Itinerary Trip 3 Hari di Kota Semarang

Tanggal 6-8 Mei 2016 yang lalu saya dan rekan-rekan travel blogger dari beberapa daerah diundang untuk mengikuti FamTrip mengunjungi tempat wisata di Kota Semarang.

Berikut saya rangkumkan itinerary perjalanan kami selama 3 hari di kota lumpia itu dengan beberapa perubahan sehingga cocok digunakan kapan saja apalagi buat kamu yang belum pernah ke Semarang. Check it out!
 

    HARI PERTAMA

  1. Soto Pak Man atau Soto Bangkong
    Begitu tiba di Semarang pagi hari, sebaiknya langsung saja wisata kuliner menikmati makanan khas kota Semarang yang terkenal seperti Soto Pak Man atau Soto Bangkong.
  2. Sam Poo Kong
  3. Usai mencicipi kuliner, tempat pertama yan bisa dikunjungi adalah Sam Poo Kong, salah satu klenteng tertua dan bersejarah di kota Semarang karena merupakan tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang laksamana Tiongkok beragama islam bernama Cheng Ho.

    Wisata ke Sam Poo Kong
    Sam Poo Kong
  4. Restoran Semarang
  5. Untuk santapan makan siang, bisa mampir ke Restoran Semarang yang terletak di Jl. Gajah Mada 125, sekitar 100 meter dari Simpang Lima kota Semarang.

    Restoran Semarang yang didirikan oleh Yongki Tio ini tak hanya menyajikan makanan khas Semarang yang enak-enak seperti Lontong Cap Gomeh dan Es Puspa buatan istrinya. Namun, di restoran ini kita bisa sekaligus untuk berwisata Semarang tempo dulu lewat foto-foto yang terpampang di dalam restoran.

    Restoran Semarang




  6. Klenteng Tay Kak Sie
  7. Selain Sam Po Kong, masih ada satu lagi klenteng yang layak dikunjungi jika berkunjung ke Kota Semarang. Salah satu yang tertua adalah klenteng Tay Kak Sie yang berdiri di tahun 1764.

    Klenteng Tay Kak Sie Semarang
    Suasana sore hari di Klenteng Tay Kak Sie, Semarang.
  8. Pasar Semawi
  9. Sebaiknya berkunjung ke Semarang saat weekend, karena Pasar Semawi ini hanya buka saat weekend saja. Di pasar ini kamu bakal menjumpai beragam makanan-makanan khas Semarang.

    Pasar Semawi Kota Semarang
    Riuh ramenya suasana di Pasar Semawi Kota Semarang
  10. Wisata Malam Lawang Sewu
  11. Sebagai penghujung trip di hari kedua, berwisata malam di Lawang Sewu adalah pilihan yang tepat. Siang hari, sih, oke juga, tapi sebaiknya mengunjungi Lawang Sewu saat malam saja agar terasa horornya (sebenarnya ga mistis juga).

    Wisata Malam Lawang Sewu
    Lawang Sewu di malam hari. Ga menyeramkan koq!

 

    HARI KEDUA

  1. Tubing di Kali Kreo
  2. Dihari kedua, pagi-pagi sekitar jam 9 pagi berangkat menuju Desa Kandri untuk berwisata ‘river tubing’ di Kali Kreo. Cukup siapkan fisik selama hampir 2 jam untuk menjejalah kali Kreo sepanjang 3 Km dengan menggunakan ban bekas.

    Coba simak keseruan saya dan teman-teman travel blogger sewaktu seseruan tubing di Kali Kreo.

    Tubing Kali Kreo
    Seru-seruan dulu tubing di Kali Kreo
  3. Wisata Goa Kreo
  4. Sehabis bermain jeram di Kali Kreo, perjalanan bisa dilanjutkan ke Goa Kreo. Di Goa Kreo ini kita bisa mendengar cerita dan melihat secara langsung kisah legenda Sunan Kalijaga saat membawa dua buah kayu jati untuk tiang Masjid Agung Demak menyusuri kali Kreo. Dalam perjalanan Sunan Kalijaga menemui kesulitan hingga dibantu oleh kera-kera dari Goa Kreo ini. Salah satu kayu jati tersebut bisa dilihat langsung di Masjid Agung Demak sementara satunya lagi dikisahkan masih berada di goa dan dijaga oleh kera-kera tersebut.

    Kawasan Wisata Goa Kreo
    Pintu masuk kawasan wisata Goa Kreo
  5. Menikmati Kawasan Kota Lama hingga malam
  6. Setelah seharian lelah basah-basahan bertubing ria di Kali Kreo, sore harinya bisa mengunjungi kawasan Kota Lama Semarang. Ada begitu banyak tempat yang bisa dikunjungi ditempat ini, seperti foto-foto ciamik dengan latar belakang gereja blenduk, atau melihat karya-karya seni yang dipajang di Semarang Contemporary Art Gallery, juga bisa seru-seruan di 3D Trick Art Museum Old City, atau hanya bersantai ria ngopi-ngopi cantik di café-café yang bertebaran disekitar kawasan lama.

    HARI KETIGA

    Hari ketiga sebaiknya istirahat dan saatnya belanja oleh-oleh khas kota Semarang seperti lumpia dan Bandeng Juwana. Tempat yang paling terkenal untuk beli oleh-oleh ada di Bandeng Juwana.

    Bandeng Juwana Kota Semarang

 

Transportasi

Kota Semarang dapat ditempuh melalui udara yaitu Bandara Ahmad Yani. Beberapa maskapai membuka penerbangan langsung menuju kota ini seperti Jakarta-Semarang. Ada begitu banyak website dan aplikasi pemesanan tiket pesawat yang bisa kamu gunakan untuk membeli tiket pesawat. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan transportasi Kereta Api yang kenyamannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Saat ini tak perlu lagi repot-repot memesan tiket kereta api ke stasiun, cukup download dan gunakan aplikasi KAI Access saja.

 

Hotel Murah di Semarang

Di Semarang, banyak sekali hotel bertebaran dari kelas guest house hingga berbintang. Kamu tinggal pilih saja sesuai budget. Rekomendasi yang biasa saya lakukan menggunakan untuk mencari hotel murah di Semarang antara lain:

  1. Hotel Quickly Diskon langsung hingga 8% + 15% pakai kode Promo BERTA.
  2. Airbnb Dapat diskon hingga IDR295K
  3. Travelio Aplikasi Tawar Menawar Hotel
  4. Cek Agoda di Semarang (dapat kupon langsung)

Semoga itinerary ini bermanfaat buat kamu yang pengen jalan-jalan jelajah kuliner dan budaya ke Kota Semarang.



About the author

Pernah jadi karyawan 7to5 (plus lembur), saat ini fokus mengembangkan usahanya agar bisa traveling terus.

22 Responses
  1. Batu Hiu Pangandaran

    Semarang… hmm… saya selalu teringat musik keroncong live nya di statsiun tawang. masih ada ga ya?

Leave a Reply