo) seperti saya ini. Sebenarnya tak perlu guide, tinggal ikutin jalur atau ngikut rombongan orang-orang saja. Atau bisa juga seperti rombongan motor yang saya lihat waktu kunjungan terakhir awal April 2018 kemaren, yang membawa motornya hingga ke parkiran dekat pura. Trus, tinggal naik bagian yang susahnya deh.

Untuk informasi, jalan dari pos hingga pura diatas, sudah diperbaiki (aspal). Jadi yang ga mau repot-repot mengikuti jalur trekkingnya, bisa naik motor hingga ke pura. Tapi? Apa asiknya kalau ga sekalian trekking ya.

Baca cerita lengkapnya: Mendaki Gunung Batur, cantiknya pemandangan matahari terbit yang bikin nangis

 

Hot Spring Toya Devasya(?)

wisata di bali toya devasya danau batur kintamani
Nyantai di hot spring Toya Devasya Danau Batur

Setelah puas menikmati matahari terbit di puncak Gunung Batur, kamu bisa langsung menikmati hot spring. Saya hanya tau dua tempat pemandian air panas yaitu Toya Devasya dan Toya Bungkah. Saya hanya pernah ke Toya Devasya saja. Menurut saya biasa saja, dan terlalu komersil banget untuk harga tiket Rp 75.000,- (5 tahun ke atas). Selain it, bayar handuk juga, wifi pun harus bayar Rp 10.000 per 6 jam (dan masih suka macet), dan untuk makanan harus menggunakan deposit seperti “eat and eat” gitu.

Tapi kalau digabung sehabis mendaki Gunung Batur, menurut saya okelah, biar sekali jalan hehe.

 

Amed

the griya amed private pool ovean view

Saya ke Amed waktu itu hanya untuk ‘kabur’ sebentar bareng rekan blogger buat menginap di salah satu villa mewah disana, The Griya Villa and Spa. Di Amed ini pantainya cantik dan jernih banget. Tapi rencana snorkeling disana tinggal rencana sana, malah menikmati cantiknya pemandangan dari villa langsung ke lautan.

Tinggal kesini lagi saja, meski waktu tempuh dari daerah Kuta bisa 3-4 jam naik motor.

 

Pura Lempuyangan

Pura Lempuyang Gunung Agung
Gunung Agung dari Pura Lempuyang

Kalau punya rencana ke Amed, jangan lupa buat mampir ke salah satu pura sakral di Bali ini, Pura Lempuyangan. Kamu bisa berfoto cantik disalah satu ‘gerbang’ yang kesohor didunia instagram dengan latar belakang Gunung Agung.

 

Desa Bug bug

Gunung Agung dari Desa Bugbug Bukit Asah
Pemandangan Gunung Agung dari Desa Bugbug

Jangan lupa juga ke Bukit Asih, Desa Bug Bug di Karangasem ini. Sebelum tiba di Amed, kamu bisa beristirahat di Bukit Asih ini sambil melihat pemandangan Gunung Agung yang megah. Jika terus naik keatas, kamu bisa juga camping dipinggir tebing juga, lho.

 

Bedugul

wisata di balidanau beratan bedugul
Pura Danau Beratan Bedugul. IF: Bapake & Mamake

Sekitar 2.5 jam mengendarai mobil dari daerah Kuta, Bedugul dengan Danau Beratan bisa menjadi pilihan kamu kalau pengen main ke daerah ini. Dengan biaya masuk sekitar Rp 20.000 (Dewasa), kamu sudah bisa menikmati taman dengan pura yang berada dipinggir danau.

 

Air Terjun Banyumala

Naik lagi keatas kearah Munduk, kamu bisa mengunjungi salah satu air terjun kembar yang begitu cantik, yaitu air terjun Banyumala atau Banyumala Twin Waterfall.

 

Danau Tamblingan

Setelah puas dari air terjun Banyumala, lanjut menyusuri jalan hingga ke tepi Danau Tamblingan. Pemandangan dari atas ke arah Danau Tamblingan ini pun keren banget

 

Nusa Penida

Nusa Penida pun kian populer sebagai tempat wisata di Bali yang wajib banget dikunjungi. Saya sendiri tak bosan berkali-kali kesini. One day trip, pergi pagi pulang sore mengunjungi tempat yang sama berkali-kali. Ada banyak yang bisa dikunjungi di Nusa Penida ini, banyaaak banget. Sementara saya kasih 5 spot dibawah ini dulu ya, karena saya sendiri belum mengunjungi yang lain hehe.

Hati-hati jika mengendarai motor disini, karena masih banyak jalan yang rusak, dan berbatu.

 

Crystal Bay

Crystal Bay menjadi spot pertama yang biasanya saya kunjungi karena lokasinya yang lebih dekat dengan pelabuhan Toya Pakeh. Paling suka bersantai dibawah rindangnya pepohonan kelapa atau main-main di pantai pasir putih yang lembut dengan air laut yang biru. Kamu ga pengen?

 

Broken Beach

tempat wisata di Bali broken beach
Broken Beach w/ mbayune @arumsarilangit

Lokasi kedua langsung saja ke daerah Pasih Uug dimana Broken Beach dan Angel Billabong berada. Cukup jauh dari Crystal Bay, sekitar 1 jam lebih perjalanan naik motor. Sebagian besar jalanan masih rusak terlebih menjelang tiba di Broken Beach. Jalanan berbatu dan berdebu. Tapi pemandangan yang kamu dapat amat sangat sepadan.

Pertama kali kesini, saya dan beberapa teman camping dipinggir tebing yang menghadap lautan. Tak jarang pula melihat beberapa Manta yang mondar-mandir melayang bak plastik hitam besar.

 

Angel Billabong

Hanya beberapa meter dari Broken Beach, kita bisa langsung menuju ke Angel Billabong. Ga kalah cantiknya, kita bisa puas ‘bermain’ di bebatuan karang dengan kolam laguna yang cantik nan berbahaya. Jadi kudu hati-hati ya.

Tapi kini, setelah kunjungan terakhir awal April 2018 yang lalu, Angel Billabong ini sedikit ‘mempercantik’ diri. Jalur pejalan kaki yang diperbaiki dengan beton, membabat pepohonan dan menambah jalur yang tembus langsung ke parkiran (dulu tak ada), hingga menambahkan tangga beton sehingga memudahkan pengunjung turun kebawah kolam (padahal ini bahaya banget).

 

Kelingking Secret Point

Nusa Penida ini emang punya banyak spot cakep buat dipandang langsung sekaligus buat mempercantik feed instagram kamu. Selanjutnya, kamu bisa ke Kelingking Secret point, yang lokasinya berlawanan arah dengan Broken Beach. Lansekap dengan bukit kecil berbentuk kepala dino ini udh cukup sering nampang di feed-feed instagram.

Kalau kamu masih punya tenaga, coba turunlah kebawah menuruni tebing curam, hingga ke Kelingking Beach. Saya sendiri butuh 1.5jam lebih buat turun kebawah (sambil bawa perlengkapan motret yang cukup berat ditambah antrian naik turun pengunjung). Naik lebih susah karena curamnya tebing, karena tak sedikit titik yang curamnya 90 derajat dan membutuhkan bantuan tali untuk naik.

Tapi, kamu bakal puaaaas dibawah sini. Meski begitu, kamu tetap hati-hati kalau mau berenang dipantai ini, karena ombaknya tinggi-tinggi dan tarikannya kenceng banget. Waktu camping di bulan April, ombak bisa mencapai 4 meter lebih.

 

Atuh Beach

atuh beach nusa penida
Stargazzing di Atuh Beach Nusa Penida

Atuh menjadi lokasi terakhir saya dan teman-teman waktu camping mengelilingi Nusa Penida. Kami memilih mendirikan tenda dipinggir pantai dengan menuruni bukit. Satu spot lagi berada diatas yang bisa melihat gugusan pulau-pulau kecil yang kerap disamakan dengan Raja Ampat kecil.

Gimana? Kamu masih bosan liburan ke Bali? Masih ada beberapa yang belum saya naikin, dan masih banyak yang belum saya kunjungi juga.

Baca juga: Rekomendasi Hotel di Bali

Note: Daftar tempat wisata di Bali ini bakal terus saya update.

About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

Related Posts

12 Responses
  1. Bali memang punya pikat keren dan ngga bosen dikunjungi berulangkali.

    Btw, tiket hot springnya mahal bener pasang tarifnya ?.
    Itu aja tiket turis lokal ya , gimana harga tiket buat turis mancanegara ?

Leave a Reply

%d bloggers like this: