Tips Tawar Menawar Harga Hotel Sesukamu di Travelio

Apa sih yang tidak bisa dilakukan telepon pintar atau smartphone sekarang ini?

Hampir semua aktivitas kita sehari-hari melibatkan smartphone. Bahkan hingga menyuruh abang ojek beli makanan pun sekarang sudah bisa dilakukan. Tinggal pencet-pencet aplikasi di smartphone, makanan yang kita pesan pun sampai tentunya setelah membayar. Kita pun dapat melakukannya sambil menonton tv atau melakukan aktivitas lain.

Tak ketinggalan, telepon pintar tersebut kini cukup sering membantu memudahkan kita dalam melakukan aktivitas traveling, misalnya mulai mencari informasi destinasi wisata, pesan tiket pesawat melalui aplikasi-aplikasi traveling, hingga memesan hotel. Semuanya bisa diakses melalui smartphone kapan pun dan dimana pun.

Saya sendiri punya pengalaman sewaktu memesan hotel melalui smartphone.

 

Situs Booking Hotel Travelio

Adalah Travelio, sebuah situs pemesanan hotel online yang hadir diawal tahun 2015 lalu. Hal yang membuat saya tertarik menggunakannya adalah karena konsep yang mereka tawarkan, yaitu tawar menawar. Iya, nawar.

Dengan tagline-nya “Your Trip Your Price” membuat travelio menjadi sebuah inovasi baru dalam pemesanan hotel yang tak pernah terbayangkan. Saya sendiri sempat bertanya-tanya, apa benar kita bisa menawar harga kamar hotel? Dan memang begitulah adanya.

Ketika pertama kali menggunakannya, saya mencoba pengalaman tawar menawar itu dengan menawar sebuah kamar hotel yang terletak dibilangan Kemang, Jakarta Selatan. Jika tawaran kita diterima, maka si Singa Lio yang menjadi maskot dari travelio.com akan muncul dengan mimik muka yang gembira serta tidak lupa mengucapkan selamat dan selfie bareng.

Travelio Aplikasi Booking Hotel
Singa Lio girang tawaran kamu diterima.

Kalau tawaran kita sedikit melewati indikator penawaran dan harganya layak untuk dipertimbangkan, maka ikon si Singa Lio pun muncul dengan mimik muka yang sok sibuk dan meminta kita bersabar. Artinya, pihak Travelio.com akan mencoba menghubungi pihak hotel langsung menanyakan harga penawaran dari kamu. Tapi jika kamu orangnya ga sabaran, bisa langsung mengulang dari awal lagi untuk menawar kembali.

Aplikasi Booking Hotel Travelio
Muka Singa Lio mengkerut pas tawaran kamu ditolak. Sabar ya!!

Pada pengalaman pemesanan selanjutnya, saat saya lakukan saat traveling ke Bali bulan Maret 2015 lalu. Saya belum memesan hotel sebelumnya karena berencana akan Go Show saja dihari itu. Begitu speed boat yang saya tumpangi dari Gili Trawangan tiba di pelabuhan Padang Bai, saya kemudian mengambil smartphone saya dan mengakses travelio.com melalui browser. Tak perlu waktu yang lama hingga karakter Si Singa Lio girang pun muncul dan itu saya lakukan sambil menunggu bus yang akan mengantarkan saya ke Legian berangkat.

Telepon cerdas atau smartphone ini benar-benar membantu dan memudahkan saya ketika melakukan booking hotel online. Hanya sayang waktu itu Travelio.com masih belum mendukung mobile view. Cukup repot mengakses website dengan layar yang kecil. Jadi kita harus cubit sana cubit sini dan zoom in zoom out pada layar monitor agar terlihat jelas.

 

Aplikasi Travelio dan Hellolio

Gayung bersambut, tepatnya ditanggal 29 Juli 2015 lalu bertempat di Keraton Kafe, Jakarta, travelio.com meluncurkan aplikasi terbaru mereka yaitu aplikasi “Travelio” dan “HelloLio”. Kedua aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Playstore: http://bit.ly/TravelioApp untuk aplikasi Travelio, dan untuk aplikasi HelloLio.

Pada aplikasi Travelio, kita melakukan tawar menawar kamar hotel dan melakukan pemesanan layaknya di websitenya. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, saya pun langsung mencobanya. Kebetulan teman saya akan melakukan perjalanan ke Cirebon dan belum tahu menginap dimana. Berikut saya tampilkan screenshot aplikasi Travelio saat melakukan booking:

Cara Menggunakan Aplikasi Travelio

  1. Beginilah tampilan mukanya saat aplikasi Travelio dibuka. Jika belum punya akun, sebaiknya mendaftarlah terlebih dahulu.
  2. Untuk memesan, silahkan isi lokasi, tanggal Check-in, Lama Menginap, dan Jumlah Kamar.
  3. Pilihlah hotel yang ingin ditawar. Saya kemarin memilih Hotel Amaris Cirebon. Disini kita bisa lihat keterangan lengkap tentang hotel.
  4. Kemudian, masukkan tawaran kamu. Nawarnya jangan kelewatan ya. Tips saya, tawarlah sewajarnya dan jangan melewati batas indikator penawarannya jikalau tidak mau kamu yang bakal ditawar si Singa Lio hehe.
  5. Jika Lio senang dan menyetujui tawaran kamu, segeralah melakukan pembayaran. Tersedia metode pembayaran menggunakan Bank Transfers dan Internet Banking.
  6. Terakhir, segera konfirmasi pembayaran dan e-voucher hotel akan dikirimkan melalui. Selanjutnya tinggal tenang, deh, melenggang ke hotel pilihan.

Aplikasi HelloLio Travelio

Sementara, aplikasi HelloLio merupakan aplikasi chatting yang diciptakan untuk kamu-kamu yang rada malas melakukan riset dan memilih hotel. Melalui aplikasi ini, saya, kamu dan para pelanggan lain akan dihubungkan ke Customer Service (CS) Travelio.com untuk melakukan pemesanan kamar hotel. CS tersebut yang akan memilihkan hotel yang terbaik buat kita. Tak hanya itu saja, sesuai dengan tagline aplikasi ini “Chat. Book. Stay”, melalui aplikasi ini kita bisa langsung melakukan pembayaran.

Makin gampang kan. Serasa memiliki asisten pribadi.

About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

Related Posts

8 Responses
  1. serius baru tau ternyata booking hotel bisa ditawar juga ya O.O

    kabar gembira untuk orang seperti saya yang mulai suka jalan jalan hahaha

Leave a Reply