Blogging Resources

Selama beberapa tahun ngeblog di virustraveling.com ini ada begitu banyak tools yang saya gunakan untuk membantu saya mengelola blog ini. Dari platform blog, template wordpress (kebetulan saya menggunakan platform ini), hingga tools gratisan yang sangat membantu.

Hosting

Jika kamu serius ngeblog, memilih hosting bukanlah pekerjaan yang mudah. Kecepatan sebuah hosting sangat dibutuhkan oleh sebuah blog. Kamu ga mau kan membiarkan pembacamu terlalu lama menunggu? Maka dari itu kita harus mau berinvestasi untuk hosting yang cepat dan mumpuni.

Berikut beberapa hosting yang bisa saya rekomendasikan.

Digital Ocean

Digital Ocean merupakan salah satu VPS (Virtual Private Server) ternama yang sudah tidak diragukan lagi performanya. Virustraveling saat ini memiliki server sendiri dari Digital Ocean. Namun untuk menggunakan VPS ini kamu setidaknya harus paham mengenai server.

Bluehost

Buat yang tak ingin repot-repot dengan urusan server, kamu bisa menggunakan hosting Bluehost. Salah satu layanan hosting luar yang terbaik. Saya tidak menyarankan menggunakan hosting dalam negeri. Sebelumnya saya sempat 3 kali gonta-ganti hosting dalam negeri karena bermasalah terus. Sehingga cukup menyita waktu.

  • USD 3.95,-/month

Wordpress Theme

Jika kamu serius ngeblog, ada baiknya berinvestasi menggunakan wordpress theme premium. Harganya memang mahal, namun sangat sepadan dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Saran saya, jangan pelit-pelit berinvestasi untuk blog kamu.

Selain bikin blog kamu lebih rapih, juga akan terlihat semakin profesional.

Karena harganya cukup mahal, pintar-pintarlah memilih sesuai kebutuhan kamu karena setiap template menawarkan fitur-fitur yang berbeda satu sama lain.

Mythemeshop

Mythemeshop merupakan penyedia template favorit saya. Beberapa blog saya selain virustraveling menggunakan wordpress theme dari Mythemeshop. Terdapat template wordpress gratis juga.

Themeforest

Themeforest merupakan salah satu market place terbesar penyedia wordpress theme, plugin dan kebutuhan web lainnya. Silahkan pilih-pilih yang sesuai dengan selera kamu.

Keyword Research

Meski untuk sebuah travel blog, selain konten dari cerita pengalaman kita sendiri, riset kata kunci sangatlah penting. Bagaimana nantinya informasi dan cerita yang kita sampaikan bisa sampai kepada pembaca melalui mesin pencari.

Selama ngeblog di virustraveling saya cukup aktif meriset kata kunci yang kira-kira cocok dan relevan dimasukkan kedalam artikel. Saya menggunakan beberapa tools berikut.

kwfinder

Meski harganya cukup mahal, namun sangat sepadan dengan hasil risetnya yang cukup dalam hingga ke estimasi pengunjung per bulannya ke blog kita. Fiturnya saat ini pun sudah bertambah dari hanya sekedar riset kata kunci, ditambah SERP Analysis, dan Rank Tracking. Fitur-fitur ini benar-benar membantu saya meliaht performa artikel.

6 Responses

Leave a Reply