Memotret Moment Penting Saat Traveling




bobby-ertanto-garden-by-the-bayBagi saya, fotografi adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari dunia traveling dan tentu saja saya menyukai keduanya. Selain menikmati keindahan sendiri, saya ingin membaginya dengan semua orang entah itu lewat media sosial atau di blog ini. Saya biasanya sengaja datang ke suatu lokasi wisata dan larut cukup lama untuk mengabadikan keindahan-keindahan disana. Namun, tak jarang pula tidak sengaja bertemu moment-moment penting di tengah perjalanan. Pernah suatu ketika, saya bertemu pawai karnaval kemerdekaan di Kota Pahlawan Surabaya sewaktu menunggu travel menuju Bali atau tidak sengaja melihat rombongan perayaan upacara adat umat hindu di Bali dan masih banyak lagi.

Kemana pun saya traveling, saya pasti membawa kamera DSLR (Digital Single-Lens Reflex) yang sudah menemani perjalanan saya selama ini. Kamera tersebut memiliki bobot yang lumayan berat, 2 lensa macro dan wide serta peralatan-peralatan lainnya seperti charger, tripod, kabel-kabel data dan sebagainya. Jadinya, saya harus membawa satu tas tambahan lagi khusus kamera disamping tas backpack yang memang sudah berat pula. Kebayang dong bagaimana repotnya perjalanan tersebut. Meski begitu, keberadaan DSLR saat ini memang sudah seperti barang wajib bagi para traveler terlebih bagi pemula.

Saya sendiri sering kali merasakan kerepotan dalam memotret menggunakan DSLR ketika ada moment-moment mendadak yang saya temui diperjalanan, saya harus sesegera mungkin mengeluarkan kamera dari tas dan harus segera memutuskan menggunakan lensa yang mana, setting-setting lebih dahulu, baru kemudian membidik. Lumayan membutuhkan waktu yang lebih. Sialnya lagi, tak jarang pula saya salah setting disaat-saat moment penting tersebut. Aaarrrgggh… Saya kecewa? Sudah pasti. Begitu juga dalam hal transfer file, saya harus cari-cari kabel dan laptop agar kemudian bisa langsung di share di blog maupun media sosial.

Menurut saya, untuk waktu-waktu tertentu khususnya saat melakukan traveling, saya pikir saya membutuhkan Digital Camera yang pas untuk dibawa. Pas ditangan alias tidak berat dibobotnya, pas dengan fitur-fitur yang sederhana, mudah digunakan alias tidak bikin repot dan tentunya hasilnya pun bagus. Itu yang paling penting. Jadi, ketika ada moment penting saat perjalanan kita bisa langsung melakukan aksi lebih mudah. Perjalanan pun bisa dilanjutkan dengan senyuman puas mengabadikan moment-moment penting.

Ada tidak ya Digital Camera yang pas dan ga bikin ribet seperti itu? Saya mauuuu!!






About the author

Travel Blogger, and Entrepreneur.

10 Responses
  1. Aku lagi mikir hal yg sama, mau selingkuh dr DLSR ke Camera yg kecilan body nya tapi gak kalah smart.
    Berasa nya kalau traveling tanpa hubby, kudu bawa berat , menuh2in day backpack tanpa ada yg nolongin…sementara foto penting buat gue u/ bahan pendukung artikel..kasih tau ya kalo udah nemu yg kamu cari;-)

  2. Kalo gw paling demen nyuruh2 temen bawa kamera, tapi aku sendiri melenggang tanpa bawa apa2 #malessss. Dan disaat yg tepat maka tinggal teriak “Pinjem kamera bentar ……” laksanakan jeprat jepret jadi tukang poto, pulang trip ketemuan ambil tuch jepretan gw hahahaha #curang 🙂

  3. ada tips gak kak motret di acara2 yang rame bingits semacam festival ato karnawal? kadang, aku langsung minder kalau harus bersaing ama fotografer2 yg ada. plus, penonton biasanya banyak banget. suka susah mau cari angle yg kita inginkan.

    1. Gak usah minder kak, kan masing2 punya gaya sendiri2. Kalo aku kadang pake auto kak, jadi ga ketinggalan moment. Nanti tinggal edit. Klo karnaval usahakan selalu didepan kak, pinter2 kita nyempil hehe

Leave a Reply