One Day Trip Labuan Bajo? Ke Pulau Sabolo, Pulau Seraya dan Goa Rangko Saja

Pagi itu, Satya, menanyakan dimana posisi saya dan bertanya apakah saya jadi ikut one day trip Labuan Bajo keliling pulau bareng teman-temannya. Satya ini salah satu teman travel blogger dari Jakarta saya yang ikut dalam trip #ExploreDiversity yang diadakan oleh ASITA NTT ke Labuan Bajo diantaranya Pulau Padar, Pink Beach dan Komodo Island.

Kota Labuan Bajo, Flores, NTT saat itu sedang ramai sehubungan dengan diadakannya event besar Tour de Flores sehingga tiket pesawat kembali ke Bali sudah habis. Saya pun memutuskan untuk memperpanjang satu hari lagi di Labuan Bajo dan ikut one day trip bersama Satya dan teman-temannya.

 

One Day Trip Labuan Bajo

Tas carrier beserta barang-barang lainnya saya tinggalkan begitu saja dikamar padahal hari itu sudah waktunya untuk check-out. Saya hanya minta tolong kak Taufan Gio, teman kamar saya (selalu), agar dititipkan saja di resepsionis hotel dan akan diambil begitu saya pulang trip dan bergegas menuju pelabuhan.

Disana, Satya sudah menunggu bersama teman-temannya yang jadi teman-teman baru saya. Ada Mas Ashari Yudha, seorang instagrammer hits @catatanbackpacker yang sudah saya kenal sebelumnya, kemudian ada Bang Guri (langkahjauh.com), Ruby dari Indahnesia.net, Tina, Ashadi Natha, dan Chan.

Well, hari itu kami bertujuh wisata ala-ala one day trip keliling pulau yang masih ada disekitaran Labuan Bajo. Tujuan kami hari itu hanya ketiga tempat yaitu ke Pulau Sabolo, Goa Rangko dan ke Pulau Seraya.




 

Snorkeling di Pulau Sabolo

Tujuan pertama kami hari itu adalah ke Pulau Sabolo. Saya sama sekali belum begitu tahu pulau-pulau disekitar Labuan Bajo, karena di Labuan Bajo ada begitu banyak pulau-pulau yang bisa dikunjungi dan ini adalah kali pertama saya ke Labuan Bajo.

Saya ngikut aja kakaaaak …

Dermaga Pulau Sabolo Labuan Bajo
Dermaga Pulau Sabolo
Pasir Pantai Pulau Sabolo Labuan bajo
Pantai di Pulau Sabolo Labuan Bajo
IF: @SatyaWinnie

Pulau Sabolo ini merupakan sebuah pulau kecil kosong tak berpenghuni dan jaraknya hanya sekitar 1 jam perjalanan dari pelabuhan Labuan Bajo. Tak butuh waktu lama, kapal motor yang kami tumpangi bersandar dipinggir pantai berpasir putih dengan air laut berwarna biru jernih.

Ga pakai ba-bi-bu-be-bo …

Beberapa teman langsung loncat begitu saja ke dalam air sementara saya, satya, ashadi, tina dan chan berjalan menyusuri pantai pasir putih itu dan menuju dermaga kayu yang berada sekitar 50 meter di depan kami.

Pulau Sabolo Dermaga Selfie

Pulau Sabolo Dermaga Wefie
Take wefie dulu sebelum nyebur-nyebur byuuur

 

Dititik inilah tempat kami ber-snorkeling ria, bercanda, dan bermain sepuas-puasnya tanpa memikirkan yang lain. Pulau ini sangat sepi.

Bawah laut di Pulau Sabolo ini beneran cantik. Memang sangat cocok untuk lokasi snorkeling. Sayang saya tak dapat menyelam lebih dalam untuk mengambil gambar biota laut disana. Maklum pelampung bawaan yang menempel diperut ini bikin susah menyelam.

Saat teman-teman sudah berada dikedalaman air, saya sendiri masih berkutat nonggeng-nonggengin pantat agar bisa menyelam lurus kebawah.

Hasilnya? Nihil …

Tetap tak bisa. Ini mengingatkan saya waktu fun dive ala-ala di Kepulauan Maratua. Meski sudah ditambah pemberat 2 biji, saya harus ditarik-tarik agar dapat menyelam.

Dermaga Pulau Sabolo virustraveling
Seru-seruan dulu!
One Day Trip Labuan Bajo Snorkeling di Pulau Sabolo
Airnya jernih kakaaak, please jangan dikotorin yak

Kami cukup lama bermain-main di Pulau Sabolo ini, bercanda ria, sambil menikmati pemandangan bawah laut, langit yang cerah dan beberapa pulau yang masih kelihatan dari sini. Laut yang jernih bikin kami semakin betah bermain-main, lompat-lompat sampai salto.

Salto di Pulau Sabolo
Abang Ruby dibelakang joget-joget jadinya 😀

Mari lupakan sejenak PR-PR postingan yang menanti dan tiket pulang yang tak kunjung dapat.

 

Lanjut ke Goa Rangko Labuan Bajo

Tujuan kedua one day trip Labuan Bajo ini, adalah Goa Rangko.

One Day Trip Labuan Bajo Goa Rangko
Goa Rangko Labuan Bajo

Goa ini mirip banget dengan objek wisata goa Kristal yang ada di Kota Kupang, yaitu berupa goa yang cukup besar dimana didalamnya terdapat kolam air berwarna biru. Namun, Goa Rangko yang letaknya persis berada di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, ini memiliki diameter lebih besar.

Begitu kapal motor mendarat, kami harus menyusuri jalan masuk menanjak sekitar 5-10 menit. Disini kita harus hati-hati karena jalannya berupa batu-batu karang yang tajam-tajam. Kan, ga asik kalo terpeleset.

Goa Rangko Pintu Masuk
Pintu masuk Goa Rangko
Goa Rangko Labuan Bajo
Goa Rangko Labuan Bajo

Pukul 2 siang kurang, kami sudah tiba di mulut gua berukuran 2-3 meter. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Goa Rangko, karena cahaya matahari langsung masuk ke dalam gua dan menyinari air dan dinding gua. Untuk masuk ke dalam Goa Rangko ini kita harus turun menggunakan tali agar aman.

 

Leyeh-leyeh di Pulau Seraya

Awalnya saya berpikir bahwa Pulau Seraya sebagai pulau kosong layaknya Pulau Sabolo sebelumnya. Ternyata, di Pulau Seraya ini yang kami kunjungi terdapat sebuah resort mewah.

Kami pun memutuskan untuk leyeh-leyeh bersantai di pulau ini.

Pantai Pulau Seraya Labuan Bajo
Sunset di pantai Pulau Seraya

Disana kami disambut seorang wanita bule dengan hangat yang ternyata pemilik resort. Kami diperbolehkan untuk bersantai-santai di pantai berpasir putih halus yang ada persis didepan resort yang dibanderol 4 juta permalam ini. Namun, kami dilarang menggunakan kolam renang karena hanya diperuntukkan bagi penghuni resort saja.

Jadilah leyeh-leyeh sore itu di Pulau Seraya sambil seruput jus ala-ala.

Untungnya, sunset di Seraya Island ini cantik banget.

Sunset Pulau Seraya Labuan Bajo
Sunset di Pulau Seyara

Sunset Pulau Seraya

 

Menikmati sunset dari atas kapal 

Sebagai penutup one day trip Labuan Bajo kali ini, kami disuguhkan pemandangan sunset yang luar biasa cantiknya dari atas kapal saat kembali menuju Labuan Bajo.

Trip yang menyenangkan dari awal hingga melihat matahari senja melambai-lambai tanda pamitan.

One Day Trip Labuan Bajo Sunset View
Sunset cakep di Labuan Bajo

Sunset di Labuan Bajo

Ga sabar pengen berkunjung kesini lagi.
 

Tips liburan one day trip di Labuan Bajo:

  1. Kami ber-8 patungan Rp 125,000,- per orang untuk sewa kapal motor seharian include makan siang yang ueenaak, belum termasuk sewa alat-alat snorkle.
  2. Beli cemilan saat di pelabuhan Labuan Bajo.
  3. Waktu terbaik ke Goa Rangko adalah pukul 14.00.
  4. Selalu sedia tabir surya.
  5. Jangan lupa kacamata hitam dan kamera tentunya.
  6. Please cukup nikmatin aja viewnya, jangan nyampah.



About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

51 Responses
  1. Jadi kak, kalau aku mau sewa kapal sendirian seharian dan liburan di Labuan Bajo ala dirimu ini, paling nggak siapin modal 8 x Rp 125.000,- yaaa? *siapin recehan*

    Sungguh ini liputanmu bikin mupeng semuanya, terutama yang nyantai sore-sore di Pulau Seraya itu. Nikmat kayaknya, apalagi kalau bisa nginep di situ juga.

  2. hendra saputra

    Bang, punya contact number untuk sewa perahu ke pulau sabolo, gua rangko dan pulau seraya?
    Tanggal 17 agustus aku punya planning one day trip ke tiga tempat itu bang..

  3. alamaaak… enaknya seharian bisa habisin begitu banyak tempat. 4 juta semalam dapat apa aja bang? 😀

    btw, klo nyelam kegedean pelampung, kayaknya kudu ditambah timah 5 kilo bang hahaha

  4. Itu Air yang didalam Goa, so Blue. Tapi aku masih ngeri berenang dalam goa gitu. Ntar digiti ular gimana? ada penampakan gimana? Duh! manaja amat. hehehe

    Catet semua, must visit place at Labuan bajo

  5. Jangan nyampah! *ulangi tiga kali* memang, sebeeel banget sama yang begituan. Hm, semoga cepat tobat. Itu mataharinya epic sangat, bagus! Mudah”an bisa bersua kemari tahun depan 🙂

  6. Jangan nyampah! Noted banget yang ini. Suka kesel sih, selama ini jalan kemanapun kayanya masiiih ada aja sampah. Semoga yg suka buang sampah sembarangan segera sadar, amin, hehe.

    Gimana perasaan yg sesungguhnya one day trip gitu oom? Kok saya mikir, kalau syaa tuh satu tempat harus satu hari penuh eksplor wkwkwkw.

Leave a Reply