Jelajah NTT, Ini Rekomendasi Tempat Wisata di Kupang yang Ga Boleh dilewatkan

Mengunjungi bumi Nusa Tenggara, adalah satu dari sekian bucket list saya. Makanya, begitu dapat undangan dari ASITA NTT saya langsung iyakan saja. Selama beberapa hari disana, saya dan rekan travel blogger lainnya akan menjelajah secuil Nusa Tenggara Timur“Koq secuil doang, bang?” Ya, karena kami hanya akan mengunjungi beberapa tempat wisata di Kupang dan sekitarnya saja, yaitu Soe dan ke Pulau Semau (saja), wan-kawan.

Saya sih ngarepnya bisa keliling Nusa Tenggara keq Om Bolang ‘Lostpacker’ (ngelunjak hehe…).

Kupang saja sudah cakep begitu, pemandangan sepanjang jalan menuju Fatumnasi juga tak kalah indahnya, belum lagi petualangan yang begitu mendebarkan di pulau Semau. Tak cukuplah kalau hanya lima hari saja. Bagaimana dengan Alor, Lembata, Flores, Sumba? Pasti tak kalah indah dan menyimpan daya tarik tersendiri.

Baca juga: One Day Trip Labuan Bajo

 

Menuju Kupang Nusa Tenggara Timur

Jumat pagi-pagi sekali dihari yang telah ditentukan, kami berlima, yaitu saya, Lenny, Kak Badai, Kak Indri Juwono, dan Kak Shabrina, sudah berada di bandara Soekarno-Hatta Jakarta. Hari itu, kami akan berangkat menuju Kupang menggunakan Sriwijaya Air pukul 05:45 dengan dua kali transit di Bali dan Maumere. Sementara teman-teman yang lain ada yang berangkat dari Surabaya dan Bali. Meski perjalanan cukup panjang sejak subuh, tak ada kendala yang berarti yang kami hadapi selama perjalanan. Apalagi kru-kru kabin pesawat Sriwijaya air yang membawa kami sungguh ramah dan menyenangkan.

Travel Blogger Indonesia eksplor Nusa Tenggara Timur
Bareng teman-teman Travel Blogger Indonesia
Kabin Pilot Sriwijaya Air
Udah cocok jadi pilot belum?

 

Rekomendasi Tempat Wisata di Kupang

Selama beberapa hari disana, kami menjelajah beberapa tempat wisata di Kupang dan sekitarnya mulai dari pemandangan alami menuju Desa Fatumnasi, seperti Batu Palelo, batu purba Fatukolen, birunya pantai Kolbano, atau sunset yang bikin adem suasana hati di pantai Tablolong.

Baca juga: Deretan indah pantai-pantai di Kupang yang wajib kamu kunjungi

So, ini dia tempat wisata di Kupang, HANYA secuil keindahan bumi Nusa Tenggara Timur yang bisa saya bagikan buat kamu:

  1. Goa Kristal (Crystal Cave) Kupang

    Komentar teman saya ketika melihat tempat ini di salah satu akun medial sosial saya, adalah “Ini surga, bang”. Saya pun rada setuju dengan komentarnya meski ragu karena dia belum pernah ke surga hehe. Airnya yang biru dingin dengan rasa payau ditambah cahaya keemasan yang berasa dari cahaya lilin membuat tempat ini semakin cantik.

    Pintu masuk Goa Kristal

  2. Bola Palelo, Fatukolen, dan Desa Fatumnasi Soe

    Untuk mencapai Desa Fatumnasi, terlebih dahulu kita harus menuju Soe, yaitu sebuah kota di Timor Tengah Selatan yang berada sejauh 2.5 jam perjalanan dari kota Kupang. Dari Soe masih harus melanjutkan perjalanan sekitar 2 jam lagi menuju Desa Fatumnasi. Cukup banyak spot view disini untuk melihat hamparan pemandangan bumi Nusa Tenggara dari ketinggian.

    Batu Palelo SOE NTT

    Fatukolen Desa Fatumnasi NTT

  3. Air Terjun Oehala SOE

    Lokasinya tak jauh dari kota Soe, hanya berjarak sekitar 6 km saja. Keunikan air terjun ini adalah karena memiliki 7 tingkatan.

    air-terjun-eohala-ntt

  4. Pantai Kolbano dan Gumuk Pasir di Pantai Oetune

    Sebelum kembali ke Kota Kupang, sebaiknya memutar dulu buat mampir melihat birunya pantai Kolbano yang langsung menghadap ke Laut Timor dan kemudian ke Pantai Oetune karena jalurnya searah. Selain pantainya, di Oetune juga ada ada tumpukan pasir mirip dengan gumuk pasir yang ada di Jogja. Meski tak begitu luas seperti yang di Jogja bisa buat main sandboarding, tapi kalau untuk pose-pose foto disini boleh dibilang cukup instagramable.

    Wisata di Kupang yaitu Pantai Kolbano

  5. Sunset di Pantai Tablolong

    Begitu masuk melalui gapura ‘Selamat Datang’ pantai Tablolong kesannya tempat ini tak terawat sama sekali. Tapi begitu tiba dan menyentuh pasir pantai yang halus dan melihat sunset yang cantik rasanya damai banget.

    Coba deh!

    Menikmati Sunset di Pantai Tablolong Kupang NTT

  6. Berpetualang di Pulau Semau

    Dari semua perjalanan beberapa hari itu, menjelajah Pulau Semau adalah yang paling menarik layaknya berpetualang. Selama kurang lebih 5-6 jam kami berkeliling hampir setengah pulau menggunakan sepeda motor dari siang hingga malam.

    berpetualang-pulau-semau

 

Gimana??? Sudah tergoda dengan penjelasan singkat saya? Mari ke bumi Nusa Tenggara Timur, kawan.

Baca juga: Kunjungan Singkat ke Pulau Komodo dan Pink Beach.