Trip ke Pulau Padar Labuan Bajo

Ah, Pulau Padar. Akhirnya saya menginjakkan kaki juga di Pulau Padar ini, salah satu tujuan impian saya di Nusa Tenggara Timur.

Jam hampir menunjukkan pukul 10 pagi saat kapal yang membawa kami ber-hopping island-ria di Labuhan Bajo, Komodo Enterprise, melemparkan sauhnya cukup jauh dari daratan. Kapal motor kecil yang lebih mirip sekoci menjadi satu-satunya alat yang menyeberangkan kami secara bergantian dari dan menuju daratan Pulau Padar.

Kapal ke Pulau Padar Labuan Bajo
Ini dia, Kapal Komodo Enterprise yang kami tumpangi menuju Pulau Padar, Labuan Bajo
Sampan Kecil menuju Pulau Padar Labuan Bajo
Kapal kecil yang kami gunakan ke daratan Pulau Padar.
Pemandangan dari Pulau Padar
Nanjak dikit, begini nih pemandangan dari Pulau Padar. Belum seberapa ini.

Perjalanan kami hari itu dimulai dari pelabuhan Labuan Bajo yang sudah sibuk sejak pagi. Rencananya hari itu saya, beserta teman-teman Travel Blogger Indonesia akan hoping island ke Pulau Padar, Komodo National Park, Pink Beach dan Pulau Kanawa. Namun, melihat kecepatan kapal yang cukup santai, pulau Kanawa harus di skip dari list. Tak ada yang mesti dikecewakan. Ketiga pulau itu pun sudah cukup memuaskan dahaga hari itu. Toh, saya jadi punya alasan untuk kembali lagi kesini. Niatnya emang begitu. Ada yang mau ngajak saya lagi? Hehe…

Komodo Enterprise, kapal yang membawa kami sebenarnya berukuran cukup besar dan biasa digunakan untuk trip Living on Board (menginap di kapal) selama menjelajah beberapa pulau di Labuan Bajo. Segala kebutuhan sudah disiapkan didalam kapal, bahkan ada kamar lengkap dengan pendingin ruangan.

Perjalanan kami dari pelabuhan Labuan Bajo memakan waktu kurang lebih 4 jam. Perjalanan panjang itu jadi tak terasa membosankan karena kita disuguhkan pemandangan gugusan pulau-pulau yang memukau memanjakan mata dikiri-kanan perjalanan. Mulut rasanya tak henti mengucap kagum sementara jari-jari tangan gatal meraba-raba kamera untuk menekan shutter mengabadikan gambar. Apalagi kalau trip bareng teman-teman sekte binal yang kerap ‘berulah’ memberikan hiburan tersendiri.




Gugusan Pulau di Flores Labuan Bajo
Di Flores Labuan Bajo ini, banyak gugusan pulau yang cantik-cantik. Kalau dilihat sekilas, seperti Dino lagi bobok.
Flores Island Labuan Bajo
Nah ini juga, pemandangan sepanjang trip ke Pulau Padar begini nih.
Perjalanan menuju Pulau Padar
Flores Labuan Bajo yang Instagram-able banget.

Selfie on the deck Flores Labuan Bajo

Trip to Flores Labuan Bajo
Sunbathing on the Deck? Bisaaaa 🙂

Untuk mencapai puncak Pulau Padar, kita harus mendaki bukit yang cukup terjal sekitar 40 menit. Saya mungkin membutuhkan waktu lebih. Apalagi dengan panas matahari yang sedang teriknya. Motret sana, motret sini mengabadikan gambar keindahan Padar Island bisa menjadi alasan yang tepat untuk beristirahat, seakan tak peduli dengan jadwal trip yang telah disusun hahaha.

Akhirnya sampai juga.

Sekitar pukul 11 siang, saat matahari sedang teriknya saya tiba diatas Pulau Padar menyusul beberapa teman yang sudah ngebut sejak awal pendakian. Dari kejauhan saya sempat melihat Koh Sinyo sedang photo session diatas sebuah batu dengan gayanya yang khas.

Koper Traveler at Pulau Padar Labuan Bajo
Kokoh Sinyo Koper Traveler lagi photo session hihihi

Saya beristirahat sejenak di bawah pohon menanggalkan peralatan-peralatan yang saya bawa dan duduk beralaskan batu-batu tajam yang menusuk pantat enak juga ya untuk beristirahat sebelum benar-benar menikmati pemandangan indah dari atas Pulau Padar. Kan ga lucu ya, keliyengan sehabis kelelahan mendaki langsung berdiri diatas batu untuk berselfie-ria. Bisa-bisa nyungsep ke bawah. Take your time dulu, tarik nafas dalam-dalam, baru kemudian nikmati keindahan Pulau Padar sepuasnya.

Pemandangan Puncak Pulau Padar Flores Labuan Bajo
Finally, nyampe juga di puncak Pulau Padar. Caaaaakep bgt gaes!

Monggo ditonton dulu video perjalanan kita ke Pulau Padar:

Tak lama kami berada diatas, waktu sejam rasanya tak cukup. Tak sempat pula mengibarkan tikar apalagi angin-anginan sambil memandang jauh ke pulau diseberang Padar. Kami sudah harus turun. Turun pun bukan perkara gampang karena curamnya bukit. Tapi begitulah ya, katanya tempat yang sulit digapai itu memiliki pemandangan yang memukau bin takjub. Hanya bisa bersyukur pada Yang Kuasa bisa melihat semua keindahan ini. Terima kasih juga buat ASITA NTT yang sudah mengajak kami #ExploreTheDiversity ke Labuan Bajo.

Ah, deramah kali pun kau kak! Capek awak!

Baca juga lanjutan trip berikutnya:

  1. Kunjungan Singkat ke Pulau Komodo dan Pink Beach
  2. Destinasi Nusa Tenggara Timur yang bisa kamu kunjungi



About the author

Pernah jadi karyawan 7to5 (plus lembur), saat ini fokus mengembangkan usahanya agar bisa traveling terus.

20 Responses
  1. Indah nian Taman Nasional Komodo ini. Kalau untuk saya bersakit-sakit naik ke pulau padar itu sangat terbayarkan saat sampai di atas. Indah bener melihat beberapa Teluk sekaligus. Foto-fotonya Bagus Mas Bobby…

Leave a Reply